Sukses


8 Manfaat Olahraga Kardio, Menyehatkan Jantung dan Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bola.com, Jakarta - Olahraga kardio mungkin sudah tidak asing. Lari, berenang, dan bersepeda termasuk ke dalam olahraga jenis ini.

Olahraga kardio tidak hanya berguna untuk membakar kalori dan lemak di dalam tubuh, tetapi memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh.

Dilansir dari laman Dokter Sehat, Olahraga kardio adalah semua jenis olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung.

Olahraga kardio atau olahraga kardiovaskular ini bertujuan untuk melatih jantung, paru-paru, dan sistem peredaran darah. Anda hanya perlu melakukan olahraga ini paling tidak 10 menit, sudah bisa meningkatkan detak jantung 50 sampai 75 persen dari detak jantung maksimum.

Sebelum melakukan olahraga kardio, Anda harus melakukan pemanasan dan lakukan juga pendinginan setelah selesai berolahraga.

Pemanasan membantu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga, meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah ke otot, serta mengurangi risiko cedera.

Sedangkan pendinginan memungkinkan denyut jantung dan tekanan darah pulih secara bertahap dan membantu mengatur aliran darah. Perlu diingat, jangan terlalu banyak melakukan olahraga kardio karena bisa menjadi bumerang untuk kesehatan tubuh.

Sebelum melakukan olahraga kardio, disarankan terlebih dahulu berkonsultasi ke dokter atau tenaga medis. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020), manfaat yang diberikan dari olahraga kardio bagi kesehatan tubuh.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pertama olahraga kardio adalah menjaga kesehtaan jantung. Olahraga kardio mampu menjaga tubuh tetap bugar, termasuk otot pada jantung.

Melatih otot jantung mampu membantu jantung menjadi lebih kuat sehingga dapat bekerja dengan lebih efesien. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Melakukan olahraga kardio membantu kerja jantung secara efisien. Detak jantung cenderung lebih rendah dan bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

3 dari 9 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Olahraga kardio dipercaya mampu membakar kalori di tubuh, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan berat badan. Ketika melakukan olahraga, tubuh membutuhkan energi yang dibakar dari kalori yang Anda konsumsi.

Tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai alternatif bahan bakar untuk energi, jika asupan kalori tidak cukup dari makanan. Berolahraga dengan perut kosong mampu memberikan efek secara langsung pada penurunan berat badan.

Berolaraga kardio dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori lebih banyak dari biasanya.

4 dari 9 halaman

3. Membantu Sirkulasi Darah

Melakukan olahraga kardio membantu sirkulasi di dalam tubuh menjadi lebih baik. Sirkulasi darah sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sirkulasi darah yang lancar membantu otot dan seluruh organ tubuh dapat bekerja secara efisien. Dengan melakukan olahraga kardio, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang dipicu oleh terhambatnya sirkulasi darah.

5 dari 9 halaman

4. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Olahraga kardio satu di antara olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga sistem pernapasan sehat. Olahraga kardio akan membuat paru-paru makin terlatih dan kian kuat.

Olahraga kardio mampu membuat paru-paru bekerja menjadi lebih efesien.

6 dari 9 halaman

5. Menjaga Kualitas Tidur

Mempunyai tidur yang cukup sangat penting karena memiliki peran untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda memiliki pola tidur yang tidak baik akan menyebabkan risiko berbagai penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, pernapasan terhenti saat tidur (sleep apnea), hingga kematian dini.

Olahraga kardio jadi satu di antara cara untuk meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Olahraga kardio membuat energi pada tubuh tersalurkan dengan tepat dan membuat Anda tidur lebih mudah.

Olahraga kardio mampu memicu berbagai senyawa kimia di otak yang mengatur keinginan waktu tidur.

7 dari 9 halaman

6. Mengatasi Stres

Padatnya rutinitas dan tekanan kerja membuat seseorang rentan mengalami stres. Stres adalah reaksi yang muncul saat seseorang menhhadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan.

Stres akan membuat situasi dan pikiran seseorang merasa putus asa, gugup, marah, tidak bersemangat. Jika Anda mengalami stres, depresi, atau kecemasan, melakukan olahraga kardio dapat menjadi solusi untuk mengatasinya.

Melakukan olahraga kardio mampu merangsang pelepasan berbagai senyawa kimia di otak seperti dopamin dan serotonin. Kedua kandungan ini mampu merangsang perasaan bahagia seseorang.

8 dari 9 halaman

7. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Manfaat olahraga kardio selanjutnya adalah mampu menungkatkan fungsi kognitif. Olahraga kardio mampu meningkatkan jumlah aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh.

Melakukan olahraga kardio berpengaruh pada otak yang bisa memicu memproduksi kandungan neuron lebih banyak.

Kandungan neuron sangat berpengaruh pada fungsi otak karena makin banyak kandungan neuron akan makin baik fungsi otak mengirim dan menerima sinyal untuk menentukan setiap fungsi tubuh serta menentukan proses berpikir.

9 dari 9 halaman

8. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Olahraga kardio yang Anda lakukan mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Latihan kardio secara teratur mampu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh.

Sel darah putih adalah komponen utama dari sistem imun tubuh. Menjaga kadar jumlah sel darah putih di dalam tubuh akan membantu tubuh melawan berbagai macam patogen yang bisa menyerang tubuh.

Video Populer

Foto Populer