Sukses


Balapan Formula E Jakarta 2020 Berlangsung di Monas, Desain Sirkuit Segera Ditentukan

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan balapan Formula E bakal berlangsung di kawasan Monumen Nasional. Balapan Formula E rencananya digelar pada 6 Juni 2020. 

Tetapi, Anies belum dapat menyebutkan sirkuit yang akan dilalui dalam balap mobil tersebut. "Detail trek belum dituntaskan, akan diumumkan kemudian, yang jelas digelar di kawasan Monas ini," kata Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9/2019).

Anies menyebut Pemprov DKI Jakarta menunjuk PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dalam pelaksanaannya.

Formula E terkenal sebagai ajang balap mobil listrik yang menggunakan jalanan perkotaan sebagai arena balap. Selain itu balap mobil ini telah digelar sejumlah kota besar di dunia.

Keberadaan balapan Formula E juga dapat dipakai sebagai kampanye kendaraan ramah lingkungan, serta mempromosikan kelebihan-kelebihan mobil listrik, bahwa mobil listrik sekarang sudah bisa dibuat untuk balapan.

2 dari 3 halaman

Konvoi

Sebelumnya Anies Baswedan ikut serta dalam konvoi kendaraan listrik dari kawasan Gelora Bung Karno (GBK) menuju Monumen Nasional (Monas). Anies disopiri oleh pembalap Formula 2 yakni Sean Gelael.

Keduanya tampak menggunakan mobil BMW Roadster oranye. Selain yang ditumpangi Anies, tiga mobil listrik yang ikut serta dalam konvoi tersebut yakni BMW i3 hybrid dan Lowo Ireng produksi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Selain Anies dan Sean tampak pula pembalap nasional Ananda Mikola dan sejumlah petinggi dari Formula E. Ada pula tiga bus listrik dari Transjakarta dan sejumlah taksi listrik milik Bluebird.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan kegiatan konvoi berlangsung pukul 15.00-17.00 WIB, dimulai dari Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Kendaraan akan keluar melalui pintu FX Sudirman lalu menuju Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin kemudian belok kanan ke Bundaran Patung Kuda dan berakhir di Monas melalui pintu silang Monas Barat Daya.

"Untuk itu jalan akses sepanjang rute konvoi akan dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional dan kendaraan dilarang melintas ketika konvoi sedang berlangsung," kata Syafrin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/9/2019).

Lalu lintas dari arah selatan yakni Blok M atau Senayan menuju utara (Harmoni) dilarang mendahului konvoi kendaraan listrik. Kendaraan lain masih diperbolehkan mengikuti konvoi dari belakang. (Ika Defianti)

Disadur dari: liputan6.com (Penulis Ika Defianti/Editor Harley Ikhsan, published: 20/9/2019)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer