Sukses


6 Jenis Penyakit Tertinggi Penyebab Kematian pada Pria

Bola.com, Jakarta - Gaya hidup sehat buka hanya menjadikan tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit, tetapi merupakan kesempatan untuk menikmati hidup bertahun-tahun. Dilansir dari laman Medicine Net, harapan hidup rata-rata seorang pria lebih dari 79 tahun.

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit sebagai upaya menikmati hidup sepenuhnya.

Tubuh adalah fisik organisme yang membutuhkan makanan, air, dan udara untuk tumbuh, berfungsi, dan mampu memperbaiki dirinya sendiri.

Beragam faktor bisa jadi penyebab kematian seseorang, mulai penyakit hingga kecelakaan dan bunuh diri.

Di sisi lain, penyakit tidak menular kronis kian menggoroti banyak orang di seluruh dunia.

Dibandinkan kaum wanita, pria memiliki kesehatan yang lebih buruk dibandingkan wanita. Statistik mencatat, angka kematian pria lebih tinggi dibandingkan wanita.

Angka harapan hidup pria lebih pendek dibandingkan wanita, berkisar empat sampai enam tahun.

Tahukah Anda, ada beberapa penyakit yang sering menyebabkan kematian pada kaum pria.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, jenis penyakit yang palimh sering menyebabkan kematian pada kaum pria, Kamis (18/3/2020).

2 dari 7 halaman

1. Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi satu di antara jenis penyakit penyebab utama kematian di dunia. Di Amerika, penyakit jantung menduduki posisi pertama.

Jantung berperan memompa kebutuhan darah ke seluruh tubuh. Jantung membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ di dalam tubuh serta mengangkut zat-zat sisa.

Pria memiliki risiko tinggi mengalami penyakit jantung dibandingkan wanita. Penyakit jantung memiliki faktor risiko, seperti merokok, memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan riwayat keturunan keluarga.

3 dari 7 halaman

Kanker

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Kanker menjadi penyebab kematian kedua di seluruh dunia.

Faktor pemicu pertumbuhan sel kanker berbeda-beda tergantung jenis kankernya. Satu di antara faktor penyebab kanker adalah merokok.

Merokok banyak ditemui di kalangan pria. Merokok menyebabkan 90 persen kanker paru-paru.

Lebih sulit untuk berhenti merokok daripada menghentikan kecanduan lainnya. Selain kanker paru-paru, kanker prostat, kanker testis adalah penyumbang penyakit yang sering dialami oleh kaum pria.

4 dari 7 halaman

3. Stroke

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Stroke menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia.

Faktor risiko stroke sama dengan penyakit jantung, seperti merokok, memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan riawayat keturunan keluarga.

Stroke sangat berisiko tinggi bagi penderita tekanan daranh tinggi, kolesterol tinggi, berat badan berlebih, dan diabetes.

5 dari 7 halaman

4. Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) disebabkan oleh kebiasan merokok. Emfisema dan bronkitis kronis adalah dua jenis penyakit penyakit paru obstruktif kronik.

Gejala yang timbulkan adalah sesak napas dan mengi. Racun yang terkandung di dalam rokok bisa merusak jaringan paru-paru dan menghilangkan kemampuan menyuplai oksigen ke dalam aliran darah.

Gejala ini meningkatkan risiko infeksi paru-paru termasuk pneumonia.

6 dari 7 halaman

5. Diabetes

Diabetes adalah kondisi di mana kadar glukosa di dalam tubuh terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Pankreas memproduksi insulin untuk membantu sel menjadikan glukosa sebagai energi. Diabetes menggambarkan disfungsi insulin dalam tubuh.

Diabetes bisa tidak terkontrol dan meningkatkan kadar gula dalam aliran darah berkepanjangan.

Diabetes menyebabkan kegagalan multi-organ dan menimbulkan berbagai penyakit lain, seperti serangan jantung, stroke, amputasi anggota tubuh, gagal ginjal, kebutaan, dan kerusakan saraf.

Diabetes dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. Selain itu, menghindari merokok dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis.

7 dari 7 halaman

6. Influenza dan Pneumonia

Memiliki gaya hidup yang tidak sehat membuat sistem kekebalan akan sulit melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Penyakit flu termasuk jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat ketika musim hujan dan musim pancaroba. 

Influenza merupakan penyakit yang menjalar dengan cepat. Penting untuk mengikuti saran kesehatan, yakbi melakukan imunisasi rutin untuk mengurangi risiko tertular flu.

Pneumonia adalah komplikasi dari penyakit flu. Namun, pneumonia tidak sebatas penyebaran virus saja.

Bakteri pneumonia adalah satu di antara penyebab utama kematian pada pria. Bakteri penyebab pneumonia yang paling umum adalah Streptococcus pneumoniae.

 

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer