Sukses


7 Manfaat Kulit Mangga yang Sering Terabaikan, Bantu Turunkan Kolesterol

Bola.com, Jakarta - Kulit mangga sering terabaikan dan disepelekan. Biasanya orang hanya menyantap daging buahnya. Padahal kulit mangga memiliki manfaat untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Kulit buah mangga mampu mencegah sekaligus mengatasi berbagai jenis penyakit, termasuk diabetes dan penyakit kulit. Anda sebaiknya mengonsumsi buah mangga bersamaan dengan kulitnya.

Sebelum mengonsumsinya tentu Anda harus memerhatikan kebersihan dari luar kulit buah mangga supaya aman dikonsumsi. Anda perlu mencuci mangga hingga benar-benar bersih supaya zat kimia dan bakteri yang menempel tidak terkonsumsi ke tubuh.

Melansir dari Healthline, kulit mangga cukup melekat pada dagingnya. Sehingga, nutrisi dari kulit maupun dagingnya tidak berbeda jauh.

Kulit mangga mengandung nutrisi dan senyawa alami seperti polifenol, serat, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid. Semua nutrisi dalam kulit mangga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker.

Sebuah studi pun menunjukkan ekstrak kulit mangga memiliki kandungan antioksidan dan antikanker yang tinggi. Lalu, apa saja manfaatnya?

Namun sebelum mengetahui sederet manfaat kulit mangga, sebaiknya Anda mengetahui cara mengonsumsinya terlebih dahulu seperti berikut ini.

 

2 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Kulit Mangga

Sebagian orang tentu tak asing lagi dengan mengonsumsi buah mangga beserta kulitnya. Bahkan ada pula orang yang lebih menyukai memakan buah mangga tanpa dikupas, terutama ketika dikonsumsi sebagai rujak buah.

Kulit mangga sangat dianjurkan bagi semua kalangan, baik pria maupun wanita. Kulit buah yang satu ini mengandung rendah kalori dan serat tinggi. Sama seperti daging buahnya, kulit mangga juga menyimpan vitamin A, C dan E, serta memiliki kandungan folat, B6, zat besi, hingga kalsium.

Kulit mangga merupakan sumber antioksidan baik serta mengandung phytochemical yang diperlukan oleh tubuh untuk memelihara kesehatan dan mencegah penyakit. Tapi sayangnya masih ada orang yang enggan mengomsumsi kulit mangga.

Jika tak suka mengonsumsinya langsung, Anda bisa mengolah jus mangga beserta kulitnya supaya tak perlu repot mengunyahnya. Selain itu, Anda juga bisa meminum air rebusan kulit mangga secara rutin untuk tubuh yang lebih sehat dan bugar.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Mangga untuk Kesehatan dan Cegah Penyakit

Kulit mangga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak. Sehingga kulit buah yang satu ini mampu mencegah berbagai penyakit seperti berikut ini:

1. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Tak kalah penting dari dagingnya, kulit mangga juga memiliki vitamin C dan serat tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Kulit buah tropis ini juga kaya akan kalium yang amat dibutuhkan tubuh. Kalium berfungsi menyeimbangkan sel cairan tubuh guna mengontrol tekanan darah dan detak jantung. Terlebih, kulit mangga dipercaya mampu menurunkan kolestrol dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker

Kulit mangga mengandung pektin, serat makanan yang larut secara efisien menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa ini juga dapat mencegah perkembangan sel kanker prostat.

Sebuah studi dari The European Prospective Investigation of Cancer menemukan adanya hubungan kuat antara buah mangga dan kulitnya, yakni untuk menurunkan risiko kanker, khsusunya pada saluran pencernaan.

3. Mengatasi Obesitas

Manfaat lain dari kulit mangga adalah mencegah obesitas dan menurunkan berat badan. Kulit buah ini mengandung serat tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dan bisa menurunkan kalori.

Kulit buah mangga berperan penting menghilangkan masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Kulit mangga mengandung bahan bioaktif guna meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Kandugan serat dalam kulit mangga juga akan membantu melancarkan sistem pencernaan agar sisa makanan tidak tertimbun lama di tubuh dan menyebabkan menjadi gemuk.

4. Bantu Sembuhkan Anemia

Kulit mangga dipercaya dapat menyembuhkan anemia atau kekurangan sel darah. Kulit pada buah mangga memiliki zat besi yang dapat membantu menghilangkan anemia dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menemukan ekstrak kulit mangga memiliki sifat anti-diabetik yang efektif dalam mengatasi penyakit diabetes. Kandungan tersebut akan mengurangi kadar gula darah dengan sangat signifikan.

Kulit mangga sangat disarankan bagi pengidap diabetes, dan bagi Anda yang memiliki risiko terkena penyakit diabetes. Kulit buah mangga akan sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula dalam darah.

Caranya, Anda bisa mengolah jus mangga beserta kulitnya, atau meminumnya dengan cara direbus.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Mangga untuk Kecantikan

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Tingginya kadar antioksidan yang terkandung dalam buah mangga, membuatnya dapat memperbaiki kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Buah mangga sangat bermanfaat baik daging, biji, maupun kulitnya.

Manfaat kulit mangga juga bisa menunda penuaan dini sehingga terlihat awet muda. Kulit mangga juga mampu mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan, dan kerutan pada wajah.

Caranya, Anda bisa menghaluskan kulit mangga dengan blender. Gunakan masker kulit mangga secara rutin dua hari satu kali.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Tak hanya untuk kecantikan kulit, bahkan kulit mangga juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe, serta mencegah berbagai kerusakan rambut seperti rambut kering dan bercabang.

Masker biji mangga sangat cocok digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut dari kerontokaan.

Sumber: Healthline

Video Populer

Foto Populer