Sukses


8 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Atasi Rambut Rontok

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengonsumsi buah kelengkeng? Ya, buah yang satu ini banyak ditemui di Indonesia dan bisa tumbuh di negara tropis. Buah berbentuk bulat kecil ini juga banyak dijual di pasaran.

Kelengkeng bisa dikonsumsi bagi pria maupun wanita, serta anak-anak hingga orang dewasa. Buah ini memiliki cangkang atau kulit berwarna coklat yang sedikit kaku.

Buah kelengkeng memiliki kesegaran yang khas. Selain rasanya lezat dan segar, kelengkeng bermanfaat bagi kesehatan secara menyeluruh mulai dari rambut, kulit, atau organ tubuh lainnya. Buah berasal dari Asia Tenggara ini memiliki nama ilmiah Dimocarpus longan.

Tak kalah dengan jenis buah pada umumnya, kelengkeng juga mengandung serat, vitamin, dan mineral cukup tinggi. Kandungan serat tersebut tentu baik bagi kesehatan, terutama sistem pencernaan.

Apabila memetik atau mengonsumsi 5-6 buah kelengkeng, Anda sudah bisa memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh. Kelengkeng juga mengandung senyawa antioksidan guna mencegah berbagai penyakit.

Mengutip dari Healthline, setiap 100 gram buah kelengkeng mengandung protein sebanyak 1,3 gram, karbohodrat sebanyak 15 gram, serat sebanyak 1,3 gram, 84 miligram vitamin C, kalsium sebanyak satu miligram, dan masih banyak lagi nutrisi lainnya.

Berikut adalah segudang manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan hingga kecantikan. Bahkan, buah kelengkeng juga mampu mengatasi berbagai penyakit.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Kelengkeng bagi Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah kelengkeng dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menyehatkan pembuluh darah karena mengandung vitamin C cukup tinggi. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari penyakit jantung akibat rusaknya dinding pembuluh darah.

Vitamin C dalam buah kelengkeng berperan dalam memperbaiki dinding pembuluh darah, dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.

2. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Kelengkeng merupakan satu di antara buah-buahan yang mampu mencegah penyakit ginjal. Buah bulat bercangkang cokelat ini mengandung mineral cukup tinggi guna mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal. Kelengkeng juga mengandung fosfor untuk menyaring racun dalam tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Kelengkeng atau Dimocarpus longan terbukti ampuh menurunkan berat badan, karena mengandung serat yang bernilai tinggi. Kelengkeng akan membantu mengeluarkan kalori dan melancarkan pencernaan. Mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin juga akan membuat Anda tidak cepat lapar ataupun haus.

4. Mengatasi Diabetes

Buah kelengkeng dipercaya mampu mengobati diabetes. Sebuah penelitian menemukan kandungan fenolik buah kelengkeng mampu menurunkan kadar glukosa darah, sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

5. Menguatkan Tulang

Tak kalah dengan susu, buah kelengkeng juga memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Rajin mengonsumsi kelengkeng bisa menguatkan tulang dan mencegah osteporosis. Buah ini juga mengandung zat fosfor yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Riboflavin merupakan senyawa penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan pada 2005 dalam “Archives of Ophthalmology”, kekurangan riboflavin dapat meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak.

Anda bisa mencegah gangguan kesehatan mata dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng yang dipercaya bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38 persen untuk pria dan 45 persen untuk wanita berdasarkan angka kecukupan gizi per hari.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Kelengkeng bagi kecantikan

7. Mempercantik Kulit

Selain untuk kecantikan, nutrisi dalam buah kelengkeng juga bermanfaat bagi kecantikan, yakni menyehatkan kulit. Buah kelengkeng mengandung vitamin C yang dapat melembapkan kulit dan meningkatkan kolagen. Selain dimakan langsung, Anda bisa memisahkan daging kelengkeng dari bijinya. Kemudian dagingnya diblender untuk dijadikan masker wajah.

8. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Rambut

Vitamin C dalam kelengkeng juga bisa membantu menyehatkan kulit kepala, sehingga menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Kandungan protein dalam buah kelengkeng juga dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan kualitas rambut.

Sumber: Healthline, Science Direct

Video Populer

Foto Populer