Sukses


6 Manfaat Jambu Air untuk Kesehatan dan Kecantikan, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Jambu air merupakan satu di antara buah-buahan yang tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Buah ini banyak tumbuh di berbagai daerah, dari Sabang hingga Merauke.

Sesuai namanya, kandungan air dalam buah yang satu ini juga sangat banyak. Jambu air biasanya dijadikan sebagai salah satu isian rujak buah karena memberikan kesegaran.

Masuk musim hujan seperti saat ini, pohon buah jambu air bisa berbuah lebih banyak. Jambu air memiliki berbagai jenis dan warna, ada yang merah, hijau, dan putih.

Kendati berbeda, jambu air menyimpan nutrisi sama yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi dalam buah ini terdiri atas vitamin A, C dan E, serat, potasium, myricetin, hexahydroxyflavone, fenolik dan flavonid.

Jambu air tak hanya menyegarkan, tetapi juga memberkan manfaat penting lainnya yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya?

Berikut Bola.com mengumpulkan sederet manfaat jambu air bagi kesehatan dan kecantikan yang tidak bisa dianggap sepele, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Mencegah Stroke

Stroke merupakan penyakit yang bisa mengancam nyawa seseorang. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mencegah stroke dengan rajin mengonsumsi jambu air.

Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit stroke. Menurut hasil studi dalam oleh Journal of Clinical Nutrition menyatakan konsentrasi vitamin C pada darah yang cukup tinggi akan efektif menurunkan risiko penyakit stroke sebanyak 42 persen.

 

3 dari 7 halaman

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Memiliki berat badan ideal adalah idaman bagi banyak orang. Anda bisa mewujudkannya dengan mengonsumsi buah jambu air sebagai menu diet sehari-hari.

Jambu air mengandung serat dan mineral cukup tinggi. Kedua kandungan ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membantu mendorong sisa makanan supaya tidak tertimbun terlalu lama di dalam tubuh.

 

4 dari 7 halaman

3. Baik untuk Kesehatan Mata

Jambu air tak kalah penting dengan sayuran wortel. Keduanya sama-sama memiliki manfaat baik, yakni untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A dalam jambu air dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat berisiko terkena berbagai gangguan kesehatan mata seperti nyctalopia dan degenerasi makula akibat pertambahan usia.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengatasi Diabetes

Tumbuhan jambu air terkenal mampu mengatasi diabetes dengan mengontrol tekanan gula dalam darah agar tetap normal, termasuk daunnya. Namun tak hanya daunnya, buah jambu air juga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar glukosa.

Pasien diabetes sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah jambu air secara rutin. Bagi yang tidak mengidap diabetes, Anda juga perlu mencegahnya dengan mengonsumsi buah yang satu ini.

 

6 dari 7 halaman

5. Mencegah Kanker

Banyak orang tentu tak asing lagi dengan kanker. Penyakin ini sangat berbahaya dan mematikan, seperti kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, dan kanker usus.

Mengingat betapa mematikannya penyakit ini, maka Anda perlu memerangi sel kanker dengan berbagai cara. Salah satu cara mudah untuk mencegah perkembangan sel kanker yaitu dengan cara mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya vitamin serta antioksidan seperti jambu air.

Selain antioksidan, buah ini juga memiliki sifat anti kanker yang dapat membunuh sel penyebab tumbuhnya kanker pada tubuh terutama kanker payudara. Oleh sebab itu, hindari kanker dengan cara sederhana dan alami yaitu rajin mengonsumsi jambu air.

 

7 dari 7 halaman

6. Meremajakan Kulit

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, jambu air juga memberikan kahsiat untuk kecantikan kulit. Buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang akan berfungsi untuk meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini.

Kandungan antioksidan sangat baik bagi kesehatan kulit yang dapat meregenerasi sel kulit mati, sehingga kulit Anda akan selalu terlihat lebih fresh dan terawat. Jadi, bagi Anda yang ingin selalu tampil cantik dan awet muda, jambu air bisa menjadi alternatif alami untuk merawat kulit.

 

Dampak Virus Corona di Wuhan Melebar ke Dunia Olahraga

Video Populer

Foto Populer