Sukses


Film dan Dokumenter Sepak Bola Terbaik yang Bisa Dinikmati saat Liga Terhenti akibat Pandemi Corona

Bola.com, Jakarta - Sekarang ini menjadi momen yang kurang menyenangkan buat hampir semua warga dunia. Di berbagai negara, otoritas setempat memberlakukan lockdown untuk mengatasi penyebaran virus Corona.

Andai tak lockdown, warga diminta untuk disiplin dalam melakukan social distancing atau melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing, termasuk kerja dan belajar dari rumah.

Aktivitas sehari-hari pun harus diakui, menjadi terbatas. Setelah beberapa hari, kebosanan bisa jadi mulai melanda. Apalagi, buat mereka yang pencandu sepak bola.

Seperti diketahui, liga-liga besar dunia hingga Shopee Liga 1 2020, terpaksa dihentikan sementara. Tujuannya juga untuk meredam penularan virus Corona.

Imbasnya, penggemar olahraga si kulit bundar jadi kurang hiburan. Kerinduan terhadap olahraga paling populer sejagat ini pun mulai membuncah.

Jika menyaksikan langsung pertandingan di stadion masih belum memungkinkan, atau bahkan tak ada siaran langsung sepak bola dari layar kaca atau fasilitas streaming, menyaksikan film-film atau dokumenter yang berbau sepak bola mungkin bisa menjadi opsi untuk mengurangi rasa kangen terhadap euforia mendukung tim kesayangan.

Seperti dilansir dari 101 Great Goals, Kamis (19/3/2020), ada beberapa film maupun dokumenter perihal klub-klub top Eropa serta tokoh-tokoh ternama yang bisa dinikmati melalui plaform Netflix, Amazon, dan Youtube, di saat masa karantina mandiri akibat virus Corona.

Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

2 dari 4 halaman

Film Hooligan

Sunderland 'Till I Die (Netflix)

Sunderland 'Till I Die merupakan dokumenter yang terdiri dari delapan bagian, yang menceritakan perihal kejatuhan Sunderland, dari Championship hingga ke League One.

Musim kedua serial dokumenter ini tayang di Inggris Raya pada mulai 1 April 2020 dan diprediksi lebih populer dari musim pertama.

All or Nothing: Manchester City (Amazon Prime)

Serial ini menceritakan ruang ganti Manchester City di era pelatih Pep Guardiola.

Tonton juga bagaimana the Citizens memenangi Premier League 2017-2018 dan menjadi klub pertama yang mencapai poin lebih dari 100 dalam satu musim.

Inside Borussia Dortmund (Amazon Prime)

Pada 2018-2019, Borussia Dortmund mengizinkan Amazon Prime untuk merekam upaya mereka mengalahkan Bayern Munchen dalam perebutan titel Bundesliga.

Ada empat bagian yang menggali aktivitas Die Borussen.

I.D. (Amazon Prime)

Film Hooligan klasik 1900-an, menceritakan kisah polisi yang menyamar untuk mencoba menggagalkan geng di klub sepak bola Shadwell Town yang fiktif.

There's Only One Barry Fry (Youtube)

Film lawas yang mengangkat kisah pelatih Barry Fry saat menangani Peterborough United pada musim 1998-1997.

Chester City: An American Dream (Youtube)

Mengangkat liku klub Chester City pada musim 1999-2000, yang berujung degradasi dari pentas Football League.

3 dari 4 halaman

Scudetto Juventus

The Damned United (Amazon Prime)

Film ini dibintangi Michael Sheen, mengambil latar semasa Leeds United ditangani Brian Clough.

Film ini diangkat dari buku karya David Peace.

Kaiser! The Greatest Footballer Never to Play Football (Amazon Prime)

Film mengangkat kisah seorang penipu, yang berpura-pura menjadi pesepak bola dan berkarier selama 26 tahun tanpa sekalipun bermain.

Frist Team: Juventus (Netflix)

Serial yang terdiri dari enam bagian, mengupas di balik layar Juventus meraih scudetto musim 2017-2018.

Dont Take Me Home (Amazon Prime)

Mengangkat tema kebangkitan sepak bola Wales, yang berhasil mencapai semifinal Piala Eropa, dan dampaknya terhadap negara tersebut.

Take Us Home: Leeds United (Amazon Prime)

Seperti apa rasanya dibesut pelatih Marcelo Bielsa? Pada 2018-2019, Leeds United mengizinkan Amazon mengantongi akses eksklusif untuk melihat jeroan klub, yakni semasa Spygate, hingga laga play-off.

4 dari 4 halaman

Dokumenter Sir Bobby Robson

Class of '92 (Amazon Prime)

Satu di antara dokumenter sepak bola terbaik. Pemain-pemain idola seperti David Beckham, Gary Neville, Paul Scholes, dan Ryan Giggs mengungkapkan cerita masing-masing berada di klub terhebat besutan Sir Alex Ferguson.

Fever Pitch (Amazon Prime)

Tontonan wajib buat penggemar Arsenal yang ingin mengenang masa lalu saat klub kesayangan masih bergelimang trofi juara.

Diangkat dari buku karangan Nick Hornby, yang masih dianggap satu di antara buku tentang sepak bola terbaik sepanjang masa.

An Impossible Job (Youtube)

Mengangkat cerita tentang Timnas Inggris pada 1993. Pada tahun itu penampilan the Three Lions sangat buruk. Namun, sang pelatih, Graham Taylor, punya ide yang dianggapnya bagus, yakni mengizinkan kru televisi merekam kegiatan tim, yang nyatanya justru dinilai jadi ide buruk.

Bobby Robson: More Than a Manager (Netflix)

Bobby Robson tak hanya salah seorang pelatih yang baik, namun dia juga sangat brilian.

Saksikan testimonial dari pelatih-pelatih top seperti Pep Guardiola, Jose Mourinho, dan masih banyak lagi lainnya, mengungkap rahasia kesuksesan sang mentor.

Escape from Victory (Amazon Prime)

Film lawas sepak bola yang dirilis pada awal 1990-an. Film ini dibintangi Sly Stallone, Michael Caine, Ossie Ardiles, Pele yang kabur dari kamp Nazi dengan memainkan sepak bola indah.

Video Populer

Foto Populer