Sukses


5 Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Bola.com, Jakarta - Wortel adalah salah satu sayuran yang dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Meski murah, wortel memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Terlebih, sayuran ini baik dikonsumsi oleh semua orang, baik anak-anak maupun dewasa.

Cara mengonsumsi wortel bisa dengan berbagai cara, seperti dibuat jus, direbus, dijadikan salad, dan puding. 

Wortel pertama kali ditanam di Asia, termasuk Indonesia. Namun kemudian sayuran ini tumbuh berkembang dan populer di berbagai belahan dunia.

Wortel memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Sayuran ini sudah lama dikenal mampu menjaga kesehatan mata karena kaya vitamin A. Wortel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh keseluruhan dan kecantikan kulit.

Wortel memiliki vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A. Kandungan itu dapat membantu menangkal jerawat dan memperlambat sel-sel kulit mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Wortel juga memiliki senyawa antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, filat, mangan, posfor, magnesium, serta vitamin E yang dapat menyehatkan kulit. Lantas apa saja manfaat wortel?

Berikut lima manfaat wortel bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, seperti dirangkum dari Medical News Today.

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Wortel: Menjaga Kesehatan Jantung

Wortel dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Ini berarti wortel bisa mencegah risiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular.

Senyawa dalam wortel bemanfaat untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker, penyakit jantun, menurunkan tekanan darah dan memperlambat penuaan dini.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Wortel: Mencegah Risiko Kanker

Sayuran berwarna oranye ini mengandung antioksidan yang dapat melindungi seseorang dari serangan kanker. Kandungan karoten dalam worter juga memiliki sifat anti-kanker. Sehingga sayuran ini bisa mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

Penelitian dari Harvard University menyatakan mengonsumsi sayuran yang kaya beta-karoten secara rutin dapat mengurangi risiko kanker payudara. Seseorang yang mengonsumsi wortel dua kali sehari dapat menurunkan 17 persen risiko penyakit kanker.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Wortel: Mempercantik Kulit

Wortel kaya vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari guna mendapatkan kulit yang lebih lembut dan sehat. Anda bisa meminumnya sebagai jus atau membuatnya sebagai masker setiap hari.

Wortel juga dapat mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Anda dapat menggunakan wortel sebagai masker setiap hari. Kulit berminyak dan berjerawat biasanya bermasalah dengan pori-pori kulit. Sayuran itu dapat membersihkannya secara mendalam.

 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Wortel: Menyehatkan Mata

Seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami xerophthalmia, yakni penyakit mata progresif yang dapat merusak penglihatan normal dan mengakibatkan kebutaan, atau ketidakmampuan melihat dalam cahaya rendah atau gelap.

Menurut National Institutes of Health (NIH), kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan dan kerabunan mata. Oleh karena itu, wortel bisa meningkatkan kesehatan mata karena mengandung vitamin A tinggi.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Wortel: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kontrol Diabetes

Manfaat worter selanjutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan menontrol diabetes.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan kaya serat, kalium dan vitamin seperti wortel. Hal itu berguna untuk melindungi dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Sumber: Medical News Today

Video Populer

Foto Populer