Sukses


Cegah Virus Corona, Kemenpora dan Kemenkes Minta Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 Ditunda

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merekomendasikan agar kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 ditunda mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona.

Rekomendasi penundaan itu disampaikan langsung lewat dua surat, baik dari Kemenpora bernomor 2.14.9/SET/II/2020 dan Kemenkes bernomor SR.04.01/C.II/539/2020.

Surat Kemenpora, yang ditandatangani Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, merujuk pada pernyataan Kemenkes agar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menunda kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 sembari menunggu hingga ada konfirmasi lebih lanjut terkait aspek keamanan dan kesehatan.

"Kemenpora selaku lembaga yang bertanggung jawab dalam bidang keolahragaan sebagaimana tersebut dalam UU BN No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional menginstruksikan kepada Saudara untuk menunda pelaksanaan kegiatan FIBA Asia Cup 2021 di Indonesia," tulis surat tersebut.

"Yang akan menghadirkan tim basket Korea Selatan dan Filipina pada tanggal 20 dan 23 Februari sampai dengan konfirmasi lebih lanjut, aspek keamanan kesehatannya dari Kementerian Kesehatan."

Sementara surat dari Kemenkes menyatakan bahwa instruksi penundaan itu menjadi langkah dalam mewaspadai mekanisme penularan yang belum terkonfirmasi hingga saat ini.

"Masih banyak informasi yang belum diketahui terkait COVID-19, seperti belum diketahui mekanisme penularan COVID-19, apakah melalui percikan saat batuk atau bersin (droplet) atau melalui udara (airbone) yang lebih menular."

"Selain itu, beberapa kasus konfirmasi di negara terjangkit, terdeteksi pada pasien yang belum memiliki gejala. Sehingga sulit menentukan lebih awal apakah seseorang terjangkit COVID-19 atau tidak," tulis surat Kemenkes yang ditandatangani Sekjen Kemenkes Oscar Primadi.

Mengingat hingga saat ini penularan masih terjadi, Kemenkes menginstruksikan agar penyelenggaraan kualifikasi FIBA Asia Cup ditunda hingga penanganan kasus wabah virus Corona mendapat sisi terang.

"Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, agar dipertimbangkan kembali rencana pelaksanaan kualifikasi FIBA Asia Cup di Indonesia," tulis surat itu.

 

2 dari 3 halaman

Fase Kualifikasi

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 sudah memasuki putaran akhir. Indonesia sudah melewati tiga babak untuk mencapai penyisihan utama.

Indonesia kemudian masuk Grup A bersama Filipina, Thailand, dan Korea Selatan. Menggunakan sistem kompetisi penuh, timnas basket bakal menjamu Korea Selatan (20 Februari) dan Filipina (23 Februari).

Timnas kemudian bertamu ke markas tiga rival sebelum menutup kampanye dengan menghadapi Thailand di markas sendiri, Februari tahun depan.

Dua tim teratas di tiap grup lolos FIBA Asia Cup 2021. Sementara enam penghuni peringkat tiga kembali diadu memperebutkan empat tempat tersisa.

Jadwal kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 lainnya juga sudah ditunda karena virus corona. Tiga laga yang ditunda adalah Filipina vs Thailand, Jepang vs Tiongkok, dan Tiongkok vs Malaysia.

Disadur dari: Liputan6.com (Harley Ikhsan/Jonathan Pandapotan Purba, published 15/2/2020)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer