Sukses


5 Cara Mengecilkan Betis dalam Satu Minggu, Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Memiliki tubuh ideal dan ramping merupakan impian banyak orang di berbagai belahan dunia, terutama kaum wanita. Terkadang bentuk tubuh atau bagian tubuh yang besar dan gemuk bisa membuat orang minder, termasuk betis.

Ukuran betis yang besar kerap menjadi salah satu masalah yang dihadapi wanita. Selain mengurangi tingkat kepercayaan diri, betis yang besar juga terkadang bisa menyulitkan wanita dalam berpakaian. Misalnya, kesulitan dalam mencari ukuran celana.

Betis besar bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya adalah timbunan lemak pada betis. Betis besar yang berlemak biasanya cenderung bergelambir, alias tidak kencang.

Banyak wanita yang mencari cara ampuh untuk mengecilkan betis supaya bisa tampil lebih percaya diri.  Beberapa orang melakukannya dengan mengonsumsi obat-obatan, melakukan perawatan pengikisan lemak, hingga menggunakan lotion penghilang lemak.

Namun, semua cara tersebut tergolong tidak alami dan bisa berdampak bagi kesehatan lainnya.

Lalu, bagaimana cara alaminya? Berikut adalah cara mengecilkan betis secara alami dan cepat yang mudah dilakukan, seperti Bola.com rangkum dari Superskinny, Selasa (17/12/2019).

2 dari 6 halaman

1. Lakukan Maraton Bukan Sprinter

Beberapa orang memilih lari sebagai cara untuk mengecilkan betis. Tapi, ada yang keliru dalam memilih antara lari cepat dan lari jarak jauh.

Ada yang berpendapat semakin cepat berlari, maka semakin efektif lemak di betis menghilang. Padahal lari cepat bisa membuat seseorang mudah lelah. Anda sebaiknya melakukan lari dengan intensitas sedang namun bisa menempuh jarak lebih jauh.

Bahkan, para pelari jarak jauh atau maraton biasanya memiliki kaki yang langsing dan kencang dibandingkan dengan kaki pelari cepat (sprinter) yang cenderung lebih besar. Marathon akan lebih efektif untuk mengecilkan betis daripada berlari dengan cepat dalam waktu singkat dan jarak dekat.

Menurut laporan Superskinny, rutin berolahraga maraton akan lebih efektif untuk melangsingkan kaki, mulai dari paha hingga betis. Latihan ini bisa dilakukan pada pagi hari atau sore hari selepas beraktivitas. Selain itu, Anda juga perlu seimbangi dengan pola makan sehat dan hindari makanan berlemak.

 

3 dari 6 halaman

2. Latihan Squat Jump

Olahraga squat jump adalah gerakan yang berfungsi untuk melatih otot paha, betis, pinggul dan bokong. Gerakan ini juga mampu memperkuat hamstring, tulang, ligamen dan tendon di bagian bawah tubuh.

Latihan squat jump juga dapat membangun anabolik yang berguna pembentukan otot seluruh tubuh, termasuk betis. Olahraga yang satu ini juga diyakini bisa menurunkan berat badan, sehingga jangan heran jika squat jump banyak digermari para wanita.

Latihan ini juga bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Caranya, pertama-pertama berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu. Kemudian, letakkan kedua tangan pada pinggang dan tekuk lutut dengan perlahan hingga membentuk sudut 90 derajat. Pastikan posisi punggung dalam keadaan lurus dan tidak bungkuk. Fokuskan pandangan ke depan dan angkatlah tubuh secara perlahan hingga kembali pada posisi awal.

 

4 dari 6 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu cabang olahraga yang kerap dijadikan alat transportasi dan diminati banyak orang, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Bersepeda merupakan salah satu solusi untuk menurunkan berat badan.

Menurut American College of Sports Medicine, bersepeda selama 30 menit setiap hari dapat membakar lemak di betis dengan cepat. Aktivitas ini juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak di seluruh tubuh.

Agar hasilnya lebih maksimal, bersepedalah sebanyak 5 kali seminggu. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan daya tahan otot di betis, glutes, paha depan, dan paha bagian belakang (hamstring).

 

5 dari 6 halaman

4. Lompat Tali

Lompat tali merupakan permainan yang gemar dilakukan oleh anak-anak. Namun ternyata kegiatan ini dapat digunakan sebagai salah satu cara lain untuk membakar lemak tubuh, terutama pada bagian betis.

Lompat tali atau skipping akan membantu tubuh untuk membakar kalori dan lemak, terutama pada bagian betis yang besar. Ketika melakukan lompat tali, betis akan menjadi penopang seluruh tubuh.

Untuk melakukan latihan ini, Anda perlu menyiapkan alat berupa tali skipping dan area yang agak luas. Anda bisa melakukan latihan ini di halaman rumah pada pagi atau sore hari.

Cara melakukannya cukup mudah, Anda harus berdiri tegak terlebih dahulu, kemudian buka kaki selebar bahu, rentangkan kedua tali dengan tetap menjaga siku di dekat tubuh, lalu mulailah melakukan lompatan.

 

6 dari 6 halaman

5. High Lunge

Cara mengecilkan betis besar selanjutnya adalah gerakan high lunge. Latihan ini merupakan gerakan atau pose dalam olahraga yoga yang menyerupai hewan kerbau saat akan menyeruduk musuhnya. Ketika melakukan gerakan ini, otot kaki akan ditarik sejauh mungkin ke belakang tubuh, terutama otot betis.

Gerakan high lunge dimulai dengan menekuk lutut kanan dan menarik kaki kiri ke belakang tubuh. Lalu, hanya bagian jari kaki yang harus menempel pada matras.

Kemudian, bungkukkan badan ke arah lutut dengan meletakkan beban tubuh pada lutut dan paha. Dalam posisi ini, kedua tangan harus diarahkan ke atas, kemudian kepala pandangan menghadap lurus ke depan. Setelah itu, tahan selama 30 detik sebelum mengganti kaki kanan ke belakang tubuh.

Sumber: Superskinny

Video Populer

Foto Populer