Sukses


Yamaha R15, Motor Sport Entry yang Modern dan Canggih

Bola.com, Jakarta - Yamaha Indonesia baru saja memperbarui motor sport bermesin kecil andalan mereka, R15. Motor dengan full fairing ini diperkenalkan Yamaha di Sirkuit International Sentul, Jawa Barat, Senin (23/1/2017).  

Beberapa perubahan dilakukan Yamaha pada R15 sehingga tampak lebih sporty dan maskulin. Lantas bila dilihat sejarahnya, perubahan apa saja yang dilakukan sejak awal kali pertama Yamaha perkenalkan R15 di Indonesia?

Sebagai informasi, Yamaha YZF-R15, sering disebut juga sebagai Yamaha R15, adalah sebuah sepeda motor sport bermesin 150cc yang diperkenalkan pada 2008 di India. Pada September 2011, versi berikutnya yang dinamai v2.0 diperkenalkan di India. Sepeda motor ini juga diperkenalkan di Indonesia pada April 2014.

Saat dikenalkan pada 2014, Yamaha R15 hadir dengan menggunakan mesin 1 silinder bertipe SOHC 4STROKE 4 VALVE dengan kapasitas 150cc. Untuk tenaga yang dihasilkan mencapai 15 Nm/7500 rpm. Sementara secara dimensi, pada 2014 motor full pairing ini memiliki panjang 1,975 mm, lebar 666 mm, dan tinggi 1,070 mm. Adapun kapasitas tangkinya hingga 12 liter.

Pada 2014, motor R15 diadopsi dari desain motor sport yamaha R1 yang menghadirkan kesan sporty juga melekat pada motor ini. Untuk bagian spedometer dibuat modern dan juga canggih serta fitur-fiturnya menjadikan motor ini terlihat keren.

Bagian penerangan lampu depan ganda diterapkan Yamaha pada R15, mass forward silhouette, buritan belakang meruncing dan lampu rem LED merupakan nuansa gaya bodi dari motor sport full fairing Yamaha 150cc ini. Untuk konfigurasi joknya berkonsep sama dual seater dengan posisi duduk penumpang yang lebih tinggi. Agar terlihat 'padat', pada sisi dalam fairing dibuat dengan lapisan bertumpuk sehingga area depan menjadi lebih lebar.

Mengusung cukup banyak perubahan, R15 2017 tampil lebih segar dan canggih dari sisi teknologi mesin. Fisik dari versi facelift sports bike kompak Yamaha yang diproduksi di Pulo Gadung, Jakarta Timur, sekarang menggunakan skema desain dengan DNA R-Series terbaru.

Tampilan eksterior motor ini dibuat lebih ringkas, dengan lampu depan kembar yang disajikan lebih pipih. Terkesan lebih sporty dan lebih ramping. Apalagi bodi berkonsep multilayer yang futuristik sekarang tampak makin agresif. Secara dimensi, motor ini memiliki panjang 1,900mm, lebar 725mm, dan tinggi 1,135mm.

Lantas seperti apa desain yang dihadirkan Yamaha pada R15 terbaru pada 2017? Secara keseluruhan tampilan motor ini tetap mengadopsi R-Series dengan mengedepankan unsur Super Sport. Yamaha mendesain R15 terbaru dengan menggunakan rangka Deltabox yang diklaim kokoh dan New Design Alumunium Rear Arm sehingga membuat bobot R15 menjadi lebih ringan.

Selain itu, Yamaha membuat R15 jauh lebih aerodinamis daripada sebelumnya berkat desain bodi yang meruncing dan ramping. Adapun lampu depan dan belakang LED yang kini dilengkapi dengan harazd.

Di sektor mesin, unit 155cc SOHC dipasang untuk menyajikan performa maksimal. Bahkan pada versi facelift ini R15 sudah menggunakan sistem katup variabel bernama VVA yang sukses menjaga performa saat dipasang pada NMax dan Aerox. Alhasil tenaganya meningkat jadi 14,2 kw. Tenaga ini diklaim Yamaha Indonesia merupakan terbesar di kelasnya.

Di sektor mesin Yamaha juga melengkapinya dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi ini diklaim Yamaha membuat R15 terbaru lebih bertenaga namun juga hemat bahan bakar.

Tak cuma mesin anyar, transmisi R15 juga sudah menggunakan assist and slipper clutch. Fitur ini akan memudahkan perpindahan gigi dengan kopling karena makin ringan. Akselerasi yang lebih responsif disebut merupakan efek yang dicari dari aplikasi teknologi ini.

Teknologi ini belum digunakan oleh para pesaing, sehingga bisa disebut mesin motor Yamaha anyar ini merupakan yang tercanggih di kelasnya. Untuk kapasitas tangki R15 bisa menampung hingga 15 liter bahan bakar. Yamaha mengklaim, rear super sport feeling akan dapat dirasakan dengan sesungguhnya di jalan raya. Untuk warna, Yamaha menghadirkan R15 terbaru dalam tiga pilihan warna Racing Blue, Matte Black dan Matte Red.

All New Yamaha R15 juga dilengkapi dengan fitur baru yakni Assist and Sliiper Cluth yang biasanya digunakan pada motor besar. Fitur ini baru kali pertama dihadirkan pada sepeda motor berkapasitas 150cc. Fitur tersebut membuat pengoperasian kopling terasa ringan hingga pengendara nyaman saat mengoprasikan kopling. Sementara fitur Shipper Cluth membuat perpindahan gigi terasa lebih halus dan akselerasi lebih cepat.

Untuk bagian suspensi depan Up Side Down yang dipadukan dengan new rear arm dan ban tapak lebar (Front tire 100:80-70, rear tire: 140/70-17) membuat handling lebih sempurna dan terlihat semakin gagah. Wide Front Disc Brake berdiameter 282 mm membuat pengereman terasa maksimal. Untuk harga, saat diluncurkan Yamaha belum membeberkan banderol new R15. Namun, saat ini motor itu dijual dengan kisaran harga Rp 31,3 jutaan.

Video Populer

Foto Populer