Sukses


5 Cara Atasi Sakit Perut Setelah Makan Pedas, Alamiah dan Sederhana

Bola.com, Jakarta - Menyantap makanan pedas menjadi salah satu kegemaran masyarakat Indonesia. Namun, tak jarang sakit perut muncul karena terlalu banyak menyantap makanan pedas. 

Cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas bisa menggunakan beberapa minuman dari bahan alami. Beberapa minuman seperti air rebusan jahe, teh chamomile, hingga campuran lemon dan madu dapat mengatasinya dengan baik. 

Konsumsi makanan pedas pada sebagian orang dapat menimbulkan rasa sakit perut dan sensasi melilit pada perut. Rasa sakit pada perut setelah makan pedas dipicu oleh senyawa kimia yang disebut capsaicin. Capsaicin ini berikatan dengan reseptor saraf yang mengantarkan sinyal nyeri menuju otak.

Cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas bisa menggunakan cara alami yang sederhana. Namun, makan makanan pedas secara berlebihan tetap tidak disarankan karena bisa mengakibatkan efek jangka panjang pada lambung.

Berikut dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/1/2020), tentang cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas.

 

2 dari 6 halaman

1. Air Rebusan Jahe

Cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas yang pertama adalah minum air rebusan jahe. Jahe telah lama dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah perut.

Senyawa antiradang pada jahe diyakini dapat meringankan keluhan sakit perut, perut kembung, diare, mual dan muntah, hingga irritable bowel syndrome (IBS).

Anda bisa mengonsumsi jahe untuk mengatasi sakit perut setelah makan pedas dengan berbagai cara. Anda bisa mencampurnya dengan teh, mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, atau mengolahnya dengan cara yang paling sederhana, yakni direbus.

 

3 dari 6 halaman

2. Campuran Lemon dan Madu

Campuran lemon dan madu juga bisa menjadi cara mengatasi perut sakit setelah makan pedas. Jadi, ketika makan pedas membuat sakit perut, Anda bisa meminum campuran lemon dan madu. Campuran ini juga dapat meredakan pedas pada mulut.

Madu mengandung butiran gula alami yang menyerap capsaicin, sementara lemon yang bersifat asam dapat menetralisasi capsaicin dengan cara mengikat molekulnya. Namun, berhati-hatilah jika memiliki penyakit lambung.

 

4 dari 6 halaman

3. Minum Teh Chamomile

Minum teh chamomile juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas. Teh chamomile juga memiliki senyawa yang dapat meredakan peradangan, merangsang pengeluaran gas, dan membuat otot saluran pencernaan menjadi rileks.

Oleh karena itu, teh chamomile dipercaya sebagai salah satu cara yang dapat membantu mengatasi sakit perut setelah makan pedas. Terkadang, sakit perut bisa bertambah parah karena makanan pedas menyebabkan produksi asam lambung meningkat.

Teh chamomile dapat membantu mencegah hal ini dengan menurunkan produksi asam lambung.

 

5 dari 6 halaman

4. Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Melarutkan Capsaicin

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi sakit perut setelah makan pedas adalah dengan menghilangkan penyebabnya, yaitu capsaicin. Untuk mengurangi efek capsaicin pada tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat melarutkannya.

Lemak dapat melarutkan capsaicin, jai kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan dan minuman seperti susu full-fat, yogurt, selai kacang, atau sedikit minyak zaitun.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan roti dan nasi. Walaupun tidak bisa melarutkan capsaicin, keduanya mampu menyerap senyawa ini dengan baik.

6 dari 6 halaman

5. Menggunakan Kompres Hangat

Selain dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman sebagai cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas, Anda juga bisa menggunakan kompres hangat. Kompres hangat memang tidak mengatasi sakit perut secara langsung.

Namun, sensasi hangat yang dirasakan akan mengalihkan Anda dari rasa sakit dan melemaskan otot-otot saluran pencernaan.

Gunakanlah kain lap yang dibasahi air hangat, botol berisikan air hangat, atau heating pad. Tempelkan pada perut saat sakit mulai terasa, tapi jangan menggunakannya terlalu lama agar kulit tidak iritasi.

Walaupun beberapa cara mengatasi sakit perut setelah makan pedas ini cukup ampuh, bukan berarti Anda bisa makan pedas secara berlebihan. Hal ini disebabkan karena makan makanan pedas dapat menimbulkan efek jangka panjang pada lambung.

Selain itu, periksakan diri ke dokter jika sakit perut setelah makan pedas tidak kunjung berkurang.   

Video Populer

Foto Populer