Sukses


12 Penyebab Mimisan pada Anak, Patut Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Mimisan kerap dialami anak-anak maupun dewasa. Definisi mimisan adalah ketika darah keluar dari hidung, atau istilah kedokterannya adalah epistaksis.

Kendati tak berbahaya, mimisan tetap perlu diwaspadai karena dapat menjadi gejala dari suatu penyakit. Mimisan bisa disebabkan hal-hal sepele hingga, namun ada juga yang terjadi karena gangguan kesehatan.

Banyak anak-anak mengalami mimisan tetapi orang tua menganggapnya sebagai insiden biasa. Padahal, epistaksis bisa juga berisiko terhadap kesehatan anak.

Penyebab mimisan pada anak bisa terjadi akibat dua faktor, yakni organik dan gangguan medis.

Faktor organik atau gangguan kesehatan biasanya terdapat kelainan organ bawaan sejak lahir. Kelainan itu bisa berupa kelemahan organ hidung maupun pembuluh darah yang relatif tipis, terlalu lebar, ataupun terlalu rapuh. Kondisi itu menyebabkan anak rentan mengalami mimisan.

Penyebab mimisan kedua adalah faktor gangguan medis, biasanya kesehatan anak menurun karena adanya pembekuan darah, terutama sel darah merah.

Darah yang keluar dari lubang hidung memiliki durasi yang berbeda-beda. Ada yang berlangsung hanya beberapa detik, bahkan ada pula yang lebih dari 20 menit.

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Mimisan

Selain yang telah dijelaskan di atas, mimisan dapat disebabkan karena faktor kecerobohan dalam beraktivitas sehari-hari. Faktor penyebab mimisan secara umum meliputi:

  1. Membuang ingus terlalu kencang
  2. Cedera pada hidung
  3. Memasukan benda atau tangan ke dalam hidung terlalu dalam
  4. Penggunaan obat pelega hidung secara berlebihan
  5. Infeksi yang menyebabkan hidung tersumbat, seperti flu
  6. Alergi
  7. Paparan bahan kimia yang membuat hidung iritasi
  8. Benturan keras di kepalaTumor yang tumbuh di rongga hidung
  9. Dampak dari operasi hidung
  10. Memencet hidung terlalu kencang
  11. Hipertensi
  12. Akibat mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, seperti warfarim heparin, atau aspirin

Apablia mengalami mimisan lebih dari dua kali dalam waktu dekat, Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Hal itu dikhawatirkan memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menangani Mimisan pada Anak

Ketika anak-anak mengalami mimisan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memintanya tetap tenang dan tidak panik. Setelah itu, lakukan langkah-langkah penanganan sebagai berikut:

  1. Duduk tegak, jangan berbaring. Karena dengan duduk, Anda dapat mengurangi tekanan pembuluh darah dalam hidung.
  2. Condongkan tubuh anak ke depan supaya darah keluar dari hidung dan tidak masuk ke tenggorokan. Jika darah tertelan, maka anak akan mengalami mual hingga muntah-muntah.
  3. Pencet hidung dengan pelan selama 10-15 menit. Anda bisa bernapas melalui mulut.
  4. Kompres pangkal hidung dengan air dingin supaya memperlambat pendarahan.
  5. Menyumbat hidung dengan kain atau tissue supaya darah tidak terjadi pendarahan untuk kedua kalinya.

 

4 dari 4 halaman

Obat Mimisan Alami dengan Bahan Dapur

1. Air Garam

Mimisan juga bisa disebabkan oleh faktor udara yang terlalu dingin dan kering. Air garam dapat meredakan perdarahan akibat udara dingin dan kering.

Air garam akan membantu melembapkan lapisan dalam hidung dan mengurangi iritasi pada selaputnya. Bahan dapur yang satu ini juga dipercaya ampuh mempersempit aliran pembuluh darah di hidung sehingga perdarahan akan terhenti.

2. Bawang Merah

Aroma bawang merah bisa menjadi obat alami untuk mengatasi mimisan. Kandungan belerang dalam bawang merah mampu membantu pembekuan darah secara alami. Bahan dapur ini juga kaya akan vitamin C dan zat bioflavonoid untuk memperkuat pembuluh darah kapiler.

3. Air Jeruk Lemon

Lemon adalah salah satu buah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk menangani masalah mimisan.

Jeruk lemon memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga mampu menghentikan perdarahan. Serta kandungan vitamin C pada lemon juga dapat memperkuat pembuluh darah yang rusak di hidung Anda.

Anda hanya perlu mengambil perasan lemon secukupnya dan teteskan satu atau dua tetes ke dalam hidug yang misisan.

Video Populer

Foto Populer