Sukses


6 Makanan Penambah Stamina, Buah Pisang Sangat Disarankan

Bola.com, Jakarta - Melakukan aktivitas seharian bisa membuat Anda kelelahan. Anda perlu mengonsumsi makanan yang bisa menjaga dan menambah stamina.

Stamina adalah kekuatan untuk bertahan, baik secara fisik dan mental, dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain istirahat yang cukup, Anda jangan lupa untuk minum air putih setidaknya 8-10 gelas per hari.

Anda dapat juga menjaga stamina agar tetap optimal dengan mengonsumsi makananan penambah stamina. Faktanya semua makanan memberikan Anda energi.

Anda dapat membikin variasi menu makanan Anda dengan makanan sehat lainya yang bergizi seimbang. Makanan-makanan yang perlu Anda konsumsi yang mengandung sejumlah zat penting untuk tubuh, seperti karbohidrat kompleks, vitamin B, vitamin C, protein, zat Besi, serta potasium.

Dikutip dari Healthline, makanan-makanan ini cocok jadi penambah stamina Anda. Bola.com telah merangkum lima makanan yang dapat memberikan tambahan stamina untuk Anda, Kamis (20/2/2020).

2 dari 7 halaman

1. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan penambah stamina. Tingginya kandungan protein dan Leusin (Asam Amino) dalam telur bermanfaat dalam penyerapan gula dan metabolisme.

Protein yang terkandung dalam telur dapat menstabilkan stamina Anda secara berkelanjutan dan tidak menyebabkan penambahan gula darah dan insulin setelah dicerna.

Leusin (Asam Amino) juga paling banyak terkandung dalam telur, yang bermanfaat merangsang produksi stamina dalam sel dan meningkatkan pemecahan lemak.

Telur ayam kampung lebih dianjurkan dikonsumsi untuk mendapatkan dan menjaga stamina Anda.

3 dari 7 halaman

2. Buah Pisang

Pisang yang termasuk tumbuhan monokotil dapat tumbuh di mana saja dan mudah ditanam. Buah pisang dapat menjadi salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan stamina. 

Pisang mengandung serat yang membantu untuk mengatur kadar glukosa darah Anda. Pisang juga merupakan sumber karbohidrat, kalium dan vitamin B6 yang sangat baik membantu meningkatkan tingkat stamina dalam tubuh Anda.

Untuk para atlet sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Satu studi menyatakan mengonsumsi buah pisang dapat meningkatkan kinerja dan memiliki data tahan.

4 dari 7 halaman

3. Ikan

Mengonsumsi ikan juga akan mempercepat proses mengembalikan stamina yang hilang karena aktivitas yang padat. Ikan laut sangat dianjurkan karena memiliki lemak tak jenuh dan protein yang tinggi bisa membuat kenyang lebih lama.

Tuna dan salmon adalah sumber protein, asam lemak, dan Vvtamin B yang baik. Ikan-ikan tersebut cocok dimasukkan dalam menu makanan diet.

Dari hasil penelitian didapatkan hasil mengongsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi kelelahan, serta memenuhi kebutuhan stamina tubuh untuk meningkatkan performa dan ketahanan tubuh saat beraktivitas.

5 dari 7 halaman

4. Oatmeal Gandum

Biji-bijian yang terkandung dalam oatmeal seperti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang bertahan lebih lama dan bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama. Oatmeal juga tidak akan meningkatkan glukosa darah tidak seperti nasi.

Oatmeal juga kaya akan kandungan serat, vitamin B, zat besi serta mangan. Anda dapat mengonsumsi oatmeal pada pagi hari saat sarapan.

Oatmeal menjadi makanan yang sempurna untuk mendapatkan stamina berkelanjutan karena lama dicerna oleh tubuh. Anda dapat menikamti oatmeal dengan mengkombinasikan dengan hidangan lain seperti buah berjenis berry.

6 dari 7 halaman

5. Kopi

Kopi sering dijadikan pilihan utama saat anda merasa lelah dan kehilangan stamina. Kopi dapat menjadi menambah stamina lebih cepat.

Kafein yang terkandung di kopi dapat meningkatkan produksi epinefrin, yaitu hormon yang merangsang tubuh dan otak. Epinefrin dapat membuat tubuh Anda merasa waspada dan fokus.

Kopi memang efektif dalam menghasilkan enegeri. Namun perlu diingat, mengonsumsi kopi sewajarnya karena kandungan kafein pada kopi bila dikonsumsi berlebihan justru dapat menimbulkan penyakit, terutama pada lambung.

7 dari 7 halaman

6. Air Mineral

Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tubuh manusia memiliki kandungan air sekitar 50 persen-70 persen.

Tidak ada manusia yang bisa bertahan hidup dalam waktu lama tanpa mengonsumsi air. Kekurangan cairan pada tubuh Anda dapat menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi disebabkan hilangnya cairan dalam tubuh dan mengakibatkan keseimbangan gula garam tubuh terganggu dan tubuh tidak berfungsi normal. Maka itu perbanyaklah minum air mineral guna menambah stamina tubuh sekaligus membuang racun-racun berbahaya dalam tubuh.

Sumber: Healthline

Badminton Ganda Putri, Greysia Polii/Apriyani 2 vs 0 Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean

Video Populer

Foto Populer