Sukses


7 Penyebab Gagal Ginjal, Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar gagal ginjal? Ya, gagal ginjal merupakan penyakin kronis yang perlu diwaspadai. Ginjal merupakan satu di antara organ penting dalam tubuh.

Ginjal berperan menyaring dan membersihkan darah dari zat dan senyawa asing yang masuk ke tubuh. Ginjal juga merupakan organ yang erat kaitannya dengan fungsi pembentukan urin.

Selain itu, ginjal berfungsi mengatur keseimbangan jumlah asam dan basa dalam tubuh. Organ tersebut juga turut memproduksi calcitriol, yakni zat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat.

Jika seseorang terkena gagal ginjal, maka dapat berisiko mengalami berbagai gejala masalah kesehatan lainnya. Kesehatan ginjal perlu dipelihara supaya Anda terhindar dari penyakit gagal ginjal dan batu ginjal.

Gagal ginjal bisa terjadi pada siapa pun, baik pria maupun wanita, serta anak-anak maupun orang tua. Penyakit ini bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula.

Lalu, bagaimana gejala dan penyebabnya? Berikut adalah penyebab gagal ginjal, beserta gejala dan cara mencegahnya yang perlu diketahui, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/12/2019).

 

2 dari 4 halaman

Penyebab Gagal Ginjal

1. Makanan dan Minuman yang Mengandung Gula Tinggi

Gagal ginjal bisa disebabkan karena faktor makanan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti gagal ginjal, batu ginjal, diabetes, dan obesitas.

2. Merokok

Sebagian besar orang menganggap merokok adalah kebiasaan yang wajar. Padahal, kebiasaan itu tidak baik untuk kesehatan. Merokok tidak hanya merusak paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa menyebabkan gagal ginjal.

Sebuah penelitian menemukan pencandu rokok cenderung memiliki protein dalam urine, yang merupakan tanda dari kerusakan ginjal.

3. Makanan Tinggi Natrium

Kadar natrium tinggi dapat meningkatkan darah yang kemudian dapat memicu kerusakan ginjal dari waktu ke waktu dan menjadi penyebab utama dari gagal ginjal. Anda perlu mengurangi konsumsi makanan tinggi natrium seperti garam, saus, kecap, keju, dan hingga acar atau asinan.

4. Kurang Minum Air Putih

Air putih merupakan sumber kehidupan dan sangat dibutuhkan untuk mengembalikan cairan tubuh. Kekurangan air putih dapat membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan gagal ginjal.

5. Gagal Jantung

Gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh gagal jantung. Kondisi ini akan mengurangi pasokan darah ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit

Bagi Anda yang terlalu sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, dapat berisiko terkena penyakit gagal ginjal. Obat-obatan tersebut termasuk aspirin, ibuprofem, steptomisin, obat kemoterapi dan pewarna radioktif.

Obat penghilang rasa sakit bisa merusak dan mengurangi aliran darah ke ginjal. Maka dari itu, Anda tidak boleh kecanduan mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri.

7. Infeksi Bakteri dan Virus

Infeksi bakteri dan virus seperti hepatitis A, B atau C, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih juga bisa mengakibatkan peradangan di ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

3 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal

Saat mengalami gagal ginjal, seseorang akan mengalami beberapa keluhan dan gejala seperti berikut ini:

  • Bengkak-bengkak di area wajah atau bagian tubuh lainnya
  • Buang air kecil menjadi jarang
  • Sesak napas
  • Mudah letih dan kurang bertenaga
  • Merasakan mual dan muntah
  • Nafsu makan berkurang
  • Sulit berkonsentrasi
  • Mudah mengantuk
  • Kulit menjadi pucat
  • Kejang-kejang
  • Penurunan kesadaran hingga koma

Jika mengalami beberapa keluhan di atas, sebaiknya Anda perlu segera ke dokter. Semakin cepat pemeriksaan dilakukan, kerusakan ginjal juga bisa ditangani secepatnya. Pemeriksaan ini penting supaya mencegah kerusakan lebih lanjut agar tidak berkembang menjadi gagal ginjal akut, kronis, atau stadium akhir.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Untuk mencegah gagal ginjal, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

- Menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin olahraga

- Perbanyak minum air putih

- Tidak merokok dan menghindari asap rokok

- Tidak mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol

- Mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat.

- Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin setiap tahun untuk memantau kondisi ginjal, terutama bagi penderita penyakit tertentu, seperti diabetes dan hipertensi atau darah tinggi dan penyakit jantung.

- Menghindari konsumsi obat-obatan pereda nyeri tanpa resep dokter

Video Populer

Foto Populer