Sukses


3 Obat Sakit Gigi Secara Alami dan Cepat, Tak Perlu Biaya Mahal

Bola.com, Jakarta - Banyak orang tentu pernah mengalami sakit gigi. Selain rasanya menyiksa, sakit gigi dapat menurunkan mood dan nafsu makan penderitanya. Bahkan sakit gigi kerap menyebabkan meriang, sakit kepala, nyeri pada gusi, dan sakit di bagian pipi hingga rahang.

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Keluhan yang banyak dialami adalah sakit gigi berlubang. Penyakit itu disebabkan sisa makanan dan minuman yang tertinggal di gigi. Akibatnya, bakteri akan menghasilkan plak.

Plak gigi mengandung asam yang dapat melarutkan mineral pada lapisan enamel, sehingga menyebabkan erosi pada gigi. Hal itulah yang menimbulkan lubang kecil pada gigi.

Apabila gigi telah berlubang, bakteri bisa menyerang saraf dan pembuluh darah. Akibatnya, Anda akan merasa sakit gigi, berupa sensitif, menggigit, dan berbagai gejala lainnya.

Banyak orang yang membutuhkan obat sakit gigi untuk meredakan nyeri. Berbagai cara dilakukan dari membeli obat di apotek, hingga memeriksakannya ke dokter dengan biaya mahal.

Namun, sebenarnya Anda bisa menyembuhkan sakit gigi dengan cara alami dan dipercaya ampuh menghilangkan nyeri dengan cepat. Tentu dengan cara tersebut, Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar dan lebih aman.

Berikut Bola.com merangkum obat sakit gigi alami secara alami dengan cepat tanpa mengeluarkan biaya mahal.

 

2 dari 4 halaman

1. Obat Sakit Gigi: Air Garam

Air garam adalah salah satu obat alami yang bisa diracik sendiri. Ketika gigi terasa nyeri atau ngilu, Anda bisa berkumur dengan air garam selama satu menit.

Garam akan membantu membunuh bakteri yang berada di rongga mulut. Obat alami tersebut juga mampu mengurangi peradangan akibat infeksi. Di sisi lain berkumur dengan air garam bisa mengobati sariawan.

 

3 dari 4 halaman

2. Obat Sakit Gigi: Bawang Merah dan Putih

Obat sakit gigi selanjutnya adalah bawang merah dan putih. Bahan dapur ini terkenal sebagai penyedap masakan. Namun, ternyata bawang juga bisa mengatasi sakit gigi.

Bawang putih memiliki kandungan antiseptik. Kandungan ini dapat melepas alicin dan menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Anda bisa mengunyah bawang putih secara langsung, tetapi jangan ditelan. Kemudian kumur-kumur dengan air hangat dan minum susu murni untuk menghilangkan aroma baunya.

Bawang merah mengandung anti-mikrobial dan antiseptik yang mampu mengendaikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Jika tak ingin mengunyah secara mentah, Anda bisa menghaluskan bawang merah kemudian ditempel ke bagian gigi yang sakit.

 

4 dari 4 halaman

3. Obat Sakit Gigi: Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang terkenal memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Selain bisa menghangatkan, jahe juga mampu meredakan nyeri pada gigi.

Jahe mengandung antibiotik yang dapat membunuh kuman dalam mulut, termasuk di bagian gigi. Anda bisa menumpuk satu siung jahe, kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang.

Jika tidak, Anda bisa mengolah jahe menjadi minumah hangat, misalnya teh jahe. Sebaiknya teh atau minuman jahe tidak mengandung gula, tetapi bisa menggantinya dengan madu.

Video Populer

Foto Populer