Sukses


12 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan dan Kecantikan, Hasilnya Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang tentu pernah mengonsumsi telur baik telur rebus, telur dadar, hingga telur mata sapi. Namun biasanya, orang lebih menyukai bagian putih telur ketimbang kuning telur.

Putih telur dipercaya lebih sehat karena mengandung kalori, lemak dan kolesterol dalam jumlah cukup tinggi.

Sementara putih telur bisa dikonsumsi bagi mereka yang diet nasi, karena putih telur akan membuat kenyang lebih lama. Sayangnya, masih ada pula orang yang enggan mengonsumsi putih telur karena rasanya hambar dan amis.

Padahal putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Putih telur bahkan bisa dikonsumsi langsung ketika masih mentah. Putih telur ayam kampung biasanya banyak dikonsumsi sebagai jamu tradisional.

Putih telur juga banyak digunakan sebagai masker karena bermanfaat bagi kecantikan seperti mengencangkan kulit dan mengatasi masalah jerawat.

Menurut Depatrment Pertanian Amerika Serikat, putih telur merupakan sumber protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat, serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.

Lalu, apa saja manfaat putih telur? Berikut adalah ragam manfaat putih telur untuk kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Menurut Healthline, putih telur mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan unuk meningkatkan fungsi otak dan saraf. Putih telur juga memiliki kandungan kolin yang dapat mengatur otak, sistem saraf, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Protein dalam putih telur membantu menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, tulang dan gigi. Kandungan vitamin D dalam putih telur juga bisa membuat tulang dan gigi semakin kuat karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk melihat, sehingga harus dijaga kesehatannya. Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan rajin mengonsumsi putih telur. Putih telur mengandung zeaxanthin lebih banyak dibanding sayuran. Putih telur dapat mencegah degenerasi pada makula dan menurunkan risiko katarak.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Putih telur mengandung senyawa antioksidan guna menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi putih telur secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menjaga tubuh tetap ideal dan menurunkan berat badan, putih telur adalah solusi yang tepat. Protein dalam putih telur dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dapat mengurangi keinginan untuk mengemil dan menurunkan asupan kalori karena putih telur mengandung rendah kalori di bandingkan kuningnya.

3 dari 3 halaman

Manfaat Masker Putih Telur untuk Kecantikan

6. Mengecilkan Pori-Pori

Apakah Anda memiliki lubang pori-pori besar di wajah? Bagi Anda yang memiliki pori-pori terbuka lebar perlu mencoba manfaatkan putih telur sebagai masker. Caranya, campurkan satu sendok teh putih telur dengan air perasan lemon.

Kemudian oleskan ramuan tersebut secara merata ke seluruh wajah atau cukup di daerah yang berpori-pori besar. Tunggu hingga mengering, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini selama dua kali dalam satu minggu, dan pori-pori di wajah akan menyusut.

7. Mengencangkan Kulit

Masker putih telur dipercaya mampu mengencangkan kulit wajah yang kendur dan keriput. Anda bisa mencobanya dengan mengoleskan putih telur secara tipis-tipis di wajah. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih.

8. Mengurangi Minyak di Wajah

Putih telur mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga sangat baik bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak. Perawatan yang dilakukan sama dengan perawatan mengecilkan pori-pori. Hanya saja, Anda perlu membersihkan wajah anda terlebih dahulu sebelum mengoleskannya.

9. Mencegah Jerawat dan Bekas Jerawat

Jerawat timbul bisa disebabkan sekresi sebum berlebih ke permukaan kulit. Namun tak perlu khawatir, putih telur dapat menjadi solusi mengatasi masalah tersebut.

Caranya, oleskan putih telur yang dicampurkan dengan 2 tetes tea tree oil dan usapkan secara perlahan dengan ujung jari. Akan tetapi, pastikan bahwa ujung jari yang Anda gunakan untuk mengusapkan putih telur sudah bersih.

10. Menyingkirkan Bintik Hitam di Wajah

Bintik hitam di wajah bisa menjadi salah satu masalah yang bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang dalam berpenampilan. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan masker putih telur. Rutin mengusapkan putih telur ke wajah akan membuat pori-pori menjadi menciut, dan bintik hitam yang ada di wajah hancur.

11. Mengecilkan Kantung Mata

Putih telur dipercaya mampu mengecilkan kantung mata atau mata panda. Caranya Anda hanya perlu memijatkan dengan lembut putih telur di bagian kantung mata Anda menggunakan jari telunjuk perlahan-lahan. Setelah itu, bilas hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut. 

12. Menyamarkan Keriput dan Garis Halus di Wajah

Faktor usia mungkin akan membuat wajah seseorang menjadi keriput dan mulai muncul garis halus. Namun masker putih telur dapat menjadi solusinya. Dengan menggunakan perawatan ini sebanyak dua kali dalam satu minggu, kulit Anda akan terasa kencang dan tampak muda kembali.

Sumber: Healthline

Topi Legenda Tinju Floyd Mayweather Tiba-tiba Diambil Youtuber Jake Paul, Gimmick Nih?

Video Populer

Foto Populer