Sukses


22 Manfaat Jus Semangka untuk Kesehatan, Penting bagi Kesuburan Pria dan Wanita

Bola.com, Jakarta - Jus semangka merupakan salah satu minuman sehat yang biasa dijadikan sebagai pencuci mulut setelah makan. Minuman ini cukup populer dan bisa dikonsumsi berbagai kalangan usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Meski mudah dibeli dengan harga relatif murah, jus semangka punya manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Pada dasarnya kesehatan tubuh itu mahal, sehingga semua orang perlu menjaganya.

Selain menjaga kesehatan tubuh, jus semangka juga penting dikonsumsi guna meningkatkan kesuburan pria dan wanita. 

Jus semangka mengandung mineral sangat tinggi, sehingga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Jus semangka memiliki warna yang berbeda, ada yang merah dan kuning.

Meski berbeda, jus semangka sama-sama mengandung kalium, protein, vitamin A, B6, C, E, dan K. Minuman itu juga memiliki senyawa zat besi, sodium, mangan, dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya nutrisi dalam jus semangka, minuman tersebut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesuburan pria ataupun wanita. Apa saja manfaatnya?

Berikut Bola.com merangkum beberapa manfaat jus semangka bagi kesehatan dan baik dikonsumsi oleh pria dan wanita.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Semangka untuk Kesuburan Wanita

1. Menyuburkan Kandungan

Senyawa asam folat tinggi dalam jus semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil lantaran bisa menyuburkan kandungan serta mencegah terjadinya cacat fisik dan juga saraf pada bayi.

Manfaat jus semangka bisa diserap lebih efektif ketimbang mengonsumsi buahnya secara langsung. Sebab, jus semangka akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun, Anda juga perlu memisahkan bijinya terlebih dahulu sebelum membuatnya sebagai jus.

2. Mencegah Morning Sickness

Kandungan mineral yang tinggi (92 persen) dan gula alami dalam jus semangka dapat membantu meringankan morning sickness dan dehidrasi. Selain itu, kandungan mineral dan nutrisi jus semangka dapat membantu mencegah keram otot bagi ibu hamil, khususnya pada trimester ketiga.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Semangka untuk Kesuburan Pria

3. Meningkatkan Kesehatan Prostat

Jus semangka mengandung likopen tinggi ketimbang jus buah lainnya. Kandungan likopen dalam jus semangka dipercaya memiliki kualitas antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan prostat tetap sehat.

The University of Illinois di Chicago meneliti dengan menggunakan beberapa peserta yang mencerna likopen selama tiga pekan sebelum menjalani prostatektomi. Hasilnya, menunjukkan kerusakan pada jaringan prostat berkurang secara signifikan pada akhir percobaan tiga minggu.

4. Meningkatkan Produksi Sperma

Kandungan vitamin B12 dan asam folat dalam jus semangka bermanfaat dalam pembentukan materi genetik, sehingga sangat baik untuk memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan kemampuan gerak sperma.

Oleh karena itu, kaum pria sangat dianjurkan untuk mengonsumsi jus semangka secara rutin, terutama jika Anda yang ingin memiliki cairan sperma berkualitas, ingin meningkatkan vitalitas yang berhubungan dengan organ seksual lebih maksimal.

5. Pembentukan Hormon Pria

Jus semangka kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B6. Kandungan vitamin B6 pada jus semangka tentu sangat penting dalam pembentukan hormon pada pria. Oleh karena itu, jus semangka sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari oleh para kaum adam.

Selain itu, jus semangka juga mengandung vitamin E juga sangat baik dalam membantu sperma untuk menyelesaikan sel telur.

4 dari 4 halaman

17 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Secara Umum

6. Mencegah asma

7. Menurunkan tekanan darah

8. Menangkal sel kanker berbahaya

9. Mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan

10. Mencegah peradangan

11. Membuat kulit lembut dan halus

12. Mengatasi nyeri otot

13. Sumber kolagen alami

14. Memelihara kesehatan jantung dan tulang

15. Menurunkan berat badan

16. Melancarkan urin

17. Memelihara kesehatan mata

18. Menghindari dehidrasi

19. Mencegah diabetes

20. Mengobati gangguan ginjal

21. Mengatur tekanan darah

22. Menurunkan kolesterol jahat (HDL)

Video Populer

Foto Populer