Sukses


Buah-buahan ini Ampuh Bantu Tingkatkan Performa Atlet

Bola.com, Jakarta - Buah-buahan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi atlet. Jika kekurangan buah, badan akan mudah lesu, mengalami gangguan pencernaan, hingga berisiko terserang penyakit lantaran kekurangan vitamin.

Selain memakan nasi dan sayuran, asupan serat dari buah-buahan juga harus terpenuhi. Tujuannya melengkapi dan memperoleh tenaga yang maksimal.

Apabila atlet kurang memakan buah-buahan, performanya semakin menurun. Buah-buahan sangat penting untuk meningkatkan energi dan kinerja pemain saat berlatih maupun bertanding.

Tak hanya vitamin, buah-buahan juga menjadi menu penting yang harus dikonsumsi untuk melengkapi nutrisi harian. Apalagi bagi atlet yang harus berlatih keras, sehingga perlu menyeimbangkan dengan asupan nutrisi.

Jika dikonsumsi secara teratur, buah memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain bisa menjadi sumber energi dan sumber serat, buah juga kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan.

Buah-buahan juga dapat membantu seseorang untuk terhindar dari berbagai penyakit, seperti jantung, diabetes, kanker, dan lain sebagainya. Meski begitu, tak semua jenis buah mampu meningkatkan stamina dan performa atlet.

Berikut adalah buah-buahan yang penting untuk meningkatkan performa atlet.

 

2 dari 6 halaman

1. Pisang

Pisang adalah buah yang dapat menaikkan energi. Buah ini sering dikonsumsi oleh para atlet guna mengganjal perutnya supaya tidak lapar saat berlatih atau bermain.

Jika mengonsumsi makanan berat, atlet malah akan mudah lesu saat berlari. Atlet juga kerap memakan pisang pada jeda pertandingan. Buah tersebut termasuk karbohidrat kompleks, sehingga mampu menambah tenaga dengan cepat dan tahan lama.

Pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Buah ini juga kaya karbohidrat dan mineral, sehingga membuat sumber energi yang baik bagi tubuh.

Jenis buah yang satu ini mengandung amilum yang merupakan karbohidrat kompleks, fungsinya untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Pisang juga memiliki kandungan pektin yang dapat menyehatkan pencernaan.

 

3 dari 6 halaman

2. Semangka

Semangka kaya akan vitamin A dan vitamin C. Sebuah penelitian membuktikan semangka mengandung 92 persen air yang dapat menjadi sumber asupan cairan.

Tentunya buah ini baik bagi tubuh. Semangka bisa menjadi sumber tenaga baru sekaligus membuat atlet terhindar dari dehidrasi.

Biasanya semangka dikonsumsi sebagai makanan penutup sebelum dan selepas pertandingan.

 

4 dari 6 halaman

3. Buah Naga

Buah naga sangat baik apabila dikonsumsi secara rutin bagi atlet. Jenis buah yang satu ini tidak akan mengganggu berat badan, karena sumber serat yang dapat melancarkan pencernaan, sehingga dapat membuang racun.

Nutrisi dari buah naga sangat penting dan baik bagi tubuh, termasuk untuk para pencinta olahraga. Namun, jangan mengonsumsinya terlalu banyak supaya terhindar dari diare.

 

5 dari 6 halaman

4. Jambu Biji

Jambu biji baik dikonsumsi karena mengandung vitamin C yang lebih besar ketimbang jeruk. Jenis buah ini mengandung potasium yang tinggi, yakni sekitar 14 miligram per 100 gram.

Potasium juga berfungsi meningkatkan kestabilan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan cairan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah.

 

6 dari 6 halaman

5. Alpukat

Alpukat bisa dijadikan sumber karbohidrat selain nasi. Meski mengandung karbo yang lebih sedikit, tetapi buah ini banyak mengandung lemak sehat seperti asam oleat. Ini merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Buah yang satu ini juga kaya akan kalium dan magnesium, yang berperan penting bagi keseimbangan tubuh. Alpukat juga dapat mencegah dehidrasi karena kandungannya juga terdapat di dalam minuman isotonik.

Video Populer

Foto Populer