Sukses


7 Manfaat Biji Mangga yang Jarang Diketahui, Bikin Awet Muda

Bola.com, Jakarta - Mangga merupakan salah satu jenis buah-buahan tropis. Buah yang berasal dari Asia Selatan itu kini telah menyebar hingga Indonesia.

Buah mangga kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya daging buahnya, biji mangga pun berguna bagi kesehatan dan kecantikan.

Namun masih banyak yang menganggap sepele dan langsung membuang biji mangga. Padahal, biji mangga juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Biji mangga terdiri dari lapisan keras yang menutupi kernel yang mengandung minyak, protein, abu, serat, karbohidrat, fosfor, magnesium, natrium, dan kalsium di dalamnya. Biji buah mangga juga memiliki senyawa bioaktif, fenolik, asam lemak tak jenuh, dan antioksidan.

Tapi bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya secara langsung tanpa diolah. Ekstrak biji mangga hanya bisa dikonsumsi jika sudah matang, dan cara pengolahannya dengan dijadikan bentuk bubuk, mentega, ataupun minyak.

Misalnya di Meksiko, di sana biji mangga kerap dijadikan sebagai salah satu bahan pada saus tradisional. Biji mangga juga bisa dijadikan sebagai bahan minuman infused dan dikonsumsi dalam bentuk suplemen ekstrak biji mangga.

Lalu, apa saja manfaat buah mangga? Berikut adalah manfaat biji mangga bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Biji Mangga untuk Kesehatan

1. Mengontrol Diabetes

Sebuah penelitian menemukan ekstrak etanol dalam biji mangga memiliki sifat anti-diabetik yang efektif dalam mengatasi penyakit diabetes. Senyawa tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan.

Biji mangga sangat disarankan bagi pengidap diabetes, dan bagi Anda yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Biji buah mangga akan sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

2. Mengobati Peradangan

Sebuat studi dalam International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menyatakan senyawa fenolik dalam biji mangga bermanfaat dalam menjaga aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa itulah yang akan membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan encok, sistem pencernaan, dan penyakit kronis lainnya.

3. Mengurangi Risiko Diare

Masyarakat India telah menggunakan biji mangga sebagai obat diare. Sebuah penelitian dalam Journal of Ethnopharmacology, mengatakan ekstrak biji mangga memiliki sifat anti-mikroba yang akan menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aereus.

Streptococcus aereus adalah salah satu bakteri patogen yang dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan, termasuk diare.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Biji mangga bermanfaat untuk meningkatkan toleransi glukosa dan juga profil lipid, serta dapat mengurangi obesitas. Asupan ekstrak biji mangga juga bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat biji mangga juga bisa menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

5. Mencegah Kanker

Biji mangga mengandung senyawa seperti antioksidan, fitokimia, dan asam galat yang bermanfaat untuk mencegah kanker. Selain itu, efek antipoliferatif dari ekstrak etanol biji mangga mampu menurunkan risiko kanker payudara pada wanita.

Buah mangga tidak hanya dapat dimakan dagingnya saja, namun bijinya juga dapat dikonsumsi dan banyak manfaatnya bagi kesehatan Anda.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Biji Mangga untuk Kecantikan

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam biji mangga, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Manfaat biji mangga juga bisa menunda penuaan dini sehingga terlihat awet muda. Biji mangga juga mampu mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, dan kerutan pada wajah. Terutama jika digunakan dalam bentuk bubuk.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Tak hanya untuk kulit, biji mangga juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mengendalikan uban yang keluar terlalu dini. Mentega biji mangga sangat cocok digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut dari kerontokaan.

Sumber: Stylecraze, Sciencedirect

Video Populer

Foto Populer