Sukses


BAM: Konflik Lee Chong Wei dan Morten Frost Telah Berakhir

Bola.com, Kuala Lumpur - Kisruh yang mengguncang dunia bulutangkis Malaysia akhirnya mereda. Presiden Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) Tan Sri Mohd Al-Amin Abdul Majid mengklaim konflik antara Lee Chong Wei dan direktur teknik BAM Morten Frost telah usai.

Perseteruan antara Chong Wei dan Frost mencuat setelah tunggal putra ranking satu BWF itu mengalami cedera sobek medial collateral ligament (MCL) lutut kiri akibat terpeleset saat sedang berlatih di Academy Badminton Malaysia (ABM), pekan silam. Menurut Chong Wei, dia terjatuh karena karpet lapangan di ABM terlalu licin.

Gara-gara cedera tersebut, Chong Wei dikabarkan mesti beristirahat selama 4-6 pekan. Chong Wei pun harus mengubur asa bermain di All England 2017, pada 7-12 Maret.

Chong Wei menyalahkan Frost yang tak cepat merespons permintaannya untuk segera mengganti karpet lapangan di ABM yang terlalu licin. Dia juga sakit hati karena Frost melontarkan komentar yang terkesan memaksanya pensiun. Chong Wei yang marah besar lantas mengancam akan keluar dari BAM.

Demi menghindari skenario terburuk, dalam dua hari terakhir ini BAM berusaha berbicara dengan Chong Wei dan Frost secara terpisah. BAM juga menemui pelatih Chong Wei, Hendrawan, dan manajer umum BAM Lawrence Chew. Langkah yang diambil BAM membuahkan hasil.

"Secara prinsip, masalah ini sudah selesai. Kami tak perlu mempertemukan Lee Chong Wei dan Morten Frost dalam satu meja. Kini mereka akan kembali menjalankan pekerjaan masing-masing. Semua sudah kembali normal," kata Al-Amin seperti dikutip dari The Star Online, Sabtu (11/2/2017).

"Semua pihak sepakat akan bekerja secara profesional. Mereka tak perlu langsung berdamai, yang terpenting adalah menenangkan suasana lebih dahulu. Kondisinya memang tak akan ideal 100 persen, tapi ke depannya kami bakal mencari solusi terbaik," ujar Al-Amin.

Al-Amin juga mengklaim Chong Wei akan memikirkan lagi rencana keluar dari BAM. Dia mengatakan fokus Chong Wei saat ini adalah memulihkan cedera lututnya dan bersiap untuk membela Malaysia di Piala Sudirman, 21-28 Mei.

"Ekspresi kemarahan Chong Wei hendaknya jangan ditanggapi berlebihan. Bahkan, suami istri saja bertengkar. Chong Wei telah banyak memberikan prestasi dalam 18 tahun terakhir. Namun, Chong Wei harus ingat dia bisa menjadi seperti sekarang juga tak lepas dari peran BAM. Dia seharusnya tak marah kepada kami," kata Al-Amin.

"Jika waktunya sudah tiba bagi Chong Wei untuk pergi, kami akan memberinya acara perpisahan yang manis karena dia layak mendapatkannya. Namun, saat ini kami tak ingin membicarakan tentang pensiun karena Chong Wei masih menjadi pemain terbaik kami dan tetap punya hasrat untuk terus bermain," ujar Al-Amin.

Al-Amin menambahkan insiden ini memperlihatkan betapa petingnya komunikasi yang baik. Selama ini, kontak antara Morten Frost dan Lee Chong Wei dilakukan melalui perantara, yaitu Hendrawan. "Saya percaya konflik ini muncul hanya karena miskomunikasi semata. BAM akan mencoba memperbaikinya," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer