Sukses


5 Manfaat Ikan Kembung bagi Kesehatan dan Kecantikan, Baik untuk Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi ikan kembung? Ya, sebagian besar orang Indonesia tentu tak asing lagi dengan ikan tersebut.

Ikan kembung memiliki nama lain yaitu Indian Macherel, dan kini sudah banyak ditemu di Indonesia dengan harga relatif murah. Meski murah, ikan kembung memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Ikan kembung juga mudah diolah menjadi berbagai munu masakan.

Anda bisa mengonsumsi ikan kembung dengan cara digoreng, dibakar, dibuat sup, dan lain sebagainya. Ikan tersebut memiliki rasa yang lezat dan gurih, serta teksturnya lembut.

Berdasarkan hasil penelitian, ikan kembung memiliki gizi lebih tinggi dibandingkan ikan salmon. Ikan kembung mengandung protein, omega 3, omega 6, vitamin (B2, B12, D, dan B6), fosfor, iodine, dan selenium.

Sebuah hasil studi dalam American Journal of Epidemiologi pada 2017 membuktikan vitamin B12 dalam ikan kembung sangat penting untuk ibu hamil. Manfaat ikan kembung sangat berguna untuk mencegah cacat lahir.

Lantas, apa saja manfaat ikan kembung? Berikut adalah manfaat ikan kembung bagi kesehatan dan kecantikan, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/11/2019).

2 dari 6 halaman

1. Mencegah Penyakit Jantung

Ikan kembung mengandung omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung koroner. Kandungan omega 3  dapat  menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi ikan kembung secara rutin dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit kronis. Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan kembung juga bisa mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko terkena hipertensi. 

Ikan kembung atau Indian Macherel bisa dijadikan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda, karena mengandung berbagai mineral dan protein. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi penting bagi kesehatan jantung. Ikan kembung juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk pemeliharaan sistem kerja jantung.

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Kesehatan Otak

Selain untuk kesehatan jantung, kandungan omega 3 dalam ikan kembung juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan otak. Kandungan omega 3 yang dimiliki ikan kembung mampu memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru. Indian Macherel juga dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi.

Tak hanya omega 3, ikan kembung memiliki kandungan zat besi yang bisa memperbaiki sel-sel rusak pada otak. Sehingga ikan yang satu ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak seseorang apabila dikonsumsi secara rutin.

4 dari 6 halaman

3. Menguatkan Otot dan Tulang

Apakah Anda sering mengalami otot lemah, nyeri, dan mudah pegal? Ada baiknya Anda rutin mengonsumsi ikan kembung. Ikan kembung bisa membantu dalam menjaga sel serta jaringan otot.

Kandungan vitamin D dalam ikan kembung juga bisa mengembalikan otot yang sobek akibat bergerak aktif. Jika sering mengonsumsi ikan kembung, Anda akan memiliki otot yang jauh lebih sehat dan kuat.

Vitamin D dalam ikan kembung juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Vitamin D dalam ikan kembung berperan penting memaksimalkan absorpsi kalsium. Kalsium adalah mineral yang berfungsi untuk membentuk dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

5 dari 6 halaman

4. Mengontrol Gula Darah dan Tekanan Darah

Kandungan omega 6 dalam ikan kembung dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Ikan tersebut cocok menjadi pilihan menu bagi pasien diabetes untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

Tak hanya kadar gula darah, ikan kembung juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Tingginya kadar kalium dalam ikan kembung dapat menjaga tekanan darah normal. Sehingga, ikan kembung dapat mencegah darah tinggi maupun darah rendah.

6 dari 6 halaman

5. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan kembung sangat baik bagi perkembangan janin. Kandungan tersebut juga dapat menjaga kesehatan jantung, otak, mata, dan sistem saraf si ibu dan bayi dalam kandungan.

Omega 3 dalam ikan kembung juga dalam mencegah persalinan prematur, menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil, serta mencegah cacat lahir. Kandungan fosfor dalam ikan kembung juga mendukung kesehatan dan kekuatan tulang, otot, funsgi ginjal, dan konduksi saraf janin.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Food Science 2016, kandungan selenium dapat mencegah komplikasi bagi ibu hamil.

Video Populer

Foto Populer