Sukses


8 Manfaat Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Atasi Rambut Rontok

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan melon. Buah tersebut banyak dijumpai di pasaran dengang harga relatif murah. Anda bahkan bisa menjumpai melon baik yang masih utuh maupun sudah potongan.

Melon cukup populer di berbagai belahan dunia karena rasanya lezat dan menyegarkan. Sehingga tak sedikit orang mengonsumsi buah melon sebagai makanan penutup.

Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo L. ini bisa diolah menjadi berbagai menu seperti jus, salad buah, hingga puding. Namun, masih banyak yang belum menyadari manfaat dari buah yang satu ini.

Melon sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikaan. Buah ini merupakan sumber nutrisi dan mineral cukup tinggi. Melon mengandung hampir 95 persen air guna mencegah dehidrasi.

Menurut laporan Healthline, melon mengandung rendah kalori sehingga baik untuk diet. Melon juga mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, folat, vitamin K, kalium, dan magnesium.

Semua kandungan tersebut sangat dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat bugar. Selain itu, melon memiliki senyawa antioksidan cukup tinggi berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat melon?

Berikut Bola.com merangkum ragam manfaat melon untuk kesehatan dan kecantikan yang kerap terabaikan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (29/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Melon untuk Kesehatan

1. Mengontrol Tekanan Darah

Pada dasarnya setiap buah-buahan dan sayuran dipercaya mampu mengontrol tekanan darah supaya tetap normal. Jika tekanan darah terlalu tinggi, maka dapat berisiko terkena penyakit jantung dan stroke. Sedangkan apabila tensi darah terlalu rendah, bisa membuat tubuh menjadi lemas hingga demam.

Anda tak perlu khawatir, tekanan darah bisa tetap normal dengan rajin mengonsumsi buah melon. Buah ini mengandung rendah sodium dan kaya kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Melon juga mengandung potasium cukup tinggi untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Mencegah Diabetes

Selain mengontrol tekanan darah, melon juga memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Apabila kadar gula darah terlalu tinggi, maka dapat berisiko terkena diabetes.

Beberapat penelitian menunjukkan mengonsumsi melon secara teratur dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari diabetes. Kandungan pektin dalam melon akan mengatur sekresi glukosa ke dalam aliran darah, sehingga akan membantu tubuh terhindar dari penyakit gula darah atau diabetes.

3. Menurunkan Berat Badan

Melon merupakan satu di antara jenis buah-buahan yang bisa menjaga berat badan tetap ideal. Buah ini sangat cocok dijadikan menu diet bagi mereka yang ingin mengatur pola makan sehat dan bertekad menurunkan berat badan.

Cucumis melo L. mengandung kalori cukup rendah dan bebas lemak serta kolesterol. Melon juga mengandung mineral cukup tinggi guna melepas dahaga dan mengenyangkan, sehingga Anda tidak mudah haus maupun lapar. Terlebih, melon juga mengandung banyak serat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengeluarkan sisa makanan supaya tidak menimbunnya terlalu lama.

4. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Melon mengandung nutrisi penting untuk menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi. Kandungan tersebut adalah folat, vitamin K, serta magnesium.

Vitamin K dalam buah melon juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat ini sama pentingnya seperti kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan indera penting yang berfungsi untuk melihat, sehingga kesehatan mata harus tetap dijaga. Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi buah melon secara rutin.

Kandungan karetonoid dalam buah ini dipercaya dapat mencegah rabun senja. Sejumlah penelitian menemukan bahwa rajin memgonsumsi senyawa antioksidan buah melon dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.

6. Mencegah Penyakit Kronis

Melon dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung. Antioksidan dan nutrisi dalam buah ni dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, nutrisi buah melon juga dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan tersebut juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan riskiko stroke.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Melon untuk Kecantikan

7. Merawat Kulit Tetap Cantik dan Sehat

Menurut laporan Healthline, melon bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit lantaran memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nutrisis tersebut sangat penting untuk produksi kolagen yang tepat dan memelihara jaringan kulit.

Vitamin C dalam melon juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Baca juga yang ini.

8. Bantu Atasi Rambut Rontok

Sebagian besar orang pernah mengalami rambut rontok, baik ringan hingga parah. Ketika rambut mulai rontok, mereka lantas mencari berbagai cara untuk mengatasinya.

Sebenarnya, rambut rontok bisa diatasi dengan buah melon. Sebab, melon mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai betakaroten untuk menjaga kekuatan rambut.

 

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer