Sukses


5 Cara Merawat Kesehatan Jiwa saat Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menjadikan wabah virus Corona penyebab COVID-19 sebagai pandemi mengingat penyebarannya sudah global.

Data WHO per Senin (23/3/2020) menunjukkan lebih dari 330 ribu orang dari 189 negara terjangkit virus yang kali pertama diduga muncul di Wuhan, China, pada akhir tahun lalu ini.

Mengacu dari sumber sama, di Indonesia sudah ada 579 kasus positif dan 49 orang meninggal dunia akibat COVID-19.

Sesuai namanya, COVID-19 merupakan penyakit menular.

Kondisi semacam ini menimbulkan kecemasan tersendiri. Apalagi dibarengi dengan informasi masif perihal virus Corona dari berbagai saluran informasi, baik media konvensional, online, hingga media sosial.

Informasi-informasi itu terkadang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, memaksa publik harus bijak mengonsumsi informasi tersebut.

Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDKSJI) dalam keterangannya, menyampaikan bahwa merasakan cemas, sedih, stres, bingung, takut, dan marah adalah perasaan yang normal saat menghadapi situasi seperti sekarang.

PDSKJI juga menyampaikan, berbicara dengan orang lain yang dipercaya seperti keluarga dan teman akan meredakan perasaan tersebut.

Berikut tips merawat kesehatan jiwa di tengah pandemi virus Corona, seperti dianjurkan PDSKJI mengacu pada WHO, selengkapnya:

2 dari 6 halaman

1 #Dirumahaja

Pemerintah sedang mengkampanyekan gerakan #dirumahaja. Gerakan tersebut adalah satu di antara cara pencegahan penyebaran virus Corona di Indonesia.

Apabila harus tinggal di rumah, tetap jaga pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, tidur cukup, olahraga teratur, dan tetap melakukan kontak sosial dengan orang yang dikasihi di rumah dan keluarga, atau teman di luar, melalui telepon atau alat komunikasi lain.

3 dari 6 halaman

2. Alhokol dan Rokok

Jangan merokok, minum alkohol, atau narkoba untuk mengatasi perasaan tidak nyaman. Apabila merasakan stres atau perasaan tidak nyaman, segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa seperti psikiater atau lainnya untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat. 

4 dari 6 halaman

3. Memilah Informasi

Dapatkan sumber informasi yang akurat dari sumber tepercaya dan lakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan.

Membaca berita dari sumber yang keliru bisa menambah kecemasan.

5 dari 6 halaman

4. Batasi Informasi

Kurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca, atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan, juga baik.

6 dari 6 halaman

5. Atasi Emosi

Gunakan keterampilan kita dalam mengatasi emosi di waktu yang lampau untuk membantu mengatasi perasaan yang tidak nyaman saat ini. 

Serunya Mengoleksi Kartu Bola Manchester United, Edisi David Beckham Sulit Didapat

Video Populer

Foto Populer