Sukses


Seri F1 GP Australia 2020 Dibatalkan karena Virus Corona

Bola.com, Melbourne - Seri pembuka perhelatan Formula 1 2020, F1 GP Australia, secara resmi dibatalkan karena pandemi virus corona COVID-19, Jumat (13/1/2020). 

Seperti dilansir Crash, pernyataan resmi dari F1 dan FIA tersebut muncul kurang dari satu jam sebelum para tim harus beraksi di sirkuit Albert Park, Melbourne. Beberapa jam sebelumnya, tak ada pernyataan apa pun dari F1 dan FIA apakah balapan F1 GP Australia tetap dilaksanakan atau tidak. Sikap itu sempat menimbulkan ketidakpastian dan kebingungan dari tim-tim dan para pembalap.

Nasib seri pembuka F1 2020 tersebut menjadi tanda tanya setelah McLaren mundur, Kamis (12/3/2020), karena seorang anggotanya positif terjangkit virus corona.   

"Menyusul konfirmasi bahwa ada anggota McLaren Racing Team yang positif COVID-19 dan keputusan mereka untuk mundur dari GP Australia, maka FIA dan Formula 1 mengadakan pertemuan dengan pimpinan sembilan tim pada Kamis malam," tulis pernyataan dari FA dan FIA. 

"Diskusi itu menghasilkan kesimpulan dengan pendapat mayoritas tim bahwa balapan tak bisa dilakukan. FIA dan Formula 1, dengan dukungan penuh Australian Grand Prix Corporation (AGPC) mengambil keputusan bahwa semua aktivitas untuk GP Australia dibatalkan."  

"Kami menyadari ini kabar yang sangat mengecewakan bagi ribuan fans yang seharusnya datang ke balapan F1 GP Australia dan semua pemegang tiket akan mendapat pengembalian penuh. Pengumuman selanjutnya akan dikomunikasikan."

 

2 dari 3 halaman

F1 GP China Juga Lebih Dulu Dibatalkan

Menurut pernyataan tersebut, keputusan membatalkan balapan F1 GP Australia juga mendapat ukungan dari semua pihak. 

"Semua pihak  mempertimbangkan upaya besar AGPC, Motorsport Australia, staf, dan sukarelawan untuk menggelar seri pembuka Formula Satu 2020 di Melbourne, namun menyimpulkan bahwa keselamatan semua anggota Formula 1 dan komunitas yang lebih luas, menjadi prioritas," lanjut pernyataan itu. 

Australia bergabung dengan GP China yang juga terdampak penyebaran virus corona. Seri GP China seharusnya dijadwalkan digelar pada 19 April, tapi dibatalkan. Balapan selanjutnya di Bahrain dan Vietnam juga diragukan bisa digelar sesuai jadwal.   

Sumber: Crash

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan

Video Populer

Foto Populer