Sukses


Ragam Manfaat Yogurt bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Kulit Lebih Glowing

Bola.com, Jakarta - Yogurt merupakan minuman susu yang terbuat dari fermentasi bakteri. Yogurt kini menjadi minuman populer di berbagai belahan dunia. Selain rasanya yang lezat, yogurt terkenal mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. 

Tak hanya itu, yogurt mampu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit secara menyeluruh, termasuk mencerahkan kulit menjadi lebih berkilau atau glowing.

Bahkan, masyarakat Bulgaria juga sering menggunakan yogurt sebagai cara alami untuk bisa tampil awet muda. 

Yogurt tergolong sebagai makanan yang mengandung probiotik tinggi. Kandungan itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya untuk sistem pencernaan usus dan lambung.

Lantas, apa saja manfaat yogurt bagi kesehatan dan kecantikan? Namun sebelum mengambil manfaatnya, Anda perlu mengetahui apa saja kandungan yogurt. Berikut Bola.com merangkumnya dari Health Line dan WebMD, Kamis (31/10/2019).

 

2 dari 7 halaman

Kandungan dalam Yogurt untuk Kecantikan

1. Asam laktat 

Asam laktat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lembut, bersih, dan bercahaya karena mampu membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga bisa membersihkan pori-pori wajah dan terhindar dari keriput. Selain itu, asam laktat juga bisa menjaga kulit tetap cerah dan glowing.

 

2. Vitamin B

Vitamin B sangat baik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari radikal bebas.

3. Kalsium

Kalsium dalam yogurt dipercaya mampu mencegah kulit kering dan meremajakan kulit. Selain itu, kandungan ini bisa mencegah osteoporosis dan tulang keropos.

4. Probiotik 

Yogurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcusb yang dapat membantu menjaga kulit dari radikal bebas. Kandungan ini juga meningkatkan sistem pertahanan tubuh dari penyakit yang menyerang saluran pencernaan.

5. Zink

Yogurt sangat dianjurkan bagi Anda yang berjerawat, karena kandungan zink di dalamnya bisa membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah jerawat. Zink juga mampu mengontrol produksi minyak dari kelenjar sebasea, yaitu kelenjar yang sering memicu terjadinya jerawat.

 

3 dari 7 halaman

1. Manfaat Yogurt: Menurunkan Berat Badan dan Cegah Obesitas

Yogurt adalah solusi bagi Anda yang ingin efektif menurunkan berat badan. Yoghurt terbilang menu sehat yang bisa menurunkan berat badan. Sebab, lemak yang ada dalam tubuh akan diproses menjadi feses, sehingga akan keluar saat buang air besar (BAB).

Manfaat yoghurt ini muncul karena adanya kandungan mineral dan senyawa dalam yoghurt yang bisa mengatasi lemak jahat. Selain itu, yogurt dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama sehingga keinginan untuk makan bisa dikurangi.

 

4 dari 7 halaman

2. Manfaat Yogurt: Menjaga Kesehatan Jantung

Yoghurt rendah gula atau bebas lemak berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Sejumlah penelitian menemukan bahwa asupan lemak dari produk susu murni ataupun fermenrasi dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga berguna untuk melindungi jantung.

Yogurt dapat menurunkan risiko penyakit jantung berbahaya dan mencegah terjadinya stroke. Namun, Anda perlu mengonsumsi yogurt murni tanpa perasa atau pemanis buatan supaya hasilnya lebih maksimal.

 

5 dari 7 halaman

3. Manfaat Yogurt: Menguatkan Tulang

Tak kalah dengan susu murni, yoghurt juga mengangdung kalsium yang sangat tinggi. Kandungan ini merupakan bagian penting guna pertumbuhan gigi dan tulang manusia. Kalsium juga mampu menjaga kekuatan tulang pada anak-anak maupun orang dewasa dan usia lanjut.

Yogurt akan memberi Anda banyak kalsium dan vitamin D. Kedua kandungan tersebut sangat penting guna menjaga kesehatan tulang.  Kalsium juga membantu menjaga kepadatan dan memperkuat tulang. Oleh sebab itu, mengonsumsi yogurt secara rutin dapat membantu Anda untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

 

6 dari 7 halaman

4. Manfaat Yogurt: Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sebuah penelitian menemukan seseorang yang rutin mengonsumsi yoghurt tidak akan berisiko memiliki tekanan darah tinggi. Kendati demikian, tidak semua kemasan yogurt dapat berfungsi maksimal.

Anda harus mengonsumsi yogurt yang rendah lemak, karena mengandung kalium yang mampu membersihkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Natrium adalah mineral yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan biasa ditemukan pada makanan yang mengandung garam tinggi.

 

7 dari 7 halaman

5. Manfaat Yogurt: Menjaga Kesehatan Vagina

Yogurt mengandung bakteri Lactobacillus yang dapat membantu menjaga kestabilan pH atau kadar keasaman daerah intim wanita atau vagina. Bakteri probiotik dalam yogurt juga akan membantu membunuh jamur dan mengurangi risiko infeksi jamur.

Yogurt juga dipercaya ampuh mencegah infeksi pada vagina yang kerap dialami wanita  penderita diabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi yogurt setiap hari akan menurunkan kadar pH vaginanya dari 6,0 ke 4,0 (pH normal 4,0-4,5).

Video Populer

Foto Populer