Sukses


10 Penyebab Hernia, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Hernia adalah salah satu penyakit yang biasanya ditandai dengan menonjolnya atau guratan usus di bagian tertentu. Kondisi ini terjadi ketika organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah.

Masih banyak orang yang awam dengan penyakit hernia. Akibatnya, mereka tidak memperhatikannya sehingga hernia dapat berubah menjadi penyakit yang fatal.

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pria ataupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Oleh karena itu, Anda perlu mengenali hernia sejak dini, mulai dari gejala, penyebab, hingga cara mencegahnya.

Hernia biasa terdapat di perut hingga selangkangan dengan ditandai benjolan atau tonjolan yang akan hilang saat berbaring. Namun, benjolan itu akan muncul kembali ketika penderita tertawa, batu, atau mengejan.

Apabila didiamkan dan tidak segera ditangani, hernia akan semakin membesar dan semakin menekan jaringan atau organ di sekitarnya. Sehingga ini dapat menyebabkan komplikasi yang akan dialami penderita hernia.

Lantas apa saja gejala dan penyebab hernia? Berikut adalah ulasan mengenai gejala, penyebab dan cara pencegahan penyakit hernia.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Penyebab Hernia

Penyakit hernia terjadi akibat adanya tekanan, lubang atau kelemahan pada otot. Kondisi itu akan mendorong jaringan melalui lubang atau titik lemah tersebut.

Lemahnya otot dapat disebabkan karena bawaan lahir. Oleh karena itu, semua hal yang meningkatkan tekanan di dalam perut dapat menyebabkan penyakit hernia, tekanan tersebut seperti:

  1. Diare atau sembelit
  2. Konstipasi yang membuat penderitanya harus mengejan saat buang air besar (BAB)
  3. Mengangkat benda berat
  4. Batuk atau bersin terus-menerus
  5. Kondisi berat badan berlebih
  6. Kehamilan yang akan meningkatkan tekanan dalam dinding perut
  7. Berat badan meningkat secara tiba-tiba
  8. Kekurangan gizi
  9. Kecanduan rokok
  10. Penumpukan cairan di dalam rongga perut

 

3 dari 5 halaman

Gejala Penyakit Hernia

1. Gangguan pencernaan

Hernia dapat menyebabkan masalah perut yang mencakup kesulitan mencerna makanan, masalah pencernaan, sembelit, hingga gangguan usus lainnya.

2. Sakit perut

Terkadang penyakit hernia akan menyebabkan rasa sakit di perut yang parah hingga Anda memerlukan bantuan medis sesegera mungkin.

3. Ketidaknyamanan di perut atau selangkangan

Hernia akan menimbulkan rasa sakit pada selangkangan yang dikenal dengan kondisi hernia inguinalis atau femoralis. Sakit tersebut akan terasa setiap kali duduk atau membungkuk untuk mengangkat sesuatu.

4. Gangguan saraf

Hernia dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian saraf. Misalnya hernia inguinalis yang dapat menyebabkan nyeri kaki, skrotum (untuk pria), atau labia (untuk wanita).

Jika Anda memiliki mengalami salah satu dari gejala di bawah ini, segera datangi Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit terdekat:

- Nyeri hebat dan tiba-tiba ada benjolan hernia

- Mual dan muntah

- Sulit buang air besar atau buang angin

- Hernia menjadi keras, nyeri ketika disentuh, atau tidak dapat didorong masuk ke rongga perut

 

4 dari 5 halaman

5 Cara Mencegah Hernia Secara Alami

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hernia seperti berikut ini:

  1. Berhenti merokok, karena rokok memicu batuk kronis yang dapat meningkatkan risiko hernia
  2. Menjaga berat badan ideal dengan berolahraga secara teratur
  3. Mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian untuk menghindari konstipasi
  4. Hindari mengangkat beban berlebih atau di luar kemampuan
  5. Konsultasi kepada dokter jika mengalami batuk atau bersin yang berlangsung terus-menerus
5 dari 5 halaman

Jenis Penyakit Hernia Beserta Tanda-Tandanya

Tanda-tanda dan gejala yang muncul bergantung pada jenis hernia. Berikut adalah jenis penyakit hernia beserta tanda-tandanya.

  1. Gejala hernia inguinal atau hernia pusar adalah munculnya benjolan tanpa rasa sakit, yang mungkin akan hilang dengan sendirinya. Gejala yang paling jelas yakni ketika penderitanya menangis, mengejan, batuk, atau berdiri.
  2. Hernia inguinalis pada laki-laki dapat membuat skrotum (kantung buah zakar) menjadi besar. Sedangkan pada anak perempuan, akan menimbulkan pembengkakan pada labia (jaringan di sekitar vagina).
  3. Hernia internal, jenis hernia ini mungkin tidak memiliki gejala atau dapat menyebabkan mual, muntah dan mulas.
  4. Hernia tertahan akan menyebabkan gumpalan daging yang empuk namun padat, nyeri, muntah, sembelit, dan rasa terganggu.
  5. Hernia strangulasi biasanya menyebabkan demam dan disertai adanya area yang bengkak, kemerahan, meradang, dan sangat menyakitkan.
Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer