Sukses


5 Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan, Bisa Obati Diabetes

Bola.com, Jakarta Pohon kersen juga dikenal dengan sebutan pohon seri. Pohon yang tumbuh liar tersebut memiliki manfaat bagi kesehatan Anda, khususnya pada daun kersen.

Selama ini pohon kersen hanya dikonsumsi buahnya saja. Masih sedikit yang mengetahui manfaat yang diberikan daun kersen.

Daun kersen dipercaya bermanfaat mengatasi berbagai penyakit dari diabetes, kanker, tekanan darah, hingga kolesterol. Pohon kersen bisa dijumpai tumbuh di perkarangan rumah bersama rumput liar.

Pohon kersen memiliki ciri khas dengan buah merah dan berbuah tanpa mengenal musim. Daun kersen memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman DokterSehat, kandungan yang ada di dalam daun kersen antara lain air, karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, riboflavin, dan niacin.

Melihat kandungan daun kersen yang begitu banyak, tidak diragukan bahwa daun tersebut memiliki banyak manfaat. Secara umum daun kersen berguna sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflasmasi.

Tanaman kersen (Mutingia Calabura L) dalam pemanfaatannya sebagai obat-obatan masih minim. Dibandingkan dengan buah dan bunga, daun kersen memiliki kadar serat yang lebih tinggi.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber manfaat daun kersen yang berguna bagi kesehatan Anda, Senin (02/03/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Mengatur Kadar Kolesterol

Daun kersen dipercaya bisa membantu menurunkan sintesis kolesterol dan menurunkan penimbunan lemak dalam pembuluh darah tubuh Anda. Saponin dan flavonoid yang terkandung di dalam daun kersen mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah tubuh Anda.

Kolesterol jahat yang bisa menyerang Anda dapat diatasi dan berguna supaya Anda terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular. Kedua zat tersebut bisa bertindak sebagai insulin alamiah yang diperlukan oleh tubuh Anda.

Anda bisa membuat ramuan daun kersen dengan cara merebus daun kersen. Rasa daun kersen sedikit pahit.

3 dari 6 halaman

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kersen memiliki antioksidan yang bisa mencegah peradangan yang menyebabkan serangan jantung. Antioksidan tersebut dipercaya mengatasi otot jantung yang mengalami kerusakan karena kurangnya aliran darah selama serangan jantung.

Selain dipercaya mampu mengurangi peradangan, daun kersen mampu mengurangi nyeri pada tubuh Anda.

4 dari 6 halaman

3. Menurunkan Level Gula Darah

Daun kersen dipercaya bisa mengatasi diabetes. Daun kersen berkhasiat untuk menurunkan kadar gula.

Kandungan flavonoid dan saponin pada daun kersen merupakan antioksidan yang mendorong sekresi hormon insulin. Tekanan darah tinggi disebabkan banyak hal seperti merokok, diet tinggi lemak, dan keturunan.

Pembuluh darah yang mengerut dan darah sulit untuk mengalir di dalam tubuh sehingga memicu tekanan pada pembuluh darah. Kondisi seperti itu dapat membahayakan Anda dan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Daun kersen mengandung nitric oxide, yang berguna untuk melancarkan pembuluh darah sehingga dapat mengalirkan darah dengan lancar dan mengurangi tekanan.

5 dari 6 halaman

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun kersen selanjuttnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan dan vitamin yang ada dalam daun kersen membantu memelihara tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Antioksidan yang tinggi dan antiinflamasi yang terkandung dalam daun kersen bisa mengurangi kerusakan otot tubuh. Selain itu, dapat mengurangi rasa lelah Anda dengan meminum air rebusan daun kersen.

6 dari 6 halaman

5. Antiseptik dan Mengatasi Asam Urat

Daun kersen mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid yang bermanfaat sebagai antiseptik. Antiseptik herbal dan alami, memungkinkan daun kersen sebagai salah satu pilihan Anda.

Infeksi yang disebabkan oleh perkembangan bakteri pada luka Anda dapat diatasi dengan daun kersen. Daun kersen memiliki sifat antibakteri yang mencegah perkembangan bakteri pada luka Anda.

Kandungan flavonoid berupa flaconol, flavon, dan auron terbukti memiliki daya aktibakteri terhadap beberapa bakteri. Daun kersen yang diolah menjadi ekstrak terbukti bereaksi pada bakteri E. Coli, P. aeruginosa, S. aureus dan B. Subtilis.

Selain itu, asam urat juga bisa diatasi. Penyakit yang sering dijumpai pada orang lanjut usia. Senyawa aktif yang terkandung di dalamnya efektif meredakan dan mengobati asam urat.

Dengan meminum rebusan daun kersen, menjadi pilihan olahan obat herbal untuk tubuh Anda.

Video Populer

Foto Populer