Sukses


8 Manfaat Beredam Air Hangat, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Bola.com, Jakarta - Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakan sakit atau rasa tidak nyaman di tubuh. Ada kalanya orang memilih cara penyembuhan atau pemulihan menggunakan bahan-bahan kimia. Tapi, akan lebih baik menggunakan cara alamiah, misalnya dengan berendam air hangat

Berendam dalam air hangat merupakan salah satu bentuk relaksasi yang paling efektif dan terjangkau.

Bukan hanya rasa rileks yang didapatkan, berendam air hangat juga merupakan sebuah terapi untuk meredakan rasa nyeri pada tubuh dengan efektif.

Terapi air hangat dapat membuat sendi-sendi yang tegang menjadi longgar bahkan mampu mengurangi rasa sakit yang memiliki efek baik jangka panjang.

Masih ada banyak lagi manfaat berendam air hangat bagi kesehatan tubuh. Berikut delapan manfaat berendam air hangat yang dirangkum berbagai sumber, Rabu (4/12/2019).  

2 dari 9 halaman

1. Berendam Air Hangat Memperlancar Peredaran Darah

Mampu perlancar peredaran darah merupakan satu dari sekian manfaat berendam air hangat yang paling menguntungkan. Terlebih buat kamu yang memiliki segudang aktivitas atau sangat sibuk dan memiliki tekanan darah tinggi.

Berendam air hangat sangat membantu meringankan kondisi tersebut. Berendam air hangat ibarat seperti melakukan latihan kardio rendah dan membuat jantung bekerja menjadi lebih kuat.

Berendam air hangat secara teratur merupakan cara sempurna untuk memompa dan mengalirkan darah ke jantung. Anda bisa melakukannya 2-3 kali dalam seminggu jika tak memiliki waktu untuk berolahraga secara teratur.

3 dari 9 halaman

2. Berendam Air Hangat Bikin Tidur Nyenyak

Memiliki gangguan tidur seperti insomnia sangatlah mengganggu. Selain mengganggu waktu istirahat, insomnia juga dapat mengganggu kesehatan tubuh. Untuk mengatasi masalah susah tidur tersebut, Anda bisa mencoba berendam air hangat.

Berendam air hangat dapat mengendurkan otot dan membuat pikiran rileks sehingga memudahkan Anda istirahat malam dengan nyenyak. Dengan berendam air hangat sebelum tidur, kamu akan lebih rileks dan tidak merasa ada beban pada tubuh.

4 dari 9 halaman

3. Berendam Air Hangat untuk Relaksasi Otot

Berendam air hangat setelah berolahraga seperti gym sudah sangat tidak asing lagi, karena dapat memberikan efek menenangkan bagi otot. Manfaat berendam air hangat ini bahkan bisa dirasakan juga bagi Anda yang tidak rutin berolahraga.

Berendam air hangat dapat merelaksasikan otot-otot di tubuh. Lakukan sewajarnya untuk merasakan manfaat ini. Dianjurkan untuk tidak berlama-lama berendam dalam air hangat. Cukup lakukan tidak lebih dari 1 jam, karena justru akan berdampak sebaliknya.

5 dari 9 halaman

4. Berendam Air Hangat Dapat Mengurangi Kadar Gula dalam Darah

Sebuah studi baru-baru ini memberi tahu manfaat manakjubkan berendam air hangat untuk pengidap diabetes. Berendam air hangat secara teratur mampu mengurangi kadar glukosa dan gula dalam darah pengidap diabetes.

Melakukannya sebanyak enam kali dalam seminggu dengan durasi sekitar 20-30 menit dalam sehari dapat membantu kamu kehilangan 3 hingga 5 kilogram berat badan dalam sebulan.  

6 dari 9 halaman

5. Berendam Air Hangat Dapat Membersihkan Kulit

Manfaat berendam air hangat mampu menjadikan kulit sehat. Berendam air hangat dapat membuka pori-pori pada kulit di tubuh dan membuat mintak serta kotoran keluar.

Racun yang dilepaskan melalui proses ini dihancurkan oleh elemen alami pada air hangat. Untuk itu, sempatkan waktu untuk berendam air hangat dengan air yang tetap terjaga kebersihannya guna terhindar dari ruam serta iritasi kulit.

7 dari 9 halaman

6. Berendam Air Hangat Dapat Meredakan Migrain

Penderita migrain bisa merasakan manfaat berendam air hangat untuk meringakan kondisinya. Berendam sambil membiarkan rambut merasakan air hangat selama beberapa detik akan memberikan rasa nyaman berlebih. 

8 dari 9 halaman

7. Berendam Air Hangat Dapat Meredakan Stres

Stres merupakan salah satu kondisi yang dapat membunuh penderitanya secara perlahan. Untuk meredakan stres, Anda bisa berendam dalam air hangat. Kamu akan mendapatkan kenyamanan saat berendam dalam air hangat dalam beberapa menit.

9 dari 9 halaman

8. Berendam Air Hangat Dapat Meredakan Gejala Flu

Manfaat berendam air hangat juga dapat meredakan gejala flu. Uap yang dihasilkan oleh air hangat dapat membersihkan lendir yang membentuk di dinding tenggorokan kamu dan menjaga kebersihan agar batuk kering tidak mengganggu.

Namun, pastikan untuk tetap mendapatkan kondisi hangat setelah berendam air hangat. Kondisi dingin atau cuaca dingin setelah berendam air hangat justru akan memperparah gejalanya.

Untuk mendapatkan manfaat berendam air hangat secara utuh, pastikan melakukannya dengan tepat dan teratur. Waktu ideal untuk berendam air hangat adalah selama 20 menit.

Pastikan untuk mengonsumsi air mineral terlebih dahulu sebelum berendam dan setelah. Hal ini berguna untuk mencegah dehidrasi yang dirasakan tubuh.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Nisa Mutia Sari/Editor Septika Sidqiyyah, published: 4/12/2019).  

Video Populer

Foto Populer