Sukses


7 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ampuh Atasi Insomnia

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi buah sebagai asupan sehari-hari sangat disarankan, termasuk kiwi. Buah kiwi ditetapkan sebagai buah nasional di Selandia Baru dan kini sudah banyak dijual di Indonesia.

Buah kiwi rasanya lezat dan segar. Kiwi kerap dijadikan sebagai topping makanan, salad buah, hingga jus. Kulit buah kiwi berwarna kecoklatan menyerupai sawo. Sedangkan dagingnya berwarna hijau segar.

Selain rasanya yang lezat dan segar, buah kiwi memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Manfaat buah kiwi tak perlu diragukan lagi. Bahkan, banyak pula produk kecantikan yang menggunakan buah yang satu ini menjadi bahan campurannya.

Kiwi mengandung nutrisi cukup tinggi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium. Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan dan sumber serat yang cukup tinggi.

United States Department of Agriculture (USDA) menemukan dalam 100 gram kiwi mengandung 61 kalori, 14,66 gram karbohidrat, 1,14 gram protein, 0,52 gram lemak, dan 3 gram serat.

Buah kiwi memiliki biji kecil-kecil berwarna hitam yang bisa dimakan. Sebenarnya kulit buah kiwi juga bisa dimakan dan baik bagi kesehatan, tetapi masih banyak orang yang lebih suka mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Meski banyak olahan produk berbahan dasar buah kiwi, sebaiknya Anda membuat jus alami tanpa campuran bahan kimia apapun supaya khasiatnya lebih optimal. Lalu apa saja manfaatnya?

Berikut adalah segudang manfaat buah kiwi bagi kesehatan maupun kecantikan, seperti dirangkum dari Health Line dan Medical Daily, Kamis (14/11/2019).

 

2 dari 8 halaman

1. Manfaat Buah Kiwi: Mengatasi Insomnia

Apakah Anda sering mengalami kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak? Anda sebaiknya mengonsumsi buah kiwi secara rutin pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Jus buah kiwi bisa menjadi alternatif obat tidur alami yang tentunya lebih aman tanpa efek samping. Manfaat buah kiwi ini dibuktikan oleh Taipei Medical University. Buah kiwi diketahui bisa membantu mengatasi gangguan tidur.

Mengapa demikian? Buah kiwi mengandung senyawa antioksidan dan serotonin yang akan menenangkan pikiran dari stres setelah beraktivitas sehari-hari. Stres dapat memicu terjadinya insomnia atau kualitas tidur kurang baik.

 

3 dari 8 halaman

2. Manfaat Buah Kiwi: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kiwi sangat dianjurkan guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh. Buah ini juga baik dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai anak-anak hingga orang tua.

Jus buah kiwi sangat dianjurkan bagi seseorang yang sedang sakit karena dapat meningkatkan imun, sehingga akan mudah membantu menyembuhkannya.

Health line melaporkan buah kiwi sangat penting untuk anak-anak yang sistem imunnya rentan terserang penyakit. Sebab, vitamin C dalam buah kiwi mampu menjadi antioksidan dan menangkal zat berbahaya penyebab penyakit.

 

4 dari 8 halaman

3. Manfaat Buah Kiwi: Menurunkan Berat Badan

Buah kiwi dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Diet dengan buah kiwi dipercaya ampuh membuat tubuh tetap ideal dan mencegah dari obesitas.

Kandungan serat dalam kiwi terbilang cukup tinggi dan dapat melancarkan sistem pencernaan. Apabila sistem pencernaan lancar, maka sisa makanan mudah terbuang dan tidak menimbun di dalam tubuh menjadi lemak.

Untuk menurunkan berat badan, Anda bia megonsumsi buah kiwi langsung beserta kulitnya. Namun Anda perlu mencucinya hingga bersih. Selain itu, Anda bisa mengolah buah kiwi menjadi jus, salad buah, atau infused water.

 

5 dari 8 halaman

4. Manfaat Buah Kiwi: Membantu Mengobati Asma

Buah kiwi dipercaya dapat menyehatkan sistem pernapasan. Bahkan buah ini menyerupai sawo ini bisa membantu pengobatan asma.

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah kiwi cukup tinggi. Dua kandungan tersebut terbukti ampuh untuk mengobati penyakit asma atau sesak napas.

Sebuah penelitian pada 2000 membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi secara teratur mendapatkan dampak positif pada fungsi paru-paru.

 

6 dari 8 halaman

5. Manfaat Buah Kiwi: Mengontrol Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian pada 2011 dalam laporan Medical Daily, membuktikan bahwa pasien darah tinggi yang mengonsumsi buah kiwi setiap hari mampu menurunkan tekanan darah. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dalam buah kiwi cukup tinggi.

Buah kiwi dapat menjaga elektrolit menjadi seimbang dengan menangkal efek natrium, karena kiwi mengandung potasium cukup tinggi.

Buah yang satu ini dikenal sebagai salah satu ppengencer darah alami yang paling efektif. Buah kiwi dapat mengurangi pembentukan gumpalan, pembentukan trigliserida, dan meningkatkan sirkulasi.

Bahkan sebuah penelitian dari Departemen Gizi di Universitas Oslo, Norwegia menemukan bahwa buah kiwi bermanfaat bagi kesehatan jantung,

 

7 dari 8 halaman

6. Manfaat Buah Kiwi: Menyehatkan Rambut

Apakah Anda memiliki masalah pada rambut? Sebaiknya Anda perlu mencoba membuat masker rambut dengan buah kiwi. Apalagi kini banyak produk kecantikan rambut yang menggunakan ekstrak buah kiwi.

Kandungan vitamin C dan antioksidan buah kiwi berperan penting dalam pembentukan kolagen yang mencegah kerontokan rambut. Kandungan tersebut juga dapat mengatasi rambut bercabang dan rambut kering.

Vitamin C dan E dalam buah kiwi juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kebotakan rambut.

 

8 dari 8 halaman

7. Manfaat Buah Kiwi: Mempercantik Kulit

Buah kiwi dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit. Manfaat ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan buah kiwi sebagai bahan utamanya.

Senyawa antioksidan dalam vitamin C dan E dalam buah kiwi terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah kiwi dapat mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit supaya terlihan awet muda.

Sumber: Medical Daily, Health Line

Video Populer

Foto Populer