Sukses


8 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Air putih merupakan sumber kehidupan yang bermanfaat untuk mengisi kembali cairan tubuh selepas beraktivitas. Namun masih banyak orang yang lebih memilih minum air dingin kearena rasanya menyegarkan. Padahal sebenarnya air hangat jauh lebih baik.

Bahkan ada pula orang yang memulai harinya dengan meminum segelas teh, susu, atau kopi. Namun akan lebih baik jika Anda memulai pagi hari dengan meminum satu gelas air putih hangat, karena akan memberi efek baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut Healthline, air hangat mampu mengisi kembali cairan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, mencegah sembelit, membuat lebih rileks, mengatasi sakit kepala, dan lain sebagainya. Air hangat dipercaya mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, pilek, hingga demam.

Air hangat akan lebih berkhasiat jika Anda menambah perasan lemon atau jeruk nipis karena akan membantu mendetoks racun secara maksimal. Akan tetapi, Anda tidak boleh menambah gula atau pemanis buatan.

Air hangat tidak boleh diminum jika suhunya melebihi 140 derajat celcius, karena akan membuat bibir melepuh. Pastikan air dalam keadaan hangat kuku dan tidak terlalu panas.

Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat minum air hangat untuk kesehatan dan kecantikan yang wajib dicoba setiap hari, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019).

 

2 dari 9 halaman

1. Meredakan Hidung Tersumbat

Semua orang tentu pernah mengalami hidung mampet atau tersumbat ketika diserang penyakit flu atau pilek. Namun tak perlu ragu, Anda bisa mengatasi hidung tersumbat dengan meminum segelas air hangat.

Suhu hangat dapat membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan meringankan sakit kepala akibat sinus. Air hangat juga dapat membantu menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan yang disebabkan penumpukan lendir.

 

3 dari 9 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Rajin minum air hangat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagaimanapun juga, air adalah pelumas yang membuat pencernaan Anda terus berjalan. Saat air mengalir melalui perut dan usus, organ pencernaan terhidrasi lebih baik dan mampu menghilangkan limbah.

Air panas juga dapat melarutkan dan menghilangkan makanan yang telah Anda makan yang mungkin sulit dicerna oleh tubuh Anda.

 

4 dari 9 halaman

3. Menenangkan Sistem Saraf Pusat

Air hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat dan melumasi tubuh Anda. Dengan begitu, saraf pusat Anda tidak tegang dan terhindar dari stres serta depresi.

Selain itu, bagi seseorang yang menderita radang sendi mungkin mendapatkan manfaat tambahan dengan meminum air hangat karena mampu menenangkan sistem saraf pusat mereka.

 

5 dari 9 halaman

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat secara rutin akan membangunkan sistem kontrol suhu tubuh. Ketika tubuh mengkompensasi suhu dalam air hangat, maka dapat menurunkan suhu internal tubuh yang kemudian akan mengaktifkan sistem metabolisme.

Air hangat juga membantu usus Anda berkontraksi untuk membersihkan sisa makanan yang menyebabkan perut membesar. Untuk menurunkan berat badan lebih maksimal, Anda bisa menambah perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam air hangat.

 

6 dari 9 halaman

5. Detoks Racun

Selain mampu mengeluarkan sisa makanan, air hangat juga akan membantu mendetoks racun dari dalam tubuh. Ketika Anda minum atau mandi dengan air hangat, sistem endokrin tubuh akan aktif dan membuat tubuh berkeringat.

Dengan begitu, racun akan keluar melalui keringat. Selain itu, racun juga bisa keluar melalui urine ketika Anda buang air kecil.

 

7 dari 9 halaman

6. Meredakan Sakit

Sebagian besar orang yang sedang diserang penyakit biasanya disarankan meminum air hangat. Air hangat akan memperlancar sirkulasi pada pembuluh darah, dan membuat otot-otot tubuh menjadi rileks.

Air hangat akan membantu mengatasi rasa nyeri dari sendi, otot, atau saraf yang sakit. Bahkan air hangat juga dapat mengatasi rasa sakit pada perut, kepala hingga bagian tubuh lainnya.

 

8 dari 9 halaman

7. Mengatasi Keram Menstruasi

Banyak wanita memiliki keluhan sakit ketika masa menstruasi. Sebenarnya nyeri haid bisa diatasi dengan hanya meminum air hangat sebanyak-banyaknya.

Air hangat akan memberikan efek menenangkan dan melegakan terhadap otot perut dengan mengurangi kekejangan dan kram yang biasa dialami ketika perempuan menstruasi. Minum air hangat juga dapat mengendurkan otot perut dan nyeri pada vagina yang tertekan karena kontraksi.

 

9 dari 9 halaman

8. Cegah Penuaan Dini

Setiap orang tentu pernah terkena paparan radikal bebas dan racun saat beraktivitas sehari-hari. Hal itu bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa terlihat tetap awet muda dengan hanya rutin meminum air hangat. Cara ini akan membantu memperbaiki sel-sel kulit rusak dan menghilangkan racun penyebab penuaan dini.

Sumber: Healthline

 

Dampak Virus Corona di Wuhan Melebar ke Dunia Olahraga

Video Populer

Foto Populer