Sukses


3 Ajang Olahraga yang Terganggu Imbas Sebaran Virus Corona

Jakarta - Virus Corona (COVID-19) tengah menjadi buah bibir setelah mewabah di sejumlah wilayah di dunia. Dampak penyebaran virus itu pun terasa sampai dunia olahraga.

Otoritas olahraga dari berbagai cabang semisal FIFA (sepak bola) dan FIA (Formula 1) mulai mengadakan rapat terkait sejumlah acara. Penundaan atau pembatalan terhadap acara di masing-masing cabang pun sangat mungkin terjadi.

FIFA misalnya bakal bertemu AFC membahas sejumlah laga di pentas Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kemungkinan, ada beberapa pertandingan di match day ke-7, 8, 9 dan 10 yang dijadwal ulang.

Virus Corona (COVID-19) pertama kali ditemukan di daerah Wuhan, Tiongkok. Kini, virus tersebut telah menyebar ke sejumlah negara baik dari benua Asia, Eropa, maupun Amerika.

Data terbaru yang dirilis Channel News Asia menyebutkan, COVID-19 telah menginfeksi hampir 90.000 orang dan memakan lebih dari 3.000 nyawa.

Berikut tiga acara olahraga yang terdampak virus Corona.

 

 

2 dari 5 halaman

Formula 1

Pihak F1 berencana tetap menyelenggarakan tiga seri awal di Australia (15 Maret), Bahrain (22 Maret), dan Vietnam (5 April). Namun untuk seri di China, F1 kabarnya bakal ditunda.

Semula, seri China akan berlangsung pada 19 April. Namun pihak F1 memutuskan menundanya karena ada virus corona.

"Kesehatan dan keamanan masyarakat harus diutamakan," ujar Ketua Pelaksana F1, Chase Carey seperti dilansir Guardian.

"Kami belum mencoba segala kemungkinan, tetapi pastinya ada tantangan soal penjadwalan ulang," ujarnya menambahkan.

3 dari 5 halaman

MotoGP Qatar

Dorna resmi memutuskan membatalkan seri perdana MotoGP 2020 di Qatar. Penyebab dibatalkanya MotoGP Qatar tak lain akibat semakin parahnya wabah virus Corona baru atau Covid-19.

MotoGP 2020 seharusnya dimulai akhir pekan nanti di Qatar. Awalnya MotoGP Qatar diperkirakan tetap berlangsung di tengah wabah virus Corona.

Setelah melakukan pertemuan, Dorna, FIM, IRTA akhirnya memutuskan untuk membatalkan MotoGP Qatar. Meski demikian, balapan kelas Moto2, Moto3 serta Asia Telant Cup tetap akan berlangsung.

Langkah pembatalan MotoGP Qatar tak lepas dari adanya pembatasan kunjungan ke negara Timur Tengah tersebut, terutama dari Italia.

Seperti diketahui saat ini virus Corona semakin parah di Italia. Korban jiwa telah mencapai lebih dari 20 orang.

4 dari 5 halaman

Partai Liga Italia

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) bersama dengan kementerian terkait akhirnya memutuskan untuk melarang kehadiran penonton pada pertandingan Serie A akhir pekan ini antara Juventus melawan Inter Milan.

Keputusan ini diambil di tengah semakin parahnya wabah virus corona baru Covid-19 di Italia. Korban jiwa virus corona di Italia sudah 17 orang.

Virus corona kebanyakan terjadi di wilayah Italia Utara. Ada 580 kasus. Juventus kebetulan berlokasi di Turin yang terletak di Italia Utara.

Langkah menggelar laga Juventus melawan Inter Milan dengan tanpa penonton diambil pada Kamis (27/2/2020) malam waktu setempat. Sebelumnya sempat ada sedikit harapan penonton akan boleh menghadiri laga di Allianz Stadium itu.

Namun negosiasi terakhir tak membuahkan hasil. Duel Juventus vs Inter Milan tetap dipastikan tanpa kehadiran penonton.

 

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Liputan6.com (Luthfie Febrianto/Achmad Yani, Published 3/3/2020)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer