Sukses


5 Manfaat Aloe Vera Gel untuk Kecantikan, Mampu Atasi Kulit Belang

Bola.com, Jakarta - Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan aloe vera gel. Ya, aloe vera merupakan gel yang terkandung dalam tumbuhan lidah buaya.

Gel aloe vera sudah lama dikenal memiliki segudang manfaatnya untuk kesehatan serta kecantikan wajah, rambut, hingga bibir. Tak sedikit produk kecantikan yang menggunakan gel lidah buaya ini sebagai bahan dasar atau bahan campuran.

Biasanya, gel aloe vera hanya dioleskan di bagian luar tubuh karena manfaatnya tidak perlu diragukan lagi, khususnya untuk kecantikan kulit. Gel aloe vera mudah ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Gel dari lidah buaya ini mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, hingga vitamin A, B1, dan C.

Saat ini banyak produk kemasan berbahan dasar gel aloe vera untuk perawatan kulit maupun rambut. Namun, manfaat gel aloe vera akan lebih maksimal jika menggunakan gel asli yang langsung diambil dari tanamannya.

Selain bermanfaat sebagai produk kecantikan, aloe vera gel juga kerap digunakan sebagai obat luar, misalnya masker atau lotion. Berikut adalah sederet manfaat gel aloe vera bagi kecantikan.

 

2 dari 6 halaman

1. Menyembuhkan Luka

Aloe ver gel memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka. Luka pada kulit terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang dalam berpenampilan.

Namun gel aloe vera ternyata dapat membantu menyembuhkan luka, baik basah maupun bakar. Terlebih, gel yang dimiliki lidah buaya ini juga mampu menghilangkan bekas luka tersebut.

Gel lidah buaya mengandung kalsium dan antioksidan yang dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel keratinosit dan memperkuat jaringan kulit.

 

3 dari 6 halaman

2. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Aloe vera gel mengandung zat polisakardia dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Cara ini cocok bagi Anda yang menghabiskan waktu di dalam ruangan dingin ber-AC. Sebab, kulit akan kering apabila terlalu lama di dalam ruangan ber-AC.

Selain itu, gel lidah buaya ini juga mampu menghaluskan permukaan kulit. Aloe vera juga akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, dan digantikan dengan sel kulit baru yang sehat dan kuat.

Caranya, Anda bisa membeli produk berbahan aloe vera berupa spray atau lotion. Anda bisa menyemprot cairan aloe vera atau mengoleskan gelnya sat kulit terasa lebih kering.

 

4 dari 6 halaman

3. Merawat Rambut

Manfaat aloe vera gel yang satu ini tentu tak asing lagi. Banyak pula produk perawatan rambut yang menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utamanya,

Gel aloe vera bagus untuk rambut kering dan mengatasi kulit kepala yang gatal akibat ketombe atau keringat. Kandungan dalam gel aloe vera juga mampu membuat rambut kuat dan sehat.

Enzim dalam gel lidah buaya ini juga akan membersihkan kulit kepala dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Aloe vera gel juga dipercaya ampuh mengatasi masalah rambut rontok.

Caranya, Anda bisa memakai berbagai produk perawatan rambut dengan bahan aloe vera, seperti sampo atau masker rambut. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan gel aloe vera alami yang diambil dari tanamannya langsung.

 

5 dari 6 halaman

4. Menghilangkan Komedo dan Mengatasi Jerawat

Aloe vera gel dipercaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kulit. Gel ini mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori, serta mengontrol produksi minyak berlebih penyebab komedo dan jerawat.

Aloe vera menjadi salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara alami dan ampuh. Bahkan tumbuhan ini bisa mencegah timbulnya jerawat.

Cara menghilangkan komedo dan jerawat dengan aloe vera gel:

  • Ambil lidah biaya dan potong menjadi beberapa bagian
  • Kupas kulitnya
  • Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu
  • Oleskan pada wajah
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas wajah dengan menggunakan air hangat

 

6 dari 6 halaman

5. Mengatasi Kulit Belang

Aloe vera gel biasanya terkenal sebagai bahan ampuh untuk perawatan rambut. Namun, gel ini juga ternyata bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Gel lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Sehingga aloe vera dapat mengatasi kulit belang. Metode ini dikarenakan gel aloe vera akan meregenerasi kulit dan membuat warna kulit sama atau tidak belang.

Berikut adalah cara untuk mengatasi kulit belang dengan aloe vera gel:

  • Ambil lidah biaya dan potong menjadi beberapa bagian
  • Kupas kulitnya
  • Keluarkan dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu
  • Lalu oleskan pada kulit yang belang
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat

Video Populer

Foto Populer