Sukses


Mengintip 5 Mobil Tim Papan Atas F1 yang Telah Rilis untuk F1 2020

Bola.com, Jakarta - Tercatat sepuluh tim dan 20 pembalap akan mengikuti Formula 1 (F1) 2020. Lomba pembuka berlangsung di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, 15 Maret.

Rangkaian 21 lomba bakal ditutup oleh lomba di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, 29 November.

Kini mayoritas tim sudah memperkenalkan mobil yang akan digunakan sebagai 'alat tempur' di F1 2020.

Tim-tim seperti Scuderia Ferrari atau Red Bull Racing tentu mempunyai harapan besar terhadap mobil terbaru mereka. Utamanya untuk mengakhiri dominasi Mercedes.

Bola.com pun mengumpulkan lima mobil tim papan atas F1 2020 yang sudah melalui proses perkenalan kepada publik.

2 dari 6 halaman

Ferrari SF1000

Scuderia Ferrari jadi tim pertama yang secara resmi memperkenalkan mobil untuk F1 2020 pada 11 Februari lalu.

Mengusung tema teatrikal lantaran launching berlangsung di Romolo Valli Municipal Theatre di Reggio Emilia, mobil ini bernama SF1000.

Dinamakan SF1000 untuk merayakan keberhasilan tim ini menyentuh 1000 lomba di ajang F1 2020 pada balapan GP Prancis. Jika melihat livery, terlihat sama dengan mobil tahun sebelumnya.

Namun dari sisi sasis, tampak ada beberapa perubahan menonjol. Seperti SF1000 tampak lebih sempit dan compact. Kemudian ada tambahan tanduk di airbox dan desain bargeboard yang lebih rumit.

3 dari 6 halaman

Mercedes W11

Tim juara bertahan, Mercedes juga sudah merilis mobil tim untuk F1 2020 di Sirkuit Silverstone, Inggris, Jumat pekan lalu.

Mobil geberan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas ini bernama Mercedes W11. Dari sudut livery, dominasi warna perak masih menghiasi mobil ini.

Hanya saja pada beberapa bagian, muncul warna merah yang merupakan bentuk kerja sama tim dengan sponsor baru, Ineos. Bagian perubahan paling menarik dari sasis ada di sidepod yang kini desainnya lebih agresif.

4 dari 6 halaman

Red Bull RB16

Warna tradisonal tim masih dipertahankan ketima Red Bull Racing merilis mobil RB16 pada 12 Februari. Max Verstappen juga telah mengaspal dengan mobil ini di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Secara keseluruhan hampir tidak ada perubahan pada livery mobil. Namun dari sisi teknis, RB16 mengalami banyak ubahan demi mengakhiri dominasi Mercedes.

Paling ekstrem ada di bagian hidung mobil. Desain moncong menganut cape nose dan S-Duct yang ditambahkan tanduk. Di atas kertas, mobil ini memberikan efek efisiensi aliran angin dan gaya tekan lebih maksimal.

5 dari 6 halaman

AlphaTauri AT01

Tim dengan perubahan livery mobil paling agresif. Karena tim ini memang telah berubah nama dari Scuderia Toro Rosso menjadi Scuderia AlphaTauri Honda.

AlphaTauri sendiri masih salah satu merek di bawah Red Bull dan mobil bernama AT01 ini dirilis tepat pada Valentine Day di Red Bull Hangar-7 di Salzburg.

Mobil tim ini benar-benar telah menghilangkan warna biru yang jadi ciri khas livery Toro Rosso. Kini warna putih sangat dominan dengan beberapa hitam di beberapa area.

6 dari 6 halaman

McLaren MCL35

Diperkuat Lando Norris dan Carlos Sainz Jr, McLaren juga telah merilis mobil tim untuk F1 2020. Mobil ini dinamakan MCL35. 

Livery mobil tim ini cenderung sama dengan mobil musim lalu. Warna oranye buah pepaya dan biru masih sangat dominan di MCL35. 

Namun dari MCL35, McLaren memiliki ambisi besar pada F1 2020. Setelah mulai tembus tim papan tengah musim lalu, tahun ini, McLaren ingin mulai bersaing di papan atas. 

Seperti diketahui, McLaren merupakan tim yang sangat disegani di F1 pada masa lalu. Nama-nama pembalap seperti Hamilton atau Mika Hakkinen pernah jadi juara dunia dengan tim ini.

Video Populer

Foto Populer