Sukses


4 Manfaat Penting Senam Aerobik untuk Pesepak Bola

Bola.com, Jakarta - Senam aerobik kerap diidentikkan sebagai olahraga untuk menurunkan berat badan. Namun, senam aerobik juga memiliki berbagai manfaat lainnya untuk tubuh. Tentunya aktivitas ini juga cocok dilakukan oleh pesepak bola.

Senam aerobik pernah dilakukan oleh sederet atlet mulai dari pesepak bola, hingga petenis. Ada beberapa klub Liga 1 Indonesia yang sempat menerapkan senam aerobik dalam sesi latihan. Selain itu, ada juga petenis cantik Aldila Sutjiadi yang menyumbangkan medali emas saat Asian Games 2018.

Wajar saja jika sederet atlet profesional melakukan seman aerobik.  Senam ini termasuk ke dalam jenis olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan denyut jantung.

Pada dasarnya setiap olahraga yang dilakukan lebih dari 4 menit secara teratur dapat disebut sebagai olahraga aerobik, termasuk berenang, berlari, hingga bersepeda. Bahkan di Indonesia olahraga aerobik yang paling populer adalah senam aerobik.

Senam aerobik merupakan berbagai gerakan secara beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan senam itu dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Berbeda dengan tarian, gerakan senam aerobik selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya.

Lalu, apa saja manfaat senam aerobik untuk pesepak bola? Berikut ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik: Menurunkan Berat Badan

Senam aerobik memang identik untuk menurunkan berat badan. Olahraga itu sangat dianjurkan untuk pemain sepak bola supaya tetap menjaga berat badannya.

Apabila berat badan bertambah, mereka akan sedikit kesulitan berlari. Olahraga ini termasuk efektif menurunkan berat badan karena membuat kita menggerakkan seluruh tubuh dan dilakukan dalam durasi waktu yang lumayan panjang.

Latihan senam aerobik secara rutin dan diimbangi dengan pola makan yang tepat dapat menurunkan berat badan secara lebih efektif.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik: Menjaga Kesehatan Otot, Tulang, dan Sendi

Senam aerobik dilakukan dengan cara melatih otot-otot tubuh, sehingga tentunya senam aerobik memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otot. Setelah itu, aliran darah dan suplai oksigen ke otot akan lebih lancar guna membantu otot terhindar dari asam laktat.

Tidak hanya menyehatkan otot, senam aerobik juga tentunya dapat melatih tulang dan sendi. Semakin bertambahnya usia, tulang dan sendi akan semakin rapuh. Sejak usia muda para atlet juga harus rajin melatih otot dan sendi agar menjadikannya lebih kuat, salah satunya dengan senam arobik.

Dengan alasan itulah para pesepak bola profesional dianjurkan untuk melakukan senam aerobik secara teratur. Pasalnya, otot, tulang, dan sendi merupakan penopang penting dalam kariernya.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik: Menurunkan Kolesterol

Manfaat senam aerobik yang selanjutnya yaitu mampu menurunkan kolesterol. Senam aerobik meningkatkan kerja jantung, sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh pun lebih banyak. Tentunya dapat memperlancar peredaran darah sehingga kolesterol jahat tidak menumpuk dalam pembuluh darah.

Selain dapat menurunkan kolesterol, lancarnya peredaran darah dan aliran oksigen ke seluruh tubuh juga dapat menurunkan risiko Anda terkena tekanan darah tinggi.

Baik itu kolesterol tinggi maupun tekanan darah tinggi, keduanya merupakan penyakit yang perlu diwaspadai karena dapat memicu penyakit berbahaya lainnya. Oleh sebab itu, senam aerobik sangat dianjurkan.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Senam Aerobik: Meningkatkan Stamina

Para pesepak bola tentunya ingin menjaga stamina tetap stabil. Bahkan bila perlu meningkat.

Kendati olahraga itu melelahkan, tapi jika dilakukan secara rutin aerobik dapat meningkatkan stamina Anda. Senam aerobik dapat meningkatkan stamina dan membuat tubuh lebih bertenaga dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas, terutama saat bertanding di lapangan hijau.

Selain terhindar menjaga stamina, senam aerobik juga akan meningkatkan imunitas tubuh. Jika sistem imun tubuh maksimal, maka akan membuat Anda tidak mudah terserang berbagai macam virus dan bakteri, sehingga Anda tidak mudah sakit.

Video Populer

Foto Populer