Sukses


Cara Berkomunikasi Langsung dengan Pemerintah tentang Virus Corona

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia telah meluncurkan laman Covid19.go.id sebagai acuan resmi untuk mengetahui perkembangan mengenai virus Corona. Pemerintah kembali meluncurkan layanan baru, kali ini berbasis interaktif melalui pesan di aplikasi Whatsapp (chatbot).

Layanan chatbot sudah bisa diakses masyarakat mulai hari ini, Jumat (20/3/2020).

Akun Chatbox ini memiliki nama resmi, yakni COVID19.GO.ID, dan telah bercentang hijau, tanda sudah terverifikasi. Nomor "telepon" untuk akun ini adalah +6281133399000.

Cara melakukan "komunikasi" cukup mudah. Ketik 'Hi' atau 'Halo'. Setelah itu akan muncul balasan.

Pilih tema yang ingin Anda ketahui, semisal kabar COVID-19 terkini di Indonesia, sebenarnya apa sih COVID-19, apa saja gejala COVID-19, hingga rumah sakit rujukan COVID-19.

Dalam setiap jawaban yang didapat, pada akhir kalimat terdapat informasi berupa peta persebaran COVID-19 melalui website www. Covid-19.go.id/situasi-virus-corona/ dan juga nomor telepon layanan darurat jika terjadi hal yang perlu segera ditangani.

Chatbot ini diluncurkan untuk melawan informasi keliru (hoax) seputar virus Corona yang beredar di masyarakat. Pemerintah berharap masyarakat menggunakan fasilitas ini jika mengalami kebingungan informasi untuk mendapatkan kejelasan.

Tak hanya laman resmi dan chatbot, pemerintah menyiapkan berbagi sumber resmi lainnya untuk mengetahui perkembangan terkini perihal pandemi virus Corona, seperti melalui SMS blast yang ke ponsel yang dikirim BNPB, kemudian ada juga Call Center 119. (Rheza Aditya Gradianto)

Video Populer

Foto Populer