Sukses


11 Pebulutangkis Indonesia Penyumbang Medali Emas di Ajang Olimpiade

Bola.com, Jakarta - Saat ini sedang jadi pro kontra apakah Olimpiade Tokyo 2020 harus tetap berlangsung atau ditunda saat penyebaran virus Corona masih begitu masif di seluruh dunia.

Berbicara Olimpiade, Indonesia sendiri punya rejam jejak bagus di cabang olahraga (cabor) bulutangkis. Kini total atlet Tanah Air sudah menyumbangkan 7 emas, 13 perak, dan 12 perunggu dari cabor tersebut.

Menariknya total 32 medali yang didapat Indonesia di Olimpiade, 19 di antaranya datang dari bulutangkis dan semua emas juga dipersembahkan oleh cabor ini.

Sementara 12 medali lainnya hadir dari angkat besi. Cabor panahan sejauh ini baru menyumbangkan satu medali. Namun medali dari panahan sangat bersejarah.

Trio Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani menghadirkan medali pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Seoul 1988. Kala itu ketiganya mendapat perak.

Pada artikel ini, Bola.com membuat daftar 11 pebulutangkis yang berhasil mempersembahkan medali emas di Olimpiade. Tiga pebulutangkis tampil di nomor tunggal, sementara delapan lainnya turun di nomor ganda.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Pebulutangkis Indonesia Peraih Medali Emas di Olimpiade

1. Susi Susanti-Olimpiade Barcelona 1992 (tunggal putri)

2. Alan Budikusuma-Olimpiade Barcelona 1992 (tunggal putra)

3. Rexy Mainaky/Ricky Subagja-Olimpiade Atlanta 1996 (ganda putra)

4. Tony Gunawan/Candra Wijaya-Olimpiade Sydney 2000 (ganda putra)

5. Taufik Hidayat-Olimpiade Athena 2004 (tunggal putra)

6. Hendra Setiawan/Markis Kido-Olimpiade Beijing 2008 (ganda putra)

7. Liliyana Natsir/Tontowi Ahmad-Olimpiade Rio de Janeiro 2016 (ganda campuran)

Video Populer

Foto Populer