Sukses


9 Cara Mencuci Tangan yang Benar, Cegah Infeksi Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Penyebaran virus corona atau SARS-CoV-2 masih diwaspadai masyarakat dunia. Sejauh ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah penyakit ini. Namun, cuci tangan bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran atau terjangkit virus Corona.

Lakukan cuci tangan setiap melakukan aktivitas terutama sebelum atau sesudah makan. Penggunaan hand sanitizer juga bisa sebagai alternatif jika kesulitan menemukan sabun.

Pastikan produk hand sanitizer mengandung kadar alkohol setidaknya 60 persen. Penyebaran kuman melalui tangan sangat sering dan bisa mendatangkan penyakit.

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sangat penting, yang bertujuan untuk pencegahan terhadap penyakit COVID-19. Setidaknya, dibutuhkan minimal 20 detik untuk mencuci tangan hingga bersih dan efektif.

Akan lebih efektif jika mencuci tangan menggunakan air yang mengalir. Perlu diketahui, virus Corona telah menginfeksi lebih dari 140 ribu orang dan menyebabkan lebih dari 5000 kematian di seluruh dunia.

Dilansir dari laman The Health Site, virus Corona baru dapat hidup di permukaan selama berjam-jam hingga berhari-hari. Meski terkesan sederhana, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan seseorang saat mencuci tangan yang sebaiknya harus segera diperbaiki.

Cara mencuci tangan harus tepat agar terhindar dari virus Corona, kuman dan bakteri lain. Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber cara cuci tangan yang benar agar terhindar dari infeksi virus Corona, Senin (16/3/2020).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Cara Cuci Tangan yang Tepat agar Terhindar dari Virus Corona

  1. Basahi tangan dengan air, boleh menggunakan air hangat maupun dingin.
  2. Tuangkan sabun ke telapak tangan.
  3. Usapkan kedua telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar.
  4. Gosok kedua telapak tangan hingga berbusa.
  5. Bersihkan seluruh bagian tangan hingga merata, dari pergelangan tangan, punggung tangan, sela-sela jari, hingga kuku. Lakukan selama 20 detik.
  6. Bersihkan seluruh bagian jari dengan gerakan memutar, satu demi satu.
  7. Bilas tangan hingga bersih dari sabun dan kotoran.
  8. Keringkan tangan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  9. Tutup keran menggunakan tisu agar kuman tidak menempel pada tangan yang telah bersih.
3 dari 8 halaman

Kesalahan Umum saat Mencuci Tangan

Meski sederhana, masih banyak orang-orang yang tidak memperhatikan proses cuci tangan dengan tepat. Kesalahan umum yang sering terjadi saat mencuci tangan, antara lain:

4 dari 8 halaman

Hanya Memakai Air, Tanpa Sabun

Masih banyak yang mencuci tangan hanya menggunakan air saja. Mencuci tangan hanya menggunakan air tidak dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di tangan.

Mencuci tangan selalu menggunakan sabun agar benar-benar bersih dan terhindar dari bermacam bahaya penyakit, termasuk virus Corona.

5 dari 8 halaman

Buru-Buru Membilas dengan Air

Mencuci tangan minimal membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 detik. Menggosok seluruh bagian tangan menggunakan sabun. Hindari terburu-buru membilas tangan menggunakan air.

Sebab jika terburu-buru, proses mencuci tangan tidak akan efektif untuk membasmi kuman.

6 dari 8 halaman

Tidak Kering

Kuman senang berkembang baik di tempat yang lembab. Lebih baik gunakan tisu untuk mengeringkan tangan.

Selain menggunakan tisu, blower bisa menjadi pilihan lain. Jika menggunakan blower untuk mengeringkan tangan, tunggu hingga tangan benar-benar kering.

7 dari 8 halaman

Menyentuh Keran Kembali

Kesalahan yang sering terjadi adalah sering menyentuh keran kembali. Tidak sedikit banyak orang-orang lalai menggunakan tangan yang telah bersih untuk mematikan keran.

Lebih baik mematikan keran menggunakan tisu kering agar tidak terkontaminasi kembali kuman dan bakteri.

8 dari 8 halaman

Bahaya Tidak Mencuci Tangan

Kuman dan bakteri yang berada di tangan sangat mudah berpindah ke bagian seluruh tubuh. Hal ini bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Membiasakan mencuci tangan merupakan satu di antara cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan berbagai penyakit, termasuk virus Corona. Umumnya semua orang menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa disadari.

Hal tersebut membuat bakteri dan kuman dengan mudah masuk tubuh. Tak hanya mencegah infeksi virus Corona, mencuci tangan sebelum makan dan aktivitas lainnya mencegah Anda terkena penyakit seperti diare, infeksi kulit, dan infeksi mata.

Video Populer

Foto Populer