Sukses


Dukungan Moral untuk Rikako Ikee Mengalir Deras

Bola.com, Jakarta - Kabar bintang renang Jepang, Rikako Ikee, terkena leukimia mengejutkan banyak kalangan. Kendati baru berumur 18 tahun, Rikako Ikee tak dimungkiri merupakan satu di antara atlet bintang Jepang dan diharapkan bisa lebih banyak menorehkan prestasi di masa mendatang.

Namun, kabar itu seolah jadi pukulan, tak hanya buat Ikee dan keluarga, melainkan juga dunia olahraga, khususnya renang. 

Di tengah ketidakpercayaan atas berita itu, rekan dan kolega bersatu untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan atlet peraih medali terbanyak di Asian Games 2018 itu agar kembali sehat.

"Saya sangat terkejut," ujar Daiya Seto, dua kali peraih gelar juara dunia seperti dilansir dari AFP.

"Dengan Olimpiade Tokyo sudah terlihat, orang-orang akan mendesak dia agar segera sembuh dan berkompetisi."

"Tapi tentu saja, hidup itu jauh lebih penting," imbuh peraih medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro itu.

"Saya berdoa semoga dia segera membaik, dan kita bisa melihat senyum manisnya lagi. Yang bisa kita lakukan hanya berdoa," kata Seto.

Sementara Ippei Watanabe, berjanji akan memecahkan rekor atas namanya sendiri dalam nomor 200 m gaya dada di kejuaraan Jepang, April 2019, untuk membantu Rikako Ikee dalam perjuangannya untuk pulih.

"Saya percaya diri mengukir rekor dunia baru. Semoga hal itu, paling tidak, bisa sedikit memberikan kekuatan padanya," kata Watanabe.

 

2 dari 2 halaman

Dukungan dari Aktor Hollywood

Ikee, yang merebut enam medali emas di Asian Games 2018, mengejutkan dengan pernyataannya yang menyebut dirinya terkena leukimia.

"Sepertinya, dia benar-benar berjuang," kata Suzuka Hasegawa, rekan Ikee yang sama-sama menjalani lathan di Gold Coast, Australia, saat problem kesehatan Ikee muncul.

"Kami pergi berbelanja bersama di waktu senggang dan tak membayangkan dia itu sakit. Ketika dia meninggalkan Australia, dia hanya bilang harus pulang lebih awal. Saya tak bisa percaya ketika melihat berita. Kami akan berupaya keras menggantikannya saat dia absen," tutur Hasegawa.

Juara Olimpiade asal Swedia, Sarah Sjostrom, juga mengaku terpukul. Sjostrom semula diperkirakan akan jadi rival Ikee dalam perebutan medali emas Olimpiade Tokyo, tahun depan.

"Mata saya penuh airmata ketika saya membaca berita perihal teman saya, Rikako Ikee, didiagnosa dengan leukimia. Mengirim seluruh kekuatan dan cinta saya padamu!" tulisnya dalam akun media sosial personalnya.

Tak hanya dari kalangan atlet, aktor kondang, Ken Watanabe, penyintas kanker, juga menulis pesan buat Ikee melalui akun Twitter.

"Kamu mungkin merasa putus asa. Kamu mungkin bertanya, "mengapa saya?" Saya harap kamu selalu positif dan berkonsentrasi pada perawatan, yakinlah pada kekuatan hidup," kata aktor di Last Samurai itu.

Di sisi lain, dokter meyakini leukimia yang dideteksi dari Ikee masih dalam stadium dini. Ikee, yang saat ini dirawat di rumah sakit di Tokyo, mengunggah pernyataan melalui Twitter-nya.

"Jika dirawat dengan benar, ini penyakit yang bisa dikalahkan. Saya akan mengabdikan diri untuk perawatan dan berusaha untuk dapat menunjukkan Rikako Ikee yang lebih kuat," ucapnya.

Sumber: New Straits Times

Video Populer

Foto Populer