Sukses


Ragam Menu Diet Sehat, Ampuh Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Bola.com, Jakarta - Kelebihan berat badan kerap menjadi masalah bagi sebagian orang. Mereka biasanya akan melakukan berbagai cara untuk menurunkannya. Ada yang menerapkan menu diet sehat, berolahraga keras, mengonsumsi obat penurun berat badan, hingga yang terparah melakukan sedot lemat.

Tentu dua cara terakhir adalah metode berbahaya. Sebenarnya menurunkan berat badan bisa dilakukan secara alami tanpa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Terdapat beragam menu diet sehat rendah kalori yang bisa Anda konsumsi guna memiliki berat badan ideal. Diet rendah kalori biasanya dilakukan dengan mengurangi hasrat mengonsumsi makanan berat.

Anda bisa mengganti makanan biasa dengan yang kaya serat, vitamin, dan juga mineral. Pada dasarnya, kalori yang dibutuhkan orang dewasa kurang lebih sebesar 2.000.

Bagi pemilik berat badan berlebih, asupan kalori yang masuk harus dikurangi, sehingga akan membuat tubuhnya kembali ideal. Pengurangan kalori tersebut tidak bisa dilakukan sembarangan.

Tetapi, harus dengan perhitungan supaya tubuh tidak kekurangan kalori dan tetap fit supaya dapat menjalani aktivitasnya seperti hari-hari biasa.

Sebelum menerapkan menu diet sehat, Anda perlu mengetahui makanan yang harus dikurangi atau dihindari. Berikut Bola.com merangkum berbagai menu diet sehat untuk menurunkan berat badan beserta makanan yang harus dihindari.

2 dari 4 halaman

Makanan yang Perlu Dihindari

1. Gula

Makanan mengandung gula tinggi dapat menyebabkan kecanduan karena memiliki sifat adiktif. Mengonsumsi gula berlebih bisa membuat seseorang justru bertambah gemuk. Di sisi lain, terlalu banyak mengonsumsi gula bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga gangguan kardiovaskular. 

2. Minyak Biji dan Sayur

Seseorang akan gagal diet apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Mulai dari minyak kedelai, jagung, dan beberapa minyak lainnya yang mengandung lemak Omega-6. Hal ini akan berdampak buruk bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

3. Pemanis Buatan

Selain gula, terdapat banyak makanan yang mengandung pemanis buatan. Makanan seperti itu perlu dihindari bagi seseorang yang ingin melakukan diet ketat. Pemanis buatan mengandung kalori yang cukup tinggi. Bahkan karena sifatnya manis, terkadang bikin kecanduan untuk terus mengonsumsinya.

3 dari 4 halaman

Menu Diet Sehat

Sebelum memutuskan menerapkan menu diet sehat, Anda perlu mengatahui berapa banyak kalori yang harus masuk ke dalam tubuh per harinya. Untuk wanita, yang perlu masuk per harinya sekitar 1.200 kalori. Sedangkan bagi kaum pria sebanyak 1.500-1.800 kalori per hari.

Berikut adalah menu diet sehat untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami:

  • Sarapan: satu cangkir oatmeal, satu sendok madu, satu gelas jus jeruk, satu cangkir kopi rendah gula, atau teh hijau.
  • Makan siang: Dua potong roti gandum diisi dengan irisan daging ayam rebus. Kemudian ditambah tomat, selada, irisan wortel. Setalah itu perbanyak minum air putih.
  • Makan malam: Tiga ons salmon panggang, satu cangkir bubur kacang hijau, salad, atau lemon sebagai minuman.
  • Makanan ringan: Apel, satu gelas susu murni, atau jus stroberi.
4 dari 4 halaman

Makanan Diet Sehat Lainnya

Apabila merasa kesulitan dengan menu diet yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengonsumsi makanan lain yang kaya serat guna memperlancar pencernaan dan tetap memberikan asupan nutrisi untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsi menu berikut ini:

  1. Pepaya
  2. Apel
  3. Bubur kacang hijau atau merah
  4. Yoghurt
  5. Kentang panggang atau rebus
  6. Salad sayur
  7. Popcorn
  8. Oatmeal
  9. Alpukat
  10. Ikan tuna
  11. Telur rebus
  12. Salad buah
  13. Dada ayam
  14. Salmon
  15. Kacang-kacangan
  16. Makanan mengandung cabai
  17. Produk yang mengandung gandum
  18. Tahu rebus
  19. Kaldu ayam
  20. Steak panggang
  21. Jamur
  22. Ubi rebus
  23. Jus jeruk nipis atau lemon
  24. Segala olahan sayur rendah lemak
  25. Buah Naga
Atlet Anggar Venezuela Peraih Medali Emas Olimpiade Jadi Pengantar Makanan Online

Video Populer

Foto Populer