Sukses


10 Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Membantu Mengatasi Insomnia

Bola.com, Jakarta - Insomnia adalah gangguan tidur atau sulit tidur nyenyak berkelanjutan. Penyebab insomnia adalah timbulnya stres, kelelahan, bahkan depresi.

Terlalu memikirkan pekerjaan, kondisi kesehatan, atau keuangan bisa menjadi faktor pemicu stres. Meski tidak mengancam jiwa, insomnia sangat memengaruhi kualitas hidup.

Selain itu, ada faktor dari luar yang bisa menyebabkan insomnia, yakni makanan yang dikonsumsi, seperti mengandung kafein, lemak, dan gula.

Namun, ada juga makanan yang mampu mengatasi masalah insomnia.

Dilansir dari laman Alo Dokter, tidur yang berkualitas bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kronis, dan membantu sistem pencernaan tubuh. Maka dari itu, penting untuk tidak mengabaikan tidur yang kurang berkualitas.

Kebutuhan waktu tidur yang berkualitas adalah 7 sampai 8 jam sehari. Jika Anda sering kesulitan tidur kurang dari lima jam, berpotensi mengganggu kesehatan mental.

Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan atau minuman berikut ini untuk membantu memiliki tidur yang berkualitas.

Bola.com telah merangkum jenis-jenis makanan dan minuman yang bisa mengatasi insomnia, Selasa (17/3/2020).

2 dari 11 halaman

1. Buah Ceri

Buah ceri dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia. Buah ceri memiliki kandungan melatonin.

Kandungan melatonin yang ada dalam buah ceri berguna untuk mengatur jam internal tubuh dan siklus tidur-bangun Anda. Mengonsumsi olahan jus buah ceri meningkatkan kadar melatonin yang membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

3 dari 11 halaman

2. Kacang Almond

Makanan selanjutnya yang bisa membantu mengatasi insomnia adalah kacang almond. Kacang almond memiliki kandungan magnesium.

Kandungan magnesium yang ada dalam kacang almod berfungsi sebagai pelumas otot alami dan memiliki sifat antidepresan. Kacang almond juga baik dikonsumsi untuk kalangan lansia.

4 dari 11 halaman

3. Oatmeal

Oatmeal juga memiliki kadar magnesium yang cukup tinggi. Selain itu, oatmeal juga memiliki potasium sehingga baik untuk penderita insomnia.

Oatmeal umumnya dikenal sebagai menu sarapan, tetapi oatmeal juga bisa menjadi pilihan menu makan malam karena memiliki kandungan karbohidrat dan serat.

5 dari 11 halaman

4. Pisang

Selain meningkatkan energi tubuh, pisang mampu membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Pisang kaya akan kalium, magnesium, dan triptofan yang baik bagi penderita insomnia.

Kandungan triptofan sangat efektif sebagai bahan pembentuk dua kandungan neurotransmiter (serotonin dan melatonin). Anda bisa mengombinasikan pisang dengan oatmeal untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal.

6 dari 11 halaman

5. Valerian

Valerian, tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Valerian mungkin masih terasa asing.

Valerian memiliki manfaat untuk mengobati insomnia dan kecemasan. Hanya akar tanaman ini saja yang digunakan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, akar valerian diolah menjadi teh. Valerian efektif dalam mengatasi insomnia dan telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian medis.

7 dari 11 halaman

6. Labu

Buah labu memiliki banyak nutrisi, seperti kalsium, magnesium, omega-3, tembaga, dan kromium. Buah labu dipercaya mampu memperbaiki siklus tidur dengan baik.

Buah labu juga disebut makanan super untuk tidur.

8 dari 11 halaman

7. Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Mungkin banyak masih sedikit yang tahu buah alpukat mampu mengatasi insomnia.

Vitamin B yang ada di dalam buah alpukat membantu mengatur kualitas tidur. Dianjurkan mengonsumsi buah alpukat saat makan siang dan malam hari untuk membuat tidur lebih nyenyak.

9 dari 11 halaman

8. Susu

Susu dipercaya sebagai obat penenang dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Susu kaya akan kalsium, mampu merangsang otak memproduksi hormon melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

Susu juga memiliki kandungan tryptophan dan asam amino yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur orang dewasa.

10 dari 11 halaman

9. Teh Chamomile

Teh Chamomile dipercaya memiliki manfaat mengurangi risiko penyakit kanker dan jantung. Teh herbal ini sangat membantu dalam kondisi bersantai sebelum tidur.

Mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur membantu tubuh menjadi rileks dan membuat tidur lebih berkualitas.

11 dari 11 halaman

10. Salad

Selain digunakan sebagai menu diet, salad juga bisa membuat tidur menjadi nyenyak. Salad memiliki kandungan lactucarium di dalamnya.

Kandungan lactucarium memiliki sifat sedatif dan melemaskan otak. Mengonsumsi salad sebelum tidur mampu memberikan kualitas tidur yang baik.

Video Populer

Foto Populer