Sukses


7 Manfaat Pilates Bagi Tubuh, Bisa Menguatkan Otot Perut

Bola.com, Jakarta - Mungkin seebagian dari Anda sudah pernah mendengan olahraga pilates. Ya, pilates ialah gerakan senam yang berpusat pada perut, punggung bagian bawah, panggul, dan paha.

Pilates dikembangkan pada abad ke-20 oleh Joseph Pilates. Pilates ini fokus pada rehabilitas, meningkatkan stamina tubuh, dan penguatan tubuh.

Beda dengan yoga yang dikatakan serupa dengan pilates. Pilates adalah yoga versi kontemporer.

Setiap gerakan pilates dirancang untuk penggunaaan otot yang baik dan memastikan tubuh terus bergerak guna meningkatkan koordinasi gerakan, pola pernapasan, dan kesadaran tubuh. Pilates memusatkan konsentrasi, hingga mampu mengontrol gerakan dan kekuatan otot saat latihan.

Demi mendapatkan manfaat pilates, Anda membutuhkan pemandu latihan ketika melakukannya. Pilates juga cocok untuk masa pemulihan setelah cedera.

Dilansir dari laman FirnessMagazine, manfaat pilates tidak hanya memperbaiki postur tubuh, namun juga dapat mengurangi sakit pinggang hingga membuat kehidupan seks Anda menjadi lebih baik.

Gerakan pilates terlihat mudah. Gerakan sederhana memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Bola.com telah merangkum manfaat pilates bagi kesehatan Anda, Kamis (27/02/2020).

2 dari 8 halaman

1. Menguatkan Otot Perut

Penelitian menyebutkan seseorang yang melakukan pilates rutin selama 26 minggu memiliki otot perut yang lebih kuat sebanyak 21 persen. Anda juga akan memiliki otot yang seimbang antara bagian kiri dan kanan tubuh.

Pilates menguatkan otot dengan melibatkan penggunaan beban tubuh. Terlebih otot inti yang membentang dari dada bawah, perut, punggung, hingga sekitar panggul.

Membentuk perut sixpack adalah salah satu manfaat pilates yang paling dicari. Memiliki torso tubuh yang kuat berarti membngun stabilitas dan kekuatan otot inti.

3 dari 8 halaman

2. Memperbaiki Kondisi Tubuh

Pilates yang dilakukan secara rutin dan teratur memiliki manfaat yang diperoleh tubuh Anda. Pilates akan melatih pikiran Anda untuk berkoordinsasi dan bertindak secara simetris dengan tubuh.

Pilates juga menghindari dan mengurangi rasa sakit akibat tubuh yang tidak baik sebelumnya. Membiasakan tubuh bergerak secara sinergi, tubuh akan menjadi lebih terkoordinasi dan seimbang. Anda memerlukan konsentrasi dan pernapasan dalam melakukan setiap gerakannya.

4 dari 8 halaman

3. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur seseorang memengaruhi saat beraktivitas sehari-hari. Pilates dapat melatih otot-otot yang menjadi pusat gravitasi tubuh.

Postur yang buruk bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh Anda. Pilates menjaga garis tulang belakang Anda tetap melengkung alami sesuai anatomi tubuh pada normalnya.

Pilates membutuhkan banyak asupan oksigen, sehingga akan memberikan Anda postur tubuh yang stabil dan baik. Mengasah keterampilan motorik halus yang tajam membuat Anda bisa sigap dan bereaksi.

Pilates juga membentuk postur jadi baik daripada sebelumnya, serta meningkatkan kepercayaan diri Anda secara keseluruhan.

5 dari 8 halaman

4. Pemulihan Cedera

Duduk terlalu lama bisa mengakibat cedera pada tubuh Anda. Terlebih jika Anda jarang sekali berolahraga.

Otot-otot inti tubuh melemah dan bisa menyebabkan nyeri berkepanjangan dan risiko nyeri itu kambuh. Pilates dapat memanjangkan dan memperkuat otot, menigkatkan elastisitas otot, dan meningkatkan mobilitas sendi.

Keseleo dan salah bantal salah satu akibat otot-otot tubuh Anda lemah. Journal of Orthodepic & Sports Physical Therapy mengungkapkan pilates telah terbukti meningkatkan kesembuhan penderita nyeri punggung kronis.

Sakit berkurang setelah menjalani pilates selama 4 minggu, membantu otot-otot sekitar punggung bawah menjadi lebih stabil dan memudahkan untuk pergerakan tubuh.

6 dari 8 halaman

5. Meningkatkan Fokus

Pilates merupakan olahraga yang membuat Anda fokus dalam pernapasan dan pergerakan secara bersamaan. Harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan pernapasan membantu Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Fokus yang tinggi membuat Anda sangat sigap dan meminimalisir kesalahan dalam beraktivitas yang bisa mencelakai diri sendiri. Pilates bisa menjadi pilihan tepat bagi penderita penyakit otak degeneratif dan disfungsi kognitif.

7 dari 8 halaman

6. Kecerdasan Meningkat

Pilates membantu meningkatkan kinerja memori dan fungsi kognitif. Perubahan aktivitas otak dapat meningkat setelah mengikuti pilates selama 10 minggu.

Penelitian di China menemukan adanya peningkatan daya puncak alpha otak.

8 dari 8 halaman

7. Menurunkan Berat Badan dan Memiliki Seks yang Berkualitas

Pilates tidak banyak membakar lemak seperti latihan kardio, tetapi dapat menigkatkan metabolisme tubuh Anda. Metabolisme yang meningkat membantu proses pembakaran kalori dan dapat menurunkan berat badan Anda.

Tak hanya menurunkan berat badan, Pilates juga dapat meningkatkan pengalaman seks Anda. Pilates melibatkan gerakan mirip senam Kegel.

Gerakan yang menguatkan otot dasar panggul Anda. Memiliki otot panggul yang kuat memberikan Anda pengalaman orgasme yang baik. Manfaat pilates tak hanya di tempat tidur, pilates juga memudahkan proses persalinan pada wanita.

Video Populer

Foto Populer