Sukses


5 Ragam Makanan Penyebab Gigi Kuning, Bikin Kurang Percaya Diri

Bola.com, Jakarta - Warna gigi kuning menjadi masalah yang dihadapi banyak orang. Masalah tersebut bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri, apalagi ketika berbicara dan senyum di hadapan orang lain. Terlebih, gigi kuning juga bisa menyebabkan bau mulut.

Tak sedikit orang yang ingin memiliki gigi putih dan bersih. Bahkan ada pula yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan gigi putih berseri. Ada juga yang rela mengeluarkan biaya mahal ke dokter untuk melakukan pemutihan gigi atau bleaching.

Namun sebelum melakukan perawatan, sebaiknya Anda mengetahui apa yang menyebabkan gigi menjadi menguning. Gigi kuning bisa disebabkan berbagai faktor kebiasaan, misalnya malas sikat gigi.

Gigi kuning juga banyak dialami para perokok. Selain itu, warna kusam dan kekuningan pada gigi juga bisa disebabkan faktor makanan dan minuman.

Jika terlalu sering mengonsumsi makanan tertentu gigi tak hanya menjadi kuning, tetapi juga bisa menjadi kecoklatan. Kondisi ini tentu bisa menurunkan kepercayaan diri dan menyebabkan bau napas semakin busuk.

Lalu, apa saja makanan tersebut? Berikut adalah sederet makanan yang bisa menyebabkan gigi menjadi kusam dan kekuningan, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Kopi

Banyak yang gemar mengonsumsi kopi memiliki warna gigi kekuningan. Berbagai penelitian menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan rona gigi berkurang.

Kopi juga mengandung tanin yang bersifat asam. Kandungan tersebut akan meninggalkan noda pada gigi jika dikonsumsi terus menerus. Bahkan, senyawa tanin juga bisa membuat gigi rusak.

Jika tidak bisa berhenti mengonsumsi kopi, Anda bisa menambahkan susu untuk mengurangi dampak buruknya terhadap gigi. Susu sapi murni bisa menyehatkan dan memutihkan gigi berkat kandungan fosfor dan magnesium di dalamnya. Susu juga mengandung kalsium tinggi untuk menjaga kekuatan gigi.

 

3 dari 7 halaman

2. Minuman Bersoda dan Beralkohol

Selain kopi, minuman bersoda dan beralkohol juga bisa membuat gigi menjadi kuning. Banyak orang kerap minuman berkarbonasi yang biasanya menjadi menu dalam restoran makanan cepat saji.

Minuman bersoda memiliki sifat asam dan mengandung kromogen yang bisa membuat gigi mudah menguning. Minuman soda juga mengandung gula yang dapat merusak email gigi. Ketika mengonsumsi minuman bersoda dan beralkohol, pori-pori gigi akan terbuka dan menyerap kandungan dari minuman tersebut.

 

4 dari 7 halaman

3. Masakan Kari

Penyebab gigi kuning selanjutnya adalah masakan kari. Masyarakat Indonesia tak asing lagi dengan kari karena rasanya lezat. Namun, kuah makanan ini bisa membuat gigi menjadi kusam dan kuning.

Kari mengandung santan dan berbagai bumbu rempah yang membuat kuahnya menempel di gigi. Solusinya, Anda bisa menambahkan sayur bayam pada masakan kari untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan gigi.

 

5 dari 7 halaman

4. Makanan Manis

Makanan manis menjadi menu idaman sebagian besar orang. Namun, di balik rasanya yang lezat, makanan manis bisa membuat warna gigi menjadi kusam dan menguning. Beberapa makanan manis mengandung gula dan pewarna makanan yang bisa membuat gigi kuning.

Terlebih, makanan manis juga bisa menyisakan plak pada gigi dan membuat gigi berlubang. Dengan begitu, sebaiknya Anda mengurangi dan menghindari makanan manis termasuk permen, es krim, cokelat, dan lain sebagainya. Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan segar seperti stroberi yang bisa menjaga warna putih pada gigi.

6 dari 7 halaman

5. Saus dan Kecap

Penyebab gigi kuning selanjutnya adalah saus dan kecap. Keduanya menjadi penyedap makanan yang digemari banyak orang, tetapi tidak baik untuk kebersihan gigi.

Kecap dan saus akan meninggalkan noda karena warnanya yang pekat dan teksturnya kental. Keduanya akan mennggalkan noda yang menghalangi rona putih pada gigi. Selain saus dan kecap, cuka juga bisa menyebabkan gigi kuning karena mengandung zat asam cukup tinggi.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Gigi Kuning Secara Alami

Memiliki gigi putih dan merona bisa dilakukan secara alami jika Anda rajin menjaga kebersihan gigi dan mulut. Namun, Anda perlu bersabar karena memutihkan gigi dengan cara alami tidak bisa dilakukan secara instan seperti menggunakan jasa dokter.

Berikut adalah cara mengatasi gigi kuning secara alami dengan memelihara kesehatan dan kebersihan gigi:

- Rajin sikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride

- Menggosok gigi secara pelan-pelan dan menggunakan sikat gigi yang berbulu halus dan lembut

- Mengurangi dan menghindari makanan dan minuman manis, asam, dan mengandung kafein

- Minum dengan sedotan

- Tidak merokok

- Mengonsumsi buah segar seperti stroberi, jeruk, dan pisang

- Rajin meminum susu sapi segar bukan susu kental manis

 

Video Populer

Foto Populer