Sukses


5 Tips Gaya Hidup Sehat, Harus Dipraktikkan dengan Konsisten

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesehatan sangat penting bagi setiap orang, bahkan perlu dimulai seraa dini. Salah satu menjaga tubuh adalah dengan mempraktikkan cara hidup sehat.

Anda dapat mencoba cara hidup sehat karena sangat bermanfaat baik secara jasmani dan rohani. Pada dasarnya, semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat.

Pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup dapat dilakukan.

Namun, terkadang kesibukan dan cuaca yang tak menentu dapat menghambat Anda untuk menjalani hidup sehat. Berbagai macam penyakit pun mengancam Anda.

Anda harus memperhatikan kebersihan Anda sendiri dan lingkungan serta makan apa yang baik dikonsumsi. Saat ini makanan organik sedang populer di kalangan masyarakat.

Mengonsumsi makanan organik merupakan salah satu cara gaya hdiup sehat yang dapat Anda lakukan. Bahan makanan yang tidak menggunakan bahan-bahan kimia dan pestisida.

Dalam menjalani pola hisup sehat, Anda harus membutuhkan kesabaran ekstra dan kelatenan agar dapat menjalaninya secara konsisten. Tak jarang sebagian orang ingin mendapatkan tubuh yang sehat dengan cara instan dan juga memerlukan biaya yang banyak.

Padahal banyak cara-cara instan tersebut yang tidak baik dan dapat berakibat buruk pada diri sesesorang. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/2/2020), tentang lima cara hidup sehat.

2 dari 6 halaman

1. Sering Mengonsumsi Air Putih

Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup di dunia ini. Tak ada satu pun makhluk yang bisa bertahan hidup lama tanpa air.

Tubuh manusia berisi sekitar 60 persen cairan, sehingga air putih sangat vital untuk menjaga sistem tubuh. Anda dianjurkan untuk meminum air putih secara berkala.

Anda setidaknya membutuhkan 2 liter air putih atau 8 gelas sehari. Jika kita kurang mengonsumsi air putih, dehidrasi adalah salah satu dampak dari kekurangan cairan dalam tubuh Anda.

3 dari 6 halaman

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi Organik

Mengonsumsi makanan yang bergizi dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Memperbanyak makan sayur dan buah dapat membantu tubuh lebih sehat.

Anda juga butuh mengonsumsi makanan yang kaya serat, vitamin, dan memiliki kandungan gula rendah. Makanan yang Anda makan dapat memengaruhi tubuh Anda dalam bekerja.

Sangat penting bagi Anda memilih makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, perhatikan juga porsi makan Anda dan bijak dalam mengelola makanan tersebut.

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan pengawet. Alangkah baik jika bisa mencoba mengonsumsi makanan organik.

Apa itu makanan organik? Makanan yang dihasilkan tanpa memberikan pestisida dan pupuk kimia dalam proses pertumbuhannya dan tidak mengandung organisme hasil rekayasa genetika serta bebas dari paparan radiasi.  

4 dari 6 halaman

3. Hindari Stres

Padatnya aktivitas yang Anda jalani kadang memicu munculnya pusing kepada. Belum lagi kemacetan, masalah rumah tangga, hingga masalah hubungan asmara menambah hidup Anda terbebani.

Saat Anda merasakan stres, tubuh akan merespons dengan cara yang berbeda-beda. Dilansir dari laman Hellosehat.com, stres bersifat kronis dan berdampak pada kesehatan Anda keseluruhan.

Oleh karena itu, Anda dapat menjaga hidup agar tetap sehat dengan menghindari aktivitas yang membuat stres. Berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang dijalankan membuat Anda merasa lebih relaks.

Tenangkan diri Anda agar terhindar dari tekanan dan mencoba untuk meditasi. Meditasi adalah menenangkan pikiran dan menenangkan jiwa. Stres dapat menjadi sumber penyakit dan gangguan kesehatan.

5 dari 6 halaman

4. Perbanyak Olahraga

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, rajin berolahraga dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang sehat.  Rutin berolahraga bukan hanya cara hidup sehat untuk Anda yang berusia muda, tetapi semua kalangan.

Usahakan untuk tetap aktif secara fisik agar memiliki tubuh yang bugar. Banyak manfaat yang didapat dari berolahraga.

Bagi yang tak terbiasa berolahraga atau memiliki kesibukan dapat melakukan olahraga ringan seperti berlari-lari mengelilingi rumah atau lingkungan kantor tanpa harus pergi ke gym.

Aktif bergerak dapat membakar kalori yang mengendap di dalam tubuh Anda.

6 dari 6 halaman

5. Cukup Tidur

Menjaga durasi tidur memang sedikit susah, apalagi dihadapkan dengan aktivitas yang membuat Anda harus terjaga. Memiliki waktu tidur yang kurang sama dengan mengonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk.

Namun, Anda juga harus mengatur durasi tidur Anda karena tidur secara berlebihan juga tidak baik. Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California, tidur adalah kebutuhan dasar untuk menjaga pola hidup sehat.

Durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per hari. Jadi pastikan Anda untuk memiliki kualitas tidur yang baik. Tidur dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang proporsional, merangsang kreativitas serta meningkatkan daya ingat.

Maka mulai saat ini atur jadwal tidur Anda agar mendapatkan tidur yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer