Sukses


Tips Membuat Empon-empon yang Nikmat dan Segar

Bola.com, Jakarta - Empon-empon diyakini mampu membantu menjaga daya tahan tubuh untuk menangkal virus Corona. Bahan-bahan untuk membuat minuman herbal ini laris manis di pasaran. 

Pada umumnya, empon-empon terdiri dari jahe, temulawak, kunyit, kencur, lengkuas, daun serai, dan sebagainya dibuat menjadi ramuan jamu.

Guru besar Biologi Molekular Unair, Prof. Chaerul Anwar Nidom yang melakukan penelitian pada tahun 2007-2008. Menurut penelitiannya, bahan-bahan herbal itu menangkal efek dari infeksi flu burung kala itu. Namun, untuk menangkal virus Corona, minuman herbal ini perlu diteliti lebih lanjut. 

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif menegaskan, temulawak dan herbal tersebut tidak tepat jika disebut sebagai penangkal virus Corona.

"Obat herbal banyak manfaatnya bagi tubuh, tapi sampai sekarang tidak ada uji klinis. Kalau sudah uji klinis namanya fitofarmaka. Belum terbukti menangkal COVID-19," kata Syahrizal dikutip dari Liputan6.com.

Syarizal melanjutkan, temulawak, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi rempah tersebut, imunitas akan meningkat dan tubuh menjadi bugar.

"Manfaatnya meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh. Sekali lagi, hal itu bukan mencegah virus Corona secara langsung lho," tegasnya.

"Untuk kekebalan sih oke, tapi jangan punya pandangan bahwa rempah-rempah bisa mencegah masuknya virus, khususnya Virus Corona. Enggak ada bukti."

Agar menjaga tubuh tetap fit, istirahat yang cukup diperlukan. Hindari istilah kurang tidur.

"Untuk mencegah virus Corona, kita bisa cuci tangan. Kalaupun kita batuk pilek, biasa ya obatnya yang biasa diminum enggak masalah. Yang penting jaga kebersihan dan kesehatan tubuh," saran Syahrizal.

Video

2 dari 2 halaman

Cara Membuat

Potong bahan empon-empon, yakni jahe, kunyit, temulawak, serai, dan kencur menjadi pipih dan kecil. Anda juga bisa menggeprek bahan tersebut agar kandungan di dalamnya cepat keluar.

Kemudian seduh bahan-bahan itu di air dengan suhu 60-70 derajat celcius agar senyawa yang terkandung di dalamnya tidak rusak. Suhu air 60-70 ini sesuai dengan suhu air di dispenser. 

Diamkan beberapa menit lalu tambahkan madu secukupnya dan jeruk nipis atau lemon. Sajikan selagi hangat.

Meski belum teruji secara klinis untuk menangkal virus Corona, minuman herbal ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Disclaimer:

Bersama lebih dari 50 media nasional dan lokal, Bola.com ikut serta melakukan kampanye edukasi #amandirumah secara serentak di stasiun televisi, radio, koran, majalah, media siber, dan media sosial.

Bola.com secara intens akan memproduksi konten-konten edukasi informatif yang positif berkaitan dengan wabah virus Corona COVID-19 sebagai bagian gerakan moral bersama #medialawancovid19. Tolong bantu sebar seluas mungkin info positif ini ke seluruh lapisan masyarakat agar mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dapat diputus.

Video Populer

Foto Populer