Sukses


5 Manfaat Olahraga Malam, Ampuh Atasi Berbagai Gangguan Kesehatan

Bola.com, Jakarta - Olahraga penting untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Namun, tak sedikit orang yang menyepelekan kebiasaan olahraga lantaran memiliki kesibukan bekerja sehari-hari.

Nah, jika memang sulit berolahraga di pagi hari karena harus beraktivitas, Anda bisa mencoba untuk olahraga malam seperti senam aerobik, fitness, bermain bulutangkis atau bola basket, futsal, biliar, jogging, dan olahraga ringan lainnya.

Apalagi, kini olahraga malam selepas jam kerja sedang menjadi tren. Selain tidak mengganggu aktivitas, olahragaga malam juga mampu membantu untuk semua orang yang disibukkan mulai dari pagi, siang, atau sore hari.

Namun, tak perlu khawatir manfaat olahraga malam hari sebelum tidur juga tidak kalah dengan jenis olahraga yang dilakukan pada siang atau pagi hari.

Selain untuk kesehatan, manfaat olahraga malam antara lain untuk interaksi sosial ataupun berbagai keperluan lainnnya. Olahraga malam memiliki beberapa manfaat yang bisa memberikan kebaikan dalam tubuh kita, berikut beberapa di antaranya.

 

2 dari 7 halaman

1. Manfaat Olahraga Malam: Atasi Insomnia demi Kebugaran Tubuh

Insomnia adalah gangguan tidur yang mengakibatkan si penderitanya sulit untuk tidur di malam hari. Kesulitan tidur disebabkan tingkat stress selepas beraktivitas.

Untuk Anda yang memiliki kesibukan pada jam kerja, berolahraga di malam hari akan memberi manfaat lebih bagi tubuh. Apalagi jika kegiatan olahraga malam dilakukan secara rutin. Hal itu tentunya akan membuat kualitas tidur semakin meningkat dan membuat Anda merasa jauh lebih fit di pagi hari.

Hal ini sudah dibuktikan oleh National Sleep Foundation di Amerika yang melakukan sebuah studi mengenai kualitas tidur, dengan menggunakan sampel 83 orang untuk melakukan olahraga di malam hari.

Namun perlu disarankan untuk berdiam diri selama 1 jam setelah berolahraga karena suhu tubuh setelah olahraga akan meningkat.

Apabila memiliki istirahat yang cukup, otomatis Anda akan lebih bugar untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Berdasarkan penelitian Youngstedt, olahraga di malam hari dapat membuat seseorang menjadi lebih bugar bahkan pada satu hari berikutnya. Salah satu faktor yang menyebabkan keadaan tersebut adalah karena suhu tubuh mereka yang berolahraga di malam hari meningkat dan akan tetap bertahan seperti demikian, dan hal inilah yang menjadikan tubuh menjadi lebih segar.

Pasalnya, berolahraga di malam hari merupakan solusi ampuh bagi mereka yang cukup sibuk di siang hari. Olahraga malam akan membantu untuk menjaga kesehatan mereka.

Dengan sederet manfaat dari berolahraga malam para pekerja tak perlu bingung lagi untuk menentukan waktu berolahraga karena latihan ini juga dapat dilakukan setelah jam kerja.

Jika hendak berolahraga malam, sebaiknya memperhatikan porsinya terlebih dahulu agar tidak berlebihan. Tubuh juga sudah cukup lelah dengan aktivitas seharian, sehingga perlu diperhatikan kapasitas fisik Anda dan jangan terlalu dipaksakan.

 

3 dari 7 halaman

2. Manfaat Olahraga Malam: Menghilangkan Racun dan Toxin

Selama beraktivitas seharian, tentunya terdapat banyak racun dan radikal bebas yang mungkin dapat mengganggu tubuh dan kesehatan seseorang.

Misalnya yaitu asap dan debu, makanan tidak sehat yang dikonsumsi, hingga udara AC seharian. Olahraga malam adalah waktu yang tepat untuk mengeluarkan semuanya sehingga membuat tidur akan menjadi pulas.

 

4 dari 7 halaman

3. Manfaat Olahraga Malam: Terlihat Awet Muda

Selain memberantas racun dan toxin dalam tubuh, olahraga malam dipercaya bisa membuat Anda terlihan awet muda.

Salah satu manfaat olahraga yang paling umum adalah mampu membuat kita terlihat awet muda dan wajah terlihat lebih fresh, sehingga ini bisa menjadi daya tarik bagi diri kita sendiri.

 

5 dari 7 halaman

4. Manfaat Olahraga Malam: Solusi Turunkan Berat Badan

Setiap olahraga pada dasarnya memang menjadi solusi untuk menurunkan berat badan. Bagi yang menjalankan program diet, olahraga menjadi kewajiban yang harus dilakukan karena dapat membakar lemak pada tubuh kita dan tidak perlu khawatir tentang masalah berat badan lagi, termasuk berolahraga di malam hari.

Namun, untuk membakar kalori dengan maksimal, olahraga malam bisa menjadi solusi pembakaran kalori dari makanan yang kita konsumsi dalam seharian.

 

6 dari 7 halaman

5. Manfaat Olahraga Malam: Membuat Keadaan Psikologis Membaik

Berdasarkan penelitian di Universitas London seperti yang dilansir oleh the Australian.com membuktikan bahwa melakukan olahraga lari di malam hari, dapat meningkatkan perasaan bahagia.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap satu kelompok pelari dengan jarak lebih dari sepuluh kilometer ini menemukan bahwa berolahraga lari di malam hari dirasakan lebih ringan dari pada berlari di siang hari meski jaraknya sama.

Kelompok pelari tersebut berlari satu menit lebih cepat ketika berlari pada malam hari. Hal ini memengaruhi mereka secara psikologis, karena mereka merasa lebih senang dan puas akan pencapaiannya.

Di sisi lain olahraga malam juga berdampak baik pada aktivitas keesokan harinya, yakni mereka merasa lebih bersemangat untuk beraktivitas.

 

7 dari 7 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Olahraga Malam

  1. Untuk yang baru pertama kali berolahraga malam mungkin akan mengalami susah tidur, maka perlu memilih waktu berolahraga yang  tidak berdekatan dengan waktu tidur karena setelah berolahraga suhu tubuh akan naik dan tubuh menjadi segar, hal itu dapat menyulitkan Anda untuk tidur.
  2. Mungkin yang pertama kali melakukan olahraga malam akan merasa kelelahan karena kurang terbiasa. Maka lakukan olahraga ringan terlebih dahulu agar tubuh terbiasa.
  3. Disarankan untuk berolahraga di dalam ruangan (indoor) karena selain udara malam yang tidak baik bagi tubuh, kapasitas karbondioksida pada malam hari juga jauh lebih tinggi ketimbang siang hari.
  4. Jangan langsung mandi ketika baru selesai olahraga, apalagi saat keringat masih bercucuran. Oleh karena itu, pastikan benar-benar tubuh anda sudah dingin.
  5. Lakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga pada malam hari, jangan pernah sepelakan poin ini karena bisa membuat otot tegang.

Video Populer

Foto Populer