Sukses


7 Manfaat Manggis untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Awet Muda

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan manggis. Buah ini banyak tumbuh di negara tropis seperti Indonesia.

Buah manggis memiliki rasa yang lezat dan masam sehingga disukai banyak orang. Buah yang satu ini bisa dikonsumsi oleh semua orang, baik pria maupun wanita.

Di balik rasanya yang lezat, manggis menyimpan ragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan yang sangat disayangkan jika terlewati.

Menurut laporan Style Craze, manggis memiliki julukan berbeda-beda di setiap negara, yakni Mangustan dalam bahasa Hindi, Ivarumamidi dalam bahasa Telugu, Kaattampi dalam bahasa Malayalam, Kao dalam bahasa Bengali, Murugala Hannu di Kannada, Kokum di Gujarati, dan Kokam atau Ratamba di Marathi. Apa pun julukannya, manggis tetap memiliki kandungan penting untuk kesehatan tubuh.

Menurut laporan Healthline, manggis mengandung rendah kalori dan kaya nutrisi. Sehingga, manfaat buah yang satu ini tak perlu diragukan lagi.

Vitamin dan mineral dalam buah manggis penting untuk menjaga kesehatan seperti melancarkan aliran darah, kontraksi otot, penyembuhan luka, hingga pensinyalan saraf. Buah manggis juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Lalu, apa saja manfaat buah manggis? Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat buah manggis untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dilansir dari Healthline, Selasa (26/11/2019).

2 dari 8 halaman

1. Kaya Antioksidan dan Anti Kanker

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menetralisir radikal bebas yang berisiko bagi kesehatan tubuh. Senyawa tersebut akan mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker.

Manggis juga mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin C dan folat yang berperan sebagai antioksidan tambahan. Buah ini mengandung xanthones yang juga berperan sebagai antioksidan cukup kuat.

Healthline melaporkan antioksidan xanthone dalam buah manggis berperan sebagai anti radang, antikanker, antibiotk, dan anti-aging.

 

3 dari 8 halaman

2. Cegah Peradangan

Senyawan xanthone dalam buah manggis berperan sebagai antiinflamasi yang dapat mengobati segala macam radang, misalnya peradangan pada kulit, mulut, usus, dan lain sebagainya.

Anti-peradangan ini juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, jantung, hingga diabetes. Manfaat ini juga dapat membantu mengobati radang tenggorokan dan sariawan. Apalagi, manggis juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk mengobati panas dalam.

 

4 dari 8 halaman

3. Menurunkan Berat Badan

Manggis merupakan satu di antara buah-buahan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuat penelitian menemukan bahwa sekelompok orang yang meminum jus manggis sebagai menu diet terbukti memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Buah berdaging putih ini mengandung serat cukup tinggi yang dapat membantu mengeluarkan sisa makanan, sehingga tidak terlalu lama tertimbun dalam tubuh. Selain dijadikan jus, Anda juga bisa mengonsumsi buah manggis secara rutin tetapi perlu diimbangi dengan olahraga supaya hasilanya semakin maksimal.

 

5 dari 8 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah manggis terbukti mampu menjaga kesehatan sekaligus menyembuhkan beragam jenis penyakit, termasuk jantung koroner. Kandungan Xanthones dalam kbuah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kardiovaskular, menyembuhkan penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, trombosis, dan lain sebagainya.

Berbagai kandungan tersebut juga berfungsi untuk melancarkan pembuluh darah, sehingga dapat menyusutkan tumpukan lemak dalam darah yang menjadi pemicu penyakit jantung koroner.

 

6 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah manggis mengandung vitamin C cukup tinggi yang berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi ini akan membuat tubuh seseorang tidak mudah terserang penyakit.

Selain buahnya, kulit manggis juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Sebab, kulit buah ini juga memiliki senyawa anti-mikroba yang sangat efektif terhadap Staphylococcus aureus. Kandungan tersebut terbukti mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

7 dari 8 halaman

6. Mengobati Diabetes

Manfaat buah manggis berikutnya adalah mengobati diabetes. Buah ini memiliki kemampuan mengontrol kadar gula darah.

Menurut Healthline, buah manggis mengandung rendah kalori yang aman bagi pengidap diabetes. Buah ini juga kaya serat guna menjaga gula darah dalam tingkat normal. Manggis juga mampu mengikat gula berlebih di usus dan mencegahnya agar tidak menyerap ke dalam darah.

Namun Anda tidak bisa mengandalkan buah manggis semata. Anda juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat. Caranya dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta rajin berolahraga.

 

8 dari 8 halaman

7. Bikin Awet Muda

Buah manggis memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan dini, sehingga Anda bisa terlihat awet muda. Kok bisa?

Buah manggis mengandung anti aging atau anti penuaan karena adanga senyawa xanthone. Kandungan tersebut berperan dalam menghalangi teroksidasinya vitamin dan asam lemak tak jenuh ganda dari dampak radikal bebas.

 

Sumber: Healthline, Style Craze

Video Populer

Foto Populer