Sukses


7 Manfaat Durian untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Awet Muda

Bola.com, Jakarta - Durian merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Di balik kulitnya yang berduri tajam, durian memiliki daging bertekstur krim serta bau cukup tajam, sehingga buah ini banyak dinikmati di kawasan Asia termasuk Indonesia. 

Banyak orang menyukai durian lantaran rasanya yang lezat, namun ada pula orang membencinya karena baunya yang menyengat. Buah yang memiliki nama latin Durio zibethinus ini memiliki senyawa aromatik, sehingga baunya cukup tajam.

Di balik aromanya yang khas, durian menyimpan ragam nutrisi penting untuk kesehatan maupun kecantikan. Beberapa penelitian menemukan si raja buah ini dapat menjaga kulit supaya tetap awet mudah dan mencegah penuaan dini.

Menurut laporan Healthline, durian merupakan sumber karbohidrat cukup tinggi yang akan membantu meningkatkan energi seseorang. Buah berduri ini juga menyimpan lebih banyak nutrisi dibandingkan jenis buah-buahan lainnya.

Durian memiliki kandungan kalori dan lemak, serta menjadi sumber karbohidrat. Buah ini juga mengandung serat, protein, vitamin C, tiamin, mangan, vitamin B6, kalium, riboflavin, tembaga, folat, magnesium, hingga niasin.

Saking banyaknya nutrisi yang terkandung, manfaat dari buah durian tak perlu diragukan lagi. Lalu, apa saja manfaat buah durian?

Berikut adalah ragam manfaat buah durian untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa bikin kulit awet muda, seperti Bola.com rangkum dari Healthline, Senin (16/12).

2 dari 8 halaman

1. Mengobati Anemia

Anemia adalah masalahah kesehatan yang ditandai dengan mengurangnya tingkat hemoglobin pada darah. Kekurangan hemoglobin dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, insomnia dan lain-lain. Pada wanita hamil, anemia dapat menyebabkan kelainan dan kematian janin.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi anemia dengan mengonsumsi buah durian. Si raja buah ini mengandung asam folat atau asam folat dalam jumlah tinggi yang penting dalam produksi hemoglobin.

Selain itu, rendahnya kandungan zat besi dalam durian akan membantu produksi hemoglobin, sehingga akan menurunkan risiko anemia. Kandungan folat dalam durian juga penting bagi wanita hamil karena bisa meningkatkan pertumbuhan jaringan secara teratur serta melindungi otak dan tulang belakang dalam perkembangan bayi.

 

3 dari 8 halaman

2. Menjaga Kekuatan Tulang

Durian mengandung senyawa logam termasuk kalsium dan kalium. Kandungan kalsium dalam durian tergolong rendah, tetapi jumlah kalium hadir dalam durian akan memenuhi sekitar sembilan persen dari kebutuhan harian tubuh kita.

Kalium diperlukan untuk pengembangan tulang yang sehat. Meskipun mineral yang paling banyak dari tulang kita adalah kalsium, tetapi kalium juga berperan sangat penting untuk mengatur distribusi dan pengendapan kalsium dalam tulang sehingga tidak larut atau dilepaskan ke dalam darah secara berlebihan.

 

4 dari 8 halaman

3. Mengatasi Insomnia

Durian mengandung asam amino yang dikenal sebagai triptofan, yaitu senyawa penginduksi tidur alami. Kandungan triptofan ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar serotonin dan melatonin.

Kedua bahan kimia neuro itulah yang diperlukan untuk mengelola emosi seseorang. Senyawa serotonin sangat penting untuk menghilangkan stres, insomnia atau susah tidur, cemas, serta depresi. Selain itu, hormon jenis ini membantu mengatur fungsi tidur dan dapat digunakan dalam penyembuhan epilepsi.

 

5 dari 8 halaman

4. Melawan Kanker

Durian memiliki banyak vitamin, nutrisi, dan bahan kimia organik yang berfungsi sebagai antioksidan. Buah ini bermanfaat untuk melawan sel kanker dan menangkal radikal bebas.

Radikal bebas dapat menghancurkan DNA sel biasa dan mengubahnya menjadi sel kanker, yang kemudian dapat bermetastasis atau membentuk pertumbuhan tumor. Namun dengan mengonsumsi durian, Anda bisa mencegah semua penyakit kronis ini.

Kandungan antioksidan dalam buah durian juga bisa mengurangi stres oksidatif pada organ-organ tubuh sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya nutrisi seperti vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, serta fitonutrien yang akan memerangi sel-sel kanker.

 

6 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Estrogen merupakan hormon yang berperan dalam membantu proses kehamilan. Sebagian besar wanita yang memiliki masalah kesuburan biasanya memiliki kadar estrogen yang rendah dalam tubuh. Sebagai jalan keluarnya, para wanita langsung memilih cara untuk meningkatkan kesuburuan dengan mengonsumsi obat-obatan, suntikan, hingga suplemen.

Penelitian telah menunjukkan durian mengandung hormon tingkat tinggi dan dapat bertindak sebagai obat alami. Durian dapat menghasilkan libido dan stamina seksual yang intensif, dan juga mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria dan wanita, dan meningkatkan motilitas sperma.

 

7 dari 8 halaman

6. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

Durian mengandung serat makanan cukup tinggi yang penting untuk fungsi normal sistem pencernaan. Kandungan serat dapat melancarkan sistem pencernaan dan mendorong sisa makanan. Serat juga dapat merangsang gerakan peristaltik dan sekresi cairan pencernaan dan lambung, sehingga memudahkan seluruh proses.

Durian akan mengurangi kondisi seperti sembelit dan penyumbatan di usus, kondisi seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas, kram, dan gangguan pencernaan serta kanker kolorektal dapat diminimalkan.

Sebagian besar serat dalam durian adalah serat tidak larut, yang juga menurunkan frekuensi diare. Serat juga membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dengan membuang kolesterol LDL dari tubuh dan dengan cepat mengeluarkannya sebelum dapat merusak kinerja jantung.

 

8 dari 8 halaman

7. Mencegah Penuaan Dini

Durian memiliki berbagai macam sifat antioksidan yang berasal dari vitamin dan bahan kimia organik yang secara aktif mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi durian dalam jumlah berlebihan dapat secara serius meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menghilangkan radikal bebas, sehingga mengurangi kemungkinan penuaan dini dan menunda munculnya gejala seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula, rambut rontok, pelonggaran gigi, radang sendi, kanker, dan penyakit jantung.

Selain itu, kadar air yang tinggi dari durian memberikan keuntungan tambahan bersama dengan kandungan antioksidannya. Air menjaga kulit tetap terhidrasi, mengurangi kekeringan dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Ini juga memelihara kulit untuk tetap halus.

Sumber: Healthline, UTM

Video Populer

Foto Populer