Sukses


5 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan, Hasilnya Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Buah pir (pear) adalah salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Buah yang memiliki nama latih pyrus ini biasa dijadikan pencuci mulut, alias makanan penutup.

Buah pir memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga disukai banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pir mengandung mineral cukup tinggi, sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih segar setelah mengonsumsinya. Buah ini memiliki ragam bairetas seperti Pir Bartlett, Bosc, dan D'Anjou. Kendati jenisnya berbeda, buah pir sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Menurut Healthline, buah pir mengandung provitamin A yang dapat mendukung kesehatan kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Pir juga mengandung folat dan niasi untuk meningkatkan energi. Di balik rasanya yang segar, buah pir menyimpan kandungan mineral seperti tembaga dan kalium.

Buah pir merupakan sumber nutrisi penting yang meliputi protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Semua kandungan dalam buah pir tentu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut adalah ragam manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan, seperti Bola.com rangkum dari Healthline dan Medical News Today, Kamis (19/12/2019).

2 dari 6 halaman

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pir mengandung serat cukup tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat akan membantu menjaga keteraturan usus dalam memproses dan melunakkan sisa makanan menjadi tinja. Sehingga Anda akan terhindar dari sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

Kandungan serat larut dalam buah pir juga dapat menjadi asupan untuk bakteri baik dalam usus atau prebiotik. Bakteri baik ini berhubungan dengan penghambat penuaan dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Supaya manfaatnya lebih optimal, seseorang dianjurkan mengonsumsi buah pir bersamaan dengan kulitnya. Kulit buah pir mengandung serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan usus.

3 dari 6 halaman

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah pir mengandung senyawa anthocyanin yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Sebuah penelitian membuktikan rajin mengonsumsi satu buah pir setiap hari mampu mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung koroner maupun serangan jantung.

Buah pir juga kaya akan mineral penting seperti tembaga dan kalium. Senyawa tembaga berperan dalam sistem imunitas, metabolisme kolesterol, dan fungsi saraf. Sedangkan kalium dapat membantu kontraksi otot dan memelihara fungsi jantung.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Mengobati Diabetes

Buah pir sangat baik dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki risiko penyakit diabetes atau kadar gula tinggi. Buah ini merupakan sumber antioksidan flavonoid yang berperan dalam membantu melawan peradangan yang berkaitan dengan diabetes.

Menurut Healthline, asupan flavonoid dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Manfaat ini dikarenakan buah pir mengandung senyawa antioksidan dan anti-iflamasi.

Terlebih lagi, pir mengemas beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga dan vitamin C dan K, yang juga memerangi peradangan pada pasien diabetes. Pir dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2 Anda karena kandungan serat dan antosianinnya.

5 dari 6 halaman

4. Melawan Kanker

Buah pir mengandung berbagai senyawa yang dapat menunjukkan sifat antikanker. Misalnya, kandungan antosianin dan asam sinamatnya telah terbukti dapat melawan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan, termasuk pir, dapat melindungi terhadap beberapa kanker, termasuk kanker paru-paru, lambung, dan kandung kemih.

Beberapa studi populasi menunjukkan bahwa buah-buahan kaya flavonoid seperti pir juga dapat melindungi terhadap kanker payudara dan ovarium, menjadikan buah ini pilihan yang sangat cerdas untuk wanita.

 

6 dari 6 halaman

5. Menurunkan Berat Badan

Buah pir rendah kalori, tinggi air, dan dilengkapi dengan serat. Kombinasi ini menjadikannya makanan yang cocok dijadikan menu diet dalam program penurunan berat badan, karena serat dan air dapat membantu Anda mudah kenyang.

Baca juga yang ini.

Sebuah studi membuktikan makan dua buah pir setiap hari mampu mengurangi lingkar pinggang hingga 2,7 cm.

Penelitian lain menemukan mengonsumsi tiga buah pir per hari dapat menghilangkan satu kilogram berat badan dalam waktu satu bulan. Makan buah pir secara teratur dapat membantu Anda merasa kenyang karena jumlah air dan seratnya yang tinggi. Pada gilirannya, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Sumber: Healthline, Medical News Today

Video Populer

Foto Populer