Sukses


10 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan yang Harus Diketahui

Bola.com, Jakarta - Teh hijau telah lama dikenal sebagai satu di antara jenis teh yang mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh jenis ini lebih baik dari jenis teh lain yang biasa kita konsumsi karena memiliki berbagai kandungan zat yang menyehatkan, seperti asam amino, vitamin K, dan juga natrium.

Penelitian yang dilakukan dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan teh hijau memiliki antioksidan yang tinggi yang berguna untuk mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, serta menjaga berat badan.

Belakangan ini teh hijau sudah sangat dikenal masyarakat luas, pria wanita, tua muda, bahkan anak-anak terbiasa menikmatinya. Pasalnya, teh hijau tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman saja, melainkan bisa kita jumpai dalam beberapa produk olahan lain mulai kue hingga es krim.

Namun, untuk mendapatkan khasiat nyata dari teh hijau, sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara langsung, yakni dengan menyeduhnya, bukan dalam bentuk olahan maupun perasa teh hijau.

Hal itu karena dalam produk olahan, sering terkandung bahan-bahan lain yang bisa merugikan kesehatan seperti adanya gula, pewarna makanan, hingga bahan pengawet.

Jenis teh yang diyakini berasal dari China ini bisa dinikmati sebagai minuman baik dalam kondisi panas maupun dingin. Agar tidak bosan, sesekali bisa dinikmati menggunakan madu asli.

Berikut 10 manfaat teh hijau bagi kesehatan yang harus Anda ketahui, seperti dilansir Bola.com dari Daily Entertainment, Selasa (24/3/2020):

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Fungsi Otak

1.Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kronis

Teh hijau mengandung senyawa bio aktif yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis. Jenis teh ini juga dapat menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih kebal dari berbagai penyakit.

Zat-zat yang terkandung dalam teh hijau dapat memperlambat proses penuaan dini dan membantu mencegah keruskan sel dan juga jaringan yang ada pada tubuh manusia.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan fungsi otak jadi satu di antara manfaat dari mengonsumsi teh hijau. Teh hijau dikenal memiliki kandungan kafein yang dipercaya dapat merangsang fungsi otak.

Namun, jika dibandingkan dengan kopi, kandungan kafein yang ada pada teh hijau memang jauh lebih sedikit. Dengan kandungan kafein yang lebih sedikit tersebut, membuat manfaat teh hijau bagi kesehatan menjadi lebih besar daripada kopi.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 10 orang, teh hijau dapat mendongkrak energi hingga empat persen. Teh hijau mengandung senyawa aktif cathechin, yang dipercaya dapat memberikan energi pada tubuh manusia.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan teh hijau meningkatkan oksidasi lemak hingga 17 persen, yang membuktikan pembakaran lemak jadi satu di antara manfaat kesehatan dari teh hijau.

3 dari 4 halaman

Mencegah Potensi Terkena Diabetes

4. Mengurangi Potensi Terkena Kanker

Satu di antara manfaat teh hijau adalah dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit kanker. Hal tersebut terjadi karena, teh hijau mengandung sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

Ada berbagai senyawa yang terkandung pada teh hijau, satu diantaranya adalah Epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker pada tubuh manusia.

Ada penelitian yang menunjukkan, wanita rutin minum teh hijau bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga 22 persen.

5. Mencegah Terkena Penyakit Alzheimers

Penyakit Alzheimers umumnya diderita oleh para orang lanjut usia. Teh hijau mengandung catechins yang dikenal dapat meningkatkan kesehatan mental dan mencegah penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson.

Kandungan yang ada dalam teh hijau memiliki efek positif pada sistem saraf dan menjaga pikiran mental tetap tajam.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Catechins yang terkandung pada teh hijau mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Satu di antaranya adalah mencegah tumbuhnya bakteri yang dapat membuat gigi berlubang dan mencegah bau mulut.

Mengonsumsi setidaknya dua cangkir teh hijau dalam sehari dapat membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

7. Mencegah Potensi Terkena Diabetes

Sekitar 300 juta orang di dunia terkena Diabetes dan peningkatan kadar gula darah. Teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah hingga 42%.

Jadi, ini mungkin manfaat terbesar dari teh hijau, mengingat banyaknya orang yang menderita diabetes di seluruh dunia.

4 dari 4 halaman

Bikin Panjang Umur

8. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Teh Hijau mengandung banyak antioksidan yang membatasi lipoprotein densitas rendah (LDL) dari teroksidasi, yang pada gilirannya menyebabkan jantung lebih sehat.

Banyak penelitian telah menunjukkan teh hijau dapat mengurangi risiko masalah jantung sekitar 31 persen.

9. Menurunkan Berat Badan

Teh Hijau sangat efektif dalam mengurangi lemak perut. Teh hijau meningkatkan metabolisme Anda sehingga sebagian besar lemak yang dikonsumsi akan dipecah dan dicerna oleh tubuh, alih-alih disimpan.

10. Memperpanjang Umur

Teh Hijau dapat dikaitkan dengan umur panjang. Studi yang meneliti negara-negara peminum teh seperti Jepang, telah menunjukkan harapan hidup mereka lebih tinggi daripada negara-negara di dunia barat.

Sumber: Daily Entertainment

Video Populer

Foto Populer